Sukses

Ini Alasan Wanita Sering Ngemil Saat Haid

Tak hanya menjadi lebih sensitif, saat masa PMS dan haid tiba sebagian wanita juga merasa hasratnya untuk makan dan ngemil meningkat.

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang waktu menstruasi, tak jarang wanita mulai merasa moody, mudah marah, dan sensitif. Kondisi ini dikenal dengan istilah premenstrual syndrome (PMS). Tak hanya lebih sensitif, sebagian wanita juga merasa hasratnya untuk makan meningkat saat masa PMS tiba. Karena itu, tak jarang para wanita curi-curi waktu untuk ngemil di antara waktu makan. Apa penyebab wanita sering ngemil saat haid dan bagaimana cara menyikapinya?

Sadar atau tidak, saat menjelang dan selama menstruasi, nafsu makan wanita biasanya bertambah. Wanita sering merasa cepat lapar sehingga sering mencari camilan di luar jam makan. Itulah alasannya, sebagian besar wanita mengaku sulit melakukan diet saat sedang menstruasi.

Banyak orang berpikir bahwa penyebabnya adalah perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi. Namun, sebenarnya tidak hanya itu, beberapa faktor lain juga menyebabkan wanita cepat lapar selama menstruasi.

Cenderung lapar saat menstruasi?

Ada fakta yang menyatakan bahwa saat menstruasi, wanita akan merasa lebih lapar dan ingin makan camilan terutama camilan manis. Menurut peneliti, ada beberapa teori yang menjelaskan fenomena ini. Teori pertama mengatakan hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat premenstruasi dan menstruasi (penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron).

Teori lain menyatakan bahwa fenomena ini terjadi berkaitan dengan hormon insulin. Pada masa premenstruasi, tubuh wanita menjadi lebih responsif terhadap insulin sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah turun. Inilah yang merangsang wanita untuk makan makanan manis untuk mengembalikan kadar gula dalam darah.

Teori lain menyebutkan, makan makanan manis terutama cokelat dapat meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin dan dopamine. Dalam otak, keduanya berfungsi sebagai penetral kecenderungan wanita untuk cepat marah dan sensitif selama masa menstruasi tersebut.

Teori lain menyatakan, perubahan sifat seperti cepat marah dan sensitif saat menstruasi membutuhkan banyak energi. Akibatnya, tubuh berusaha mengompensasi kebutuhan energi itu dalam waktu yang cepat. Dan, makan makanan manis atau cokelat yang dapat memberikan energi tersebut dalam waktu cepat. Namun demikian, teori-teori itu masih merupakan hipotesis yang membutuhkan berbagai penelitian lanjutan.

1 dari 2 halaman

Tips atasi rasa lapar saat haid

Lantas, jika Anda mengalami kelaparan selama menstruasi, apa yang harus Anda lakukan? Beberapa tips ini dapat membantu Anda menghadapi rasa lapar selama menstruasi:

  1. Boleh makan, tapi tetap terkontrol

Jika merasa makan cokelat atau makanan manis dapat memperbaiki mood selama menstruasi, Anda tentu boleh memakannya. Asalkan, makanlah secukupnya dan tidak berlebihan. Ini akan lebih baik ketimbang Anda terlalu menyiksa diri dan berakhir dengan kekacauan mood yang lebih parah.

  1. Berolahraga dan makan sehat

Anda dapat lakukan olahraga ringan (berjalan atau yoga) serta konsumsi makanan sehat (buah dan sayur) agar Anda merasa lebih nyaman. Olahraga dapat menyebabkan tubuh terasa lebih segar dan meningkatkan kadar endorphin sehingga dapat memperbaiki mood Anda. Buah dan sayur mengandung antioksidan yang baik dikonsumsi selama haid sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain

Tidak semua wanita mengalami gejala PMS. Kalaupun ada, gejala PMS yang muncul dapat berbeda-beda. Misalnya, Anda mengalami kelaparan selama menstruasi, sementara teman-teman wanita Anda tidak mengalaminya. Kalau ini terjadi, Anda tidak perlu membandingkan diri dengan teman Anda karena gejala yang dialami masing-masing wanita saat dapat PMS berbeda-beda.

Jika Anda mengalami peningkatan nafsu makan keinginan ngemil selama PMS dan haid tidak perlu khawatir. Selama Anda tetap mengontrol dan batasi jumlahnya, makan cokelat atau makanan manis adalah aman. Namun, imbangi juga dengan makan buah dan sayur serta olahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar