Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kenali Psoriasis, Penyakit Kulit yang Dialami Kim Kardashian

Kenali Psoriasis, Penyakit Kulit yang Dialami Kim Kardashian

Kim Kardashian secara terbuka mengungkapkan bahwa dirinya punya penyakit kulit psoriasis. Gangguan kulit seperti apa ini?

Klikdokter.com, Jakarta Dalam sebuah episode “Keeping Up with The Kardashians”, Kim Kardashian pernah mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit kulit psoriasis. Sejak saat itu, ia blak-blakan dengan kondisi kulit tersebut. Beberapa waktu yang lalu, ia pun mengunggah foto menampakkan olesan salep herbal untuk psoriasis yang dialaminya di wajah.

Untuk Anda yang masih asing dengan psoriasis, kondisi tersebut merupakan penyakit peradangan kulit yang bersifat jangka panjang atau kronis. Kondisi ini membuat penderita mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat, sehingga menimbulkan tanda seperti bercak merah bersisik, bintik-bintik, kulit kering, kulit pecah-pecah yang mudah berdarah, hingga sensasi gatal dan nyeri.

Terbukanya istri Kanye West ini terhadap psoriasis memang sudah diketahui secara luas, paling tidak bagi para penggemarnya. Ia kerap mengunggah foto “perjuangannya” tersebut lewat media sosial. Para pengikutnya pun mengirimkan pujian atas keberaniannya dalam menunjukkan apa yang mereka anggap sebagai kekurangan. Lantas, apa penyebab psoriasis yang dialami wanita berusia 38 tahun ini?

Kenali penyebab psoriasis

Sayangnya, Kim Kardashian tidak mengungkapkan penyebab psoriasis yang dideritanya. Meski begitu, penyakit kulit tersebut memang dialami banyak orang. Menurut data dari National Psoriasis Foundation yang dikutip dari Allure, 8 juta orang Amerika Serikat diketahui mengidap penyakit ini.

Faktanya, penyebab psoriasis belum sepenuhnya diketahui. Namun, diduga kuat penyakit tersebut muncul akibat adanya masalah pada imunitas tubuh.

Sel yang berperan dalam kondisi ini adalah jenis sel darah putih yang disebut limfosit T atau sel T. Biasanya, sel T ini bertugas untuk mendeteksi dan melawan zat asing seperti virus dan bakteri.

Nah, yang terjadi adalah sel T justru menyerang sel-sel kulit yang sehat karena adanya kelainan fungsi. Maka, muncullah psoriasis.

Memburuk saat hamil

Menurut penjelasan dari dr. Melyarna Putri, MPH, M.Gizi, dari KlikDokter, risiko psoriasis akan meningkat hingga 28 persen apabila ada riwayat keluarga, misalnya salah satu dari orang tuanya, lalu akan meningkat menjadi 65 persen bila kedua orang tuanya memiliki psoriasis.

Selain itu, dr. Melyarna juga mengatakan bahwa gejala psoriasis biasanya akan memburuk ketika penderitanya hamil. Sekitar 40-60 persen wanita menunjukkan gejala psoriasis yang memburuk ketika hamil, terutama pada trimester pertama dan kedua.

“Memburuknya gejala psoriasis saat hamil disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. Saat hormon tersebut meningkat, hal itu akan mengganggu sistem imunitas yang memperparah gejala psoriasis,” dr. Melyarna menjelaskan. Namun, meski timbulnya gejala psoriasis ini bisa bikin ibu hamil stres, tapi janin tak akan terdampak langsung.

Mengatasi psoriasis

Psoriasis bisa diatasi dengan dua cara, yakni perawatan topikal dan perawatan berupa foto terapi. Dalam perawatan topikal yang dilakukan oleh dokter, pasien diberikan kortikosteroid (obat anti infeksi), vitamin D, dan retinoid topikal. Sedangkan pada perawatan foto terapi, pasien akan diberikan paparan sinar UVB dengan dosis terkontrol untuk memperlambat pergantian kulit sekaligus menurunkan gejala psoriasis lainnya.

Ikut menambahkan, dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter menganjurkan para penderita psoriasis harus selalu menjaga kelembapan kulitnya. Caranya adalah dengan rutin mengoleskan losion, banyak minum air putih, banyak makan buah dan sayur, tidak mandi dengan air panas, serta memperhatikan pemilihan sabun mandi.

“Iya, sebaiknya penderita psoriasis menggunakan sabun bayi saat mandi dan tak perlu menggunakan sabun antiseptik atau sabun berbahan keras lainnya, karena hanya akan memperparah kekeringan kulit,” kata dr. Devia.

Memiliki penyakit kulit seperti psoriasis memang bukanlah hal yang mudah. Anda yang juga mengalami penyakit ini tak perlu langsung minder. Coba tiru semangat Kim Kardashian dalam menangani penyakit tersebut. Hindari hal-hal yang bisa memicu psoriasis untuk mengendalikan dan menurunkan risiko kekambuhan.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar