Kesehatan Anak

Tips Praktis Agar Rambut Anak Lebat dan Sehat

dr. Atika, 18 Feb 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rambut yang lebat dan sehat tentu akan melengkapi penampilan anak yang menggemaskan. Bagaimana tips memerolehnya?

Tips Praktis Agar Rambut Anak Lebat dan Sehat

Bayi yang lahir memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan rambut lebat, ada pula bayi yang lahir tanpa rambut. Bagaimana dengan bayi Anda? Apakah ia memiliki rambut yang lebat atau relatif tipis?

Jika terlahir dengan rambut yang tipis, orangtua mungkin akan berupaya sekuat tenaga agar rambut si Kecil bisa tumbuh lebat. Namun, orangtua perlu tahu bahwa genetik memegang peranan besar dalam Bila kedua orangtuanya memiliki rambut yang tipis, kemungkinan anak untuk mendapatkan tampilan rambut yang demikian menjadi lebih tinggi. Hal tersebut juga berlaku dalam hal kecepatan pertumbuhan rambut.

Kendati demikian, orangtua tak perlu khawatir berlebihan. Anda tetap bisa melakukan upaya agar rambut anak tumbuh lebat dan sehat. Berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat Anda lakukan untuk itu:

Rawat Kulit Kepala Anak Dengan Baik

Rambut yang sehat tumbuh dari lingkungan yang baik, yaitu kulit kepala yang terawat. Bersihkan kulit kepala anak dengan sampo yang lembut secara rutin dan teratur. Dengan demikian, debu, minyak berlebih, serta kuman yang menempel akan menghilang sehingga kondisi kulit kepala benar-benar menunjang untuk proses pertumbuhan rambut yang sehat.

Konsumsi Makanan Bergizi

  1. Ketahuilah, kekurangan gizi tertentu dapat membuat anak mengalami pertumbuhan rambut yang tipis bahkan kerontokan. Keadaan ini khususnya terjadi ketika si Kecil kekurangan mikronutrien (vitamin dan mineral) serta protein.
  2. Studi telah melaporkan sejumlah kaitan antara kekurangan gizi dengan gangguan pertumbuhan rambut, misalnya alopeciaareata (kebotakan) dan alopesia androgenetik (kebotakan terkait hormon pria). Sebaliknya, konsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat menunjang pertumbuhan rambut.
  3. Berikut adalah beberapa jenis zat gizi yang sangat berkaitan dengan pertumbuhan rambut yang sehat:

1. Zat Besi

Cegah Anemia pada Anak? Zat Besi Saja Tidak Cukup!
Kekurangan zat besi yang terjadi pada anak memiliki berbagai dampak. Selain gangguan tumbuh kembang dan kesulitan belajar, kekurangan zat besi pada anak juga menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, bila Anda ingin rambut si Kecil tumbuh sehat dan lebat, berikanlah pasokan zat besi yang memadai. Sumber zat besi, misalnya daging merah, hati, bayam, dan kacang kedelai.

2. Zink

Zink diketahui berperan dalam pembentukan (morfogenesis) folikel rambut. Kekurangan zink bisa menyebabkan timbulnya rambut yang rapuh. Contoh makanan yang kaya akan zink, misalnya daging merah, seafood, susu dan turunannya, serta gandum utuh.

3. Niasin

Niasin adalah vitamin B3. Sumber makanan yang mengandung niasin, contohnya daging sapi, daging ayam, ikan tuna, kacang, dan salmon.

Artikel lainnya: Lidah Buaya Dapat Melebatkan Rambut, Mitos atau Fakta?

4. Asam Lemak Esensial

Selain bermanfaat untuk perkembangan otak anak, pemberian omega-3 dan omega-6 juga penting untuk memastikan pertumbuhan rambut anak yang sehat. Kekurangan keduanya dapat menyebabkan kerontokan dan rambut yang berwarna terang.

5. Antioksidan

Vitamin A, C, E, dan selenium berperan dalam perlindungan terhadap kerusakan oksidatif. Dalam sebuah penelitian yang menggunakan hewan, kekurangan selenium selama kehamilan menyebabkan kerontokan rambut bayi setelah dilahirkan.

6. Protein dan Asam Amino

Kekurangan protein dapat menyebabkan perubahan rambut, seperti penipisan dan kerontokan. Untuk itu, mencukupi kebutuhan protein setiap hari berkaitan dengan pertumbuhan rambut yang sehat.

Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Cara Efektif Bikin Rambut Bayi Tumbuh Lebat

Pijatan lembut dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan hal ini dipercaya dapat menunjang pertumbuhan rambut yang sehat pada anak. Selain itu, tidak ada salahnya bila Anda ingin menggunakan produk pemeliharaan rambut pada anak. Hanya saja, pastikan produk tersebut memiliki izin edar dari BPOM, sesuai usia, dan tidak menyebabkan alergi pada anak. Produk pemeliharaan rambut yang banyak digunakan untuk menunjang pertumbuhan rambut anak adalah losion atau minyak rambut yang mengandung kemiri.

Faktanya, kemiri sudah sangat melegenda dalam urusan perawatan rambut di Indonesia. Meski masih kontroversi, beberapa penelitian yang dilakukan di Indonesia mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berdasarkan penelitian Said tahun 2009, minyak kemiri dapat menjadikan rambut berwarna hitam dan mengilap. Sedangkan penelitian Ulfah (2013) melaporkan bahwa ekstrak kemiri memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada kelinci jantan yang menjadi subjek penelitian.

Kendati demikian, kemiri memiliki sifat alergenik. Oleh sebab itu, penggunaannya tetap harus disesuaikan dan tidak boleh sembarangan.

Artikel lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Umum

Apabila kesehatan tubuh anak baik, maka rambut yang tumbuh juga akan lebih sehat. Oleh sebab itu, daya tahan tubuh anak harus ditingkatkan agar tidak sering terkena penyakit. Cara yang bisa dilakukan untuk itu adalah mencukupi waktu istirahat setiap hari, konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan beraktivitas fisik secara teratur.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar rambut anak tumbuh lebat dan sehat. Supaya hasilnya benar-benar maksimal, pastikan Anda melakukan tips di atas secara konsisten dan berkelanjutan. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

Perawatan Rambutmakanan bergiziRambutBayiAnakRambut Anakkulit kepala anak

Konsultasi Dokter Terkait