Sukses

8 Manfaat Sehat Selai Kacang

Selai kacang bukan sekadar sahabat roti tawar. Meski kadang dianggap tak sehat, tapi selai kacang faktanya punya manfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu jenis selai favorit di berbagai belahan dunia adalah selai kacang. Selai ini sering dioleskan di setangkup roti, dicampurkan ke dalam smoothie, atau disendok langsung dari stoplesnya. Selain enak dan bisa menjadi comfort food, selai kacang juga bermanfaat sehat bagi tubuh lewat nutrisi yang ditawarkannya.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter, selai kacang kaya akan lemak sehat dan merupakan sumber protein yang baik. Karena itu, selai kacang juga baik untuk mereka yang tidak mengonsumsi daging.

"Selai kacang sejumlah 2 sendok makan dapat mengandung hingga 8 gram protein dan 2 sampai 3 gram serat. Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin B jenis niasin, zat besi, kalium, dan vitamin E," ujar dr. Nitish.

Berbagai manfaat selai kacang

Berikut ini adalah berbagai alasan lain untuk Anda selalu menyiapkan selai kacang di meja makan.

1. Mengendalikan berat badan

Memang benar kacang mengandung banyak lemak, tetapi bukan berarti Anda harus menghindarinya (kecuali memang Anda alergi kacang). Protein dan serat selain kacang yang tergolong tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang dan berenergi. Ini bisa membantu Anda makan lebih sedikit kalori sehingga bisa mendukung usaha penurunan berat badan. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan bisa membantu tubuh membakar lebih banyak energi, bahkan ketika Anda sedang beristirahat.

2. Lemak baik

Sebagian besar lemak dalam kacang adalah jenis lemak tidak jenuh. Dibanding lemak jenuh dalam daging atau lemak trans dalam panganan olahan, selai kacang tentu lebih baik. Ini dapat membantu menstabilkan gula darah dan insulin Anda.

3. Nutrisi yang melimpah

Bukan hanya protein tinggi, serat, dan lemak sehat yang baik untuk Anda, kacang juga memiliki banyak nutrisi lain seperti vitamin E, B6, asam folat, niasin, magnesium, seng, tembaga, dan kalium. Akan tetapi, hati-hati dengan dengan selai kacang yang sudah diolah dengan garam, gula, pengawet, dan lemak tidak sehat yang justru bisa lebih membahayakan tubuh Anda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Mengandung banyak antioksidan

Ini termasuk mineral seperti selenium dan mangan, vitamin C dan E, serta flavonoid, fenol, polifenol, dan zat lainnya. Deretan antioksidan itu bekerja sebagai tim untuk membantu melindungi sel-sel di tubuh Anda. Selai kacang bahkan dapat membantu melindungi Anda dari ancaman kanker usus besar.

5. Menjaga kadar kolesterol

Terlalu banyak kolesterol dapat mengeraskan pembuluh darah dan menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Namun, kacang almon, kenari, dan kacang-kacangan pohon lainnya bisa menurunkan kadar kolesterol.

6. Cegah dan kontrol diabetes tipe 2

Ini karena selai kacang membantu mengendalikan kenaikan berat badan, kadar gula (glukosa) yang tinggi, dan lemak dalam darah. Selai itu, kacang juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah (endotelium) melar dan sehat, yang mencegah masalah jantung terkait dengan diabetes.

7. Penyakit jantung

Orang yang makan lebih banyak kacang-kacangan atau selai kacang kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit jantung. Sekitar 28 gram atau 2 sendok makan selai kacang dalam seminggu dirasa cukup untuk membantu Anda terhindar dari penyakit jantung.

8. Magnesium

Mineral ini baik untuk saraf, otot, tulang, gula darah, dan tekanan darah Anda. Mengonsumsi selai kacang yang terbuat dari kacang mete, kacang almon, dan kacang tanah terbukti memiliki banyak kandungan magnesium yang berguna untuk masalah kesehatan yang disebutkan sebelumnya.

Meski manfaatnya banyak tapi dr. Nitish mengingatkan bahwa selai kacang tetap mengandung kalori yang tinggi.

“Dua sendok makan selai kacang mengandung sekitar 200 kalori. Bagi yang sedang diet, kurangilah jumlah porsi ini setengahnya,” sarannya.

Jadi ingin makan selai kacang, ya? Sebelum membeli atau menyetok ulang selai kacang di rumah, pastikan produk yang Anda beli rendah lemak trans dan rendah gula, sehingga manfaat sehat yang Anda dapatkan bisa optimal.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar