Sukses

Cara Alami Redakan Flu Saat Hamil

Ibu hamil tidak bisa sembarang mengonsumsi obat saat flu. Berikut ini adalah cara yang alami dan aman untuk mengatas flu saat hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Cuaca yang tidak menentu belakangan ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga siapa saja mudah terserang flu. Belum lagi jika orang-orang di sekitar Anda mengalami flu. Masalahnya jika Anda sedang flu saat hamil, tidak semua obat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda disarankan untuk mengobatinya secara alami.

Meski demikian, kondisi flu yang dialami oleh ibu di masa kehamilan juga harus segera diatasi. Jika tidak, dikhawatirkan virus flu yang menyerang dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk meredakan flu saat hamil yang bisa Anda coba:

  1. Lakukan tindakan pencegahan

Mungkin Anda sudah sering mendengar saran untuk selalu mencuci tangan dengan baik sebelum memegang hidung dan mulut, tidur cukup dan jauhi orang yang sedang menderita flu.

Hal-hal tersebut memang baik dilakukan. Namun, hal lain yang tak kalah penting dilakukan untuk menjaga agar kondisi Anda dan janin tetap sehat adalah dengan mendapatkan vaksin flu. Karena flu pada ibu hamil tidak boleh dianggap remeh dan dibiarkan saja.

  1. Atasi demam

Saat terserang flu, mungkin saja Anda juga mengalami demam. Memang betul lebih baik Anda tangani dulu secara alami demam yang muncul sebelum kemudian minum obat. Namun ada satu pengecualian. Jika demam Anda sudah di atas 37.80C, segeralah ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat yang aman.

Selain itu demam tinggi saat hamil, terutama pada trimester pertama, bisa berisiko sebabkan gangguan perkembangan sistem saraf pusat pada janin.

  1. Hindari konsumsi sembarang obat

Jangan sembarang mengonsumsi obat tanpa rekomendasi dari dokter. Obat yang biasa Anda konsumsi sebelum hamil belum tentu aman untuk dikonsumsi di masa kehamilan.

Menurut the University of Michigan Health System, sebaiknya hindari mengonsumsi obat-obatan dalam 12 minggu pertama kehamilan. Karena trimester pertama merupakan masa perkembangan organ-organ penting bayi.

  1. Minum dan makan yang hangat

Minum atau mengonsumsi makanan hangat dapat membantu melegakan hidung dari sumbatan, sehingga Anda dapat lebih lega bernafas. Cobalah minum teh hangat atau membuat sendiri sup ayam hangat.

  1. Konsumsi madu

Selain bagus dikonsumsi saat sedang sakit tenggorokan, madu juga dapat membantu meredakan batuk. Menurut studi yang dilansir oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat, 2 sdt madu yang dikonsumsi sebelum tidur dapat meredakan batuk yang sering dialami di malam hari.

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dan bernapas dengan uap yang hangat dapat melegakan hidung dan tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala flu. Selain itu, mandi berendam dengan air hangat dapat membuat Anda lebih rileks karena dapat meredakan stres, sehingga dapat mempercepat penyembuhan flu.

  1. Banyak minum air putih dan beristirahat

Obat yang terbaik saat Anda sedang flu adalah banyak minum air putih dan beristirahat dengan cukup. Cobalah minum air putih hangat ditambah perasan jeruk lemon.

Karena penyakit flu tergolong self-limiting disease atau bisa sembuh dengan sendirinya. Jadi kekebalan tubuh yang baik dapat mempercepat penyembuhan penyakit.

Meski kebanyakan sakit flu tidak berbahaya bagi janin yang dikandung, namun jangan diremehkan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter, terlebih jika flu yang Anda alami disertai dengan:

  • Pusing berputar
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Muntah hebat
  • Penurunan kesadaran
  • Perdarahan dari vagina
  • Demam tinggi
  • Berkurangnya gerakan janin

Anda sedang hamil dan terserang penyakit flu? Berbagai cara alami di atas bisa Anda coba untuk mengatasi flu saat hamil. Namun jika flu yang Anda derita tak kunjung mereda, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar