Sukses

Mengatasi Gusi Bengkak dengan 4 Bahan Alami dari Dapur

Gusi rasanya tak nyaman, eh, ternyata bengkak. Segera pergi dapur karena mengatasi gusi bengkak juga bisa dengan bahan alami.

Klikdokter.com, Jakarta Ada rasa tak nyaman di mulut, yang ternyata disebabkan oleh gusi bengkak. Jangan tunggu sampai parah! Kabar baiknya, Anda bisa langsung melangkah ke dapur. Ternyata, mengatasi gusi bengkak juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Gusi bengkak adalah hal umum yang sering terjadi. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti radang pada gusi atau gingivitis. Kondisi tersebut dapat terjadi ketika plak yang berasal dari bakteri menumpuk di permukaan gigi. Jika tidak segera dibersihkan, plak tersebut dapat mengeras menjadi karang gigi.

Tak hanya itu, gusi bengkak juga bisa disebabkan akibat gigi berlubang, infeksi virus atau jamur, gigi palsu atau alat gigi lainnya yang longgar, hormon kehamilan, rasa sensitif terhadap pasta gigi ataupun obat kumur, serta efek samping terhadap obat-obatan tertentu.

Kabar buruknya, bagi sebagian besar orang, pemeriksaan gigi ke dokter gigi bisa bikin dag-dig-dug. Namun, kabar baiknya, gusi bengkak tak harus selalu langsung membutuhkan obat-obatan atau kunjungan dokter. Perawatan secara alami bisa menjadi pilihan alternatif langkah awal. Berikut ini adalah bahan-bahan alami untuk meredakan gusi bengkak.

  1. Garam

Siapa yang tak sedia garam di dapur? Berkumur dengan air garam dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi yang bengkak. Garam adalah salah satu bumbu dapur yang punya kandungan antiseptik. Jadi, jika Anda mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi, garam bisa meredakan rasa sakit lebih cepat.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Kemudian, kumur dengan larutan ini selama 30 detik. Berkumurlah sebanyak 2-3 kali sehari sampai gigi tak lagi bengkak.

  1. Kunyit

Banyak masakan Indonesia yang menggunakan kunyit, sehingga kerap tersedia di kulkas atau lemari bumbu dapur, baik dalam bentuk segar maupun bubuk. Kunyit mengandung curcumin, memiliki sifat antiseptik, serta inflamasi. Sehingga, kunyit juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan radang yang disebabkan oleh abses gigi. Selain itu, kunyit juga sudah lama dipercaya baik untuk kesehatan mulut.

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Lalu, setelah menggosok gigi, oleskan campuran tersebut di gusi yang bengkak, diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu, bersihkan dengan berkumur dengan air hangat hingga bersih. Lakukan dua kali sehari sampai gusi bengkak mereda.

  1. Bawang

Baik bawang putih maupun bawang merah bisa menjadi obat alami untuk gusi bengkak. Keduanya memiliki sifat antimikroba dan antiseptik, sehingga dapat menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit. Bawang mengandung agen antioksidan kuat yang disebut flavonoid quercetin yang mampu meredakan sakit gigi.

Cara penggunaannya sesederhana mengunyahnya. Namun, jika tak mau atau tak bisa mengunyahnya langsung, Anda bisa menempelkan irisan bawang di gigi atau gusi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan menumbuk satu siung bawang ditambah dengan satu sendok teh garam, lalu oleskan di area yang sakit.

  1. Es batu

Es batu juga bisa berperan sebagai pereda nyeri sementara yang baik. Anda bisa memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Selanjutnya, tempelkan es batu ke daerah yang sakit selama kurang lebih 15 menit.

Catat dan ingat baik-baik bahan-bahan alami yang umumnya banyak tersedia di dapur beserta cara penggunaannya di atas untuk mengatasi gusi bengkak. Namun, jika sudah melakukan cara-cara di atas tapi gusi yang bengkak dan rasa sakitnya tak kunjung hilang, atau justru lebih parah, sebaiknya singkirkan rasa takut dan periksakan kondisi tersebut ke dokter gigi agar bisa ditangani dengan baik.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar