Sukses

Pilih Baby Sitter atau Day Care untuk Menjaga si Kecil?

Ibu yang bekerja tentu membutuhkan bantuan untuk menjaga anaknya sehari-hari. Pilihannya, baby sitter atau day care. Mana yang terbaik?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai ibu yang bekerja kantoran, Anda tentu membutuhkan bantuan pihak lain untuk menjaga dan merawat anak, terutama di hari kerja. Anda terhitung beruntung kalau masih punya mertua atau orang tua yang dapat membantu menjaga anak. Namun, bagaimana dengan ibu bekerja yang tidak punya? Mau tak mau, pilihannya adalah menyewa jasa baby sitter atau menitipkan anak di day care. Di antara dua pilihan ini, mana yang paling baik?

Bergantung pada kebutuhan dan anggaran keluarga

Setiap pilihan, baby sitter atau day care, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, dalam memilih, Anda dapat mempertimbangkan kebutuhan, kondisi, dan dana yang Anda miliki. Tentu hal ini berbeda antara satu keluarga dengan lainnya.

  • Kelebihan dan kekurangan baby sitter 

Menurut dr. Reza Fahlevi, mencari pengasuh anak (babysitter) bukanlah hal mudah. “Pengasuh anak harus benar-benar orang yang dapat dipercaya untuk menjaga dan mendidik anak selama orang tua bekerja,” kata dia. 

Dilansir dari Very Well Family, bila sudah cocok, kelebihan menggunakan jasa baby sitter juga cukup banyak:

  1. Orang tua memiliki kontrol yang lebih besar atas apa yang anak mereka alami. Misalnya, ke mana anak pergi, apa yang dimakan, dan apa saja yang sudah dilakukannya setiap hari. Baby sitter biasanya akan memberikan laporan verbal yang lebih terperinci dan bahkan mengirim foto kepada orang tua si Kecil.
  2. Baby sitter hanya fokus pada kebutuhan satu anak sehingga Anda tak perlu khawatir kalau si Kecil tidak akan diperhatikan. Bahkan, tak jarang, hubungan antara baby sitter dan anak Anda akan sangat dekat sehingga anak mengembangkan hubungan khusus dengan orang yang bisa dipercaya/diandalkan.
  3. Waktu dan pekerjaannya sangat fleksibel. Tak jarang seorang baby sitter mau membantu pekerjaan rumah tangga lainnya, saat pekerjaan mengurus anak sudah selesai.
  4. Saat hendak bepergian, Anda tak perlu khawatir ketinggalan kebutuhan si Kecil, karena baby sitter sudah menyiapkan semua.

Dari kelebihan yang ditawarkan itu, tampak bahwa menyewa jasa seorang baby sitter tidaklah murah. Jadi, bagi Anda yang memiliki dana pas-pasan, menyewa jasa baby sitter pasti akan terasa berat. Selain masalah biaya, kekurangan lainnya adalah konflik pola asuh antara baby sitter dengan Anda.

Terkadang, baby sitter sudah memiliki pola asuh tersendiri dan itulah yang diterapkan saat menjaga si Kecil. Saat ada yang tak sesuai dengan “selera” Anda, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh pola asuh si baby sitter. Pasalnya, saat hari kerja, sebagian besar waktu si Kecil dihabiskan bersama baby sitter, bukan? Satu lagi kekurangan menggunakan baby sitter, saat mereka izin cuti atau sakit, Anda pun akan kelabakan!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Kelebihan dan kekurangan day care 

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, day care pada umumnya memiliki program pendidikan dan pengasuhan anak. “Lagi pula, karena berbentuk badan usaha yang resmi, day care juga lebih aman,” kata dr. Resthie.

Selain dua hal tersebut, kelebihan lain dari day care, yakni:

  1. Membantu membangun keterampilan sosial pada anak. Di day care, anak-anak dapat belajar dan tubuh bersama anak-anak lain.
  2. Day care juga punya fasilitas, buku, dan mainan edukatif yang lengkap sehingga Anda tak perlu khawatir bahwa si Kecil akan berdiam diri saja di sana. Bahkan, tak sedikit day care yang sudah memasukkan jadwal bermusik dan berolahraga bersama untuk menghabiskan waktu.
  3. Memiliki pengasuh atau guru yang banyak dan berpengalaman sehingga bisa membantu perkembangan anak dengan baik.
  4. Biaya day care juga lebih terjangkau daripada menyewa jasa baby sitter karena Anda berbagi biaya dengan keluarga lain.

Namun di sisi lain, anak yang dititipkan di day care justru lebih rentan tertular penyakit atau terpengaruh kebiasaan buruk dari anak-anak lain. Selain itu, waktunya pun tidak fleksibel sehingga Anda mesti menjemputnya tepat waktu sebelum day care tersebut tutup.

Sebelum mantap memilih, diskusikanlah hal ini bersama pasangan. Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan, terutama soal biaya dan pola asuh. Jika anak Anda cenderung mudah ditangani dan supel, tetapi anggaran keluarga terbatas, Anda bisa memilih day care.

Namun, bila Anda adalah ibu bekerja yang dinamis, atau punya anak berkebutuhan khusus, dan biaya bukan menjadi persoalan utama, Anda bisa memilih baby sitter. Akan tetapi, ingat ya untuk selalu memilih day care dan agen penyalur baby sitter yang berizin resmi dan tepercaya. Ini agar Anda senantiasa tenang dan aman saat menitipkan anak pada mereka.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar