Sukses

6 Hal yang Perlu Anda Lakukan Usai Jalani Prosedur Tarik Benang

Prosedur tarik benang juga bisa memiliki risiko sendiri. Simak rambu-rambunya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Klikdokter.com, Jakarta Tarik benang belakangan menjadi salah satu metode kecantikan yang cukup banyak diminati. Prosedur ini menggunakan benang yang dimasukkan di bawah kulit wajah dan kemudian ditarik. Cara instan untuk membuat wajah tirus ini mampu menjanjikan hasil yang cukup signifikan.

Walau demikian, perlu diperhatikan bahwa setiap tindakan medis tidak lepas dari efek negatif yang mungkin terjadi setelahnya. Pada tarik benang sendiri bisa terjadi bengkak, kebiruan, benang yang bergeser dari kedudukannya, hingga potensi infeksi.

Agar seluruh efek samping tarik benang tersebut tidak terjadi dan hasil yang Anda dapatkan optimal, berikut ini adalah hal-hal yang wajib dilakukan setelah prosedur tarik benang dilakukan:

  1. Menjaga kebersihan wajah

Prosedur tarik benang dilakukan dengan membuat sayatan kecil sebagai tempat masuknya benang. Walaupun ukurannya kecil, sayatan ini tetap harus mendapat perhatian khusus dalam hal kebersihan.

Jadi, pastikan wajah tetap terjaga bersih, dan bila perlu gunakan masker ketika harus beraktivitas di luar ruangan. Luka sayatan yang tidak terjaga bersih berpotensi terkontaminasi kuman, sehingga mengalami infeksi dan pada akhirnya memperlambat proses pemulihan.

  1. Membatasi pergerakan dan ekspresi wajah

Ada beberapa hal yang harus dibatasi setelah melakukan tarik benang. Salah satunya adalah gerakan wajah yang berlebihan, baik dari mengunyah, tertawa maupun tersenyum lebar. Gerakan wajah berlebihan ini dikhawatirkan dapat menggeser benang yang ditanam dari kedudukan awalnya.

Bila kedudukan benang bergeser, satu hal yang dapat terjadi adalah wajah menjadi tidak simetris. Oleh karena itu, tertawa, seyuman dan mengunyah makanan yang keras sebaiknya dihindari setidaknya 2 minggu setelah prosedur dilakukan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Hindari memijat dan mencuci muka secara berlebihan

Serupa dengan ekspresi wajah yang berlebihan, pijatan atau usapan pada wajah juga dapat menggeser benang dari kedudukan awalnya. Hindari aktivitas pijat pada area yang dilakukan tarik benang dan jangan mencuci wajah dengan berlebihan minimal 2 minggu setelah tarik benang.

Bila ingin mencuci wajah, lakukan dengan lembut dan gunakanan air mengalir bersuhu netral agar proses pemulihan usai prosedur tarik benang berlangsung cepat dan optimal.

  1. Tidak mandi air hangat

Setelah tarik benang dilakukan umumnya daerah pipi akan sedikit bengkak, merah hingga kebiruan, dan terasa nyeri. Hal ini adalah respon peradangan yang umum terjadi.

Namun demikian ada beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan dapat menyebabkan respon radang ini memberat dan berlangsung lebih lama, salah satunya mandi air hangat.

Uap hangat dari air yang digunakan mampu membuat pembuluh darah melebar, sehingga mengakibatkan pipi semakin bengkak dan merah. Oleh sebab itu, mandi air hangat dan aktivitas sejenis seperti sauna sebaiknya dihindari dalam minggu- minggu pertama setelah tarik benang dilakukan.

  1. Tidur dengan posisi setelah duduk

Posisi tidur juga wajib jadi perhatian setelah prosedur tarik benang dilakukan. Setiap berbaring, usahakan posisi tubuh 45 derajat atau setengah duduk. Posisi ini juga ditujukan agar benang yang ditanam di bawah kulit tidak bergeser kedudukannya.

  1. Minum obat antinyeri sesuai dosis yang dianjurkan

Beberapa efek yang dapat dirasakan setelah tarik benang dilakukan adalah nyeri dan bengkak di sekitar area tempat benang ditanam. Bila nyeri ini dirasa sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol dan ibuprofen sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Obat-obat ini tidak hanya membantu mengurangi nyeri namun juga dapat menekan semakin parahnya proses peradangan.

Anda baru saja menjalani prosedur tarik benang? Jika ya, enam hal di atas wajib jadi perhatian Anda. Dengan demikian, efek samping dapat semaksimal mungkin dihindari, sehingga pemulihan usai prosedur dapat berlangsung lebih cepat dan optimal.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar