Sukses

Bohn Nodules pada Gusi Bayi, Berbahayakah?

Anda mendapati bintil putih yang menyerupai gigi tumbuh pada gusi bayi Anda? Bisa jadi bintil tersebut adalah bohn nodules. Berbahayakah?

Klikdokter.com, Jakarta Pada umumnya, bayi tumbuh gigi di usia sekitar 6 bulan, walaupun sebenarnya kondisi tersebut bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat. Namun, pada usia kurang dari 6 bulan, pada beberapa bayi bisa muncul bintil putih pada gusinya, yang menyerupai gigi tumbuh. Bisa jadi bintil pada gusi bayi tersebut adalah bohn nodules. Apakah bintil putih ini berbahaya?

Apa itu bohn nodules?

Menurut drg. Wiena Manggala dari KlikDokter bohn nodules merupakan kista kelenjar mukosa yang berisi keratin dan berasal dari sisa-sisa epitel odontogenik di atas lamina gigi. Pada umumnya, kista ini ditemukan pada bagian persimpangan langit-langit keras dan langit-langit lunak atau alveolar ridge rahang atas daripada rahang bawah.

Bohn nodules biasanya berbentuk bintil putih seperti mutiara yang bentuknya menyerupai gigi. Nodul ini dapat tumbuh hingga ukuran sekitar 2-3 mm.

Terkait penyebab, munculnya bohn nodules pada gusi bayi belumlah diketahui. “Tapi menurut beberapa sumber bohn nodules dapat disebabkan oleh gen (keturunan),” kata drg. Wiena.

Pada umumnya, bohnnodules berbentuk sedikit aneh dan tidak biasa. Jika demikian,  apakah orang tua perlu khawatir dengan adanya nodul tersebut?

Mengutip keterangan yang diberikan oleh drg. Wiena, orang tua tidak perlu khawatir dengan bayi mereka yang memiliki bohn nodules. Menurutnya, hal ini dikarenakan lesi ini bersifat sementara dan tidak diperlukan pengobatan khusus untuk menanganinya.

“Kista ini dapat pecah dengan sendirinya dan hilang dalam 2 minggu hingga 5 bulan tanpa pengobatan jadi orang tua tidak perlu khawatir,” drg. Wiena menambahkan.

1 dari 2 halaman

Gigi bayi juga perlu perawatan

Agar gigi dan mulut bayi Anda selalu sehat dan baik pertumbuhannya, selain pemenuhan gizi yang baik, tentu Anda perlu memperhatikan kebersihannya. Kepada KlikDokter, drg. Agni Maharani mengatakan bahwa menjaga kesehatan gigi bayi harus dilakukan dengan benar dan dimulai sedini mungkin.

“Bila gigi anak sudah bermasalah, selain diperlukan biaya yang tidak murah, biasanya orang tua akan menjadi stres karena anak menjadi rewel dan cenderung susah makan,” kata dia.

Oleh karena itu, sebelum gigi anak berlubang atau bermasalah, ada baiknya Anda para orang tua menyimak beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi bayi.

  • Biasakan untuk membersihkan mulut bayi, meski giginya belum tumbuh. Anda dapat menggunakan kain yang bersih atau sikat gigi khusus bayi ketika mandi.
  • Ketika gigi bayi telah tumbuh, bersihkanlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari.
  • Jangan biasakan anak tertidur dengan kondisi masih minum dengan botol dot berisi cairan yang mengandung gula, karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau karies pada bayi yang disebut early childhood caries, dan hal ini cukup membahayakan bagi kesehatan gigi bayi.
  • Hindari pemberian empeng atau benda lain sejenis yang dibaluri/dicelupi gula atau sesuatu yang bersifat manis.
  • Bawalah anak ke dokter gigi untuk mengontrol giginya sedini mungkin, yaitu mulai usia 1 tahun. Kebiasaan kontrol ke dokter gigi sejak dini akan membuat anak terbiasa ke dokter gigi dan tidak takut lagi jika memang harus melakukan perawatan gigi.

Dengan demikian, bila Anda mendapati bohn nodules pada gusi bayi, jangan panik dulu. Seperti yang diuraikan di atas, bohn nodules tidaklah berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan gigi bayi Anda sedini mungkin dan lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Baca juga artikel bertema sama di sini untuk mengetahui tentang bohn nodules pada gusi bayi.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar