Kesehatan Mental

7 Kiat Atasi Stres dan Marah Usai Lihat Debat Capres dan Cawapres

dr. Nabila Viera Yovita, 20 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi pendukung fanatik pasangan calon presiden dan wakil presiden, menonton debat capres bisa memicu stres dan marah. Atasi dengan cara ini.

7 Kiat Atasi Stres dan Marah Usai Lihat Debat Capres dan Cawapres

Debat capres pertama jelang Pemilu 2024 telah usai digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 malam lalu. Berbeda dengan debat pertama, debat kedua nanti rencananya hanya akan melibatkan Cawapres, yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar. Kami yakin seluruh masyarakat Indonesia pun akan turut antusias menonton paslon pilihannya pada 22 Desember 2023 nanti.

Tak jarang bagi pendukung fanatik Capres dan Cawapres, perdebatan dengan keluarga, teman atau orang lain yang berbeda pilihan menjadi tak terelakkan. Akibatnya mereka yang mudah terpancing emosi bisa stres dan marah.

Berikut ini kiat untuk atasi stres dan marah usai lihat debat Capres dan Cawapres:

1. Tarik Nafas Panjang

Bagi Kamu pendukung fanatik salah satu paslon, tentu Kamu akan tidak terima ketika Capres dan Cawapres pilihan dijelek-jelekkan oleh kubu lawan. Nah sebelum Kamu bersiap mengetik "balasan" untuk kubu lawan di media sosial, cobalah tarik nafas panjang dan bersabar.

Menurut the National Anger Management Association di Amerika Serikat, menarik nafas panjang dan dalam merupakan cara termudah yang bisa Kamu lakukan di saat sedang stres dan marah.

Cobalah tarik nafas panjang dan dalam sambil menghitung hingga 20. Jika belum mereda, ulangi hal yang sama hingga emosi Kamu mereda.

2. Rehat dari Media Sosial dan Pemberitaan Mengenai Capres dan Cawapres

Media sosial membuat setiap orang memiliki "panggung" sendiri untuk bebas mengungkapan pendapatnya. Namun sayangnya kebebasan berpendapat ini sering kali tidak diimbangi dengan toleransi yang baik.

Perlu Kamu ingat bahwa setiap orang memiliki kebebasan hak pilih dan tidak perlu memaksakan pilihan Kamu tersebut pada orang lain. Ada baiknya usai debat capres dan cawapres, Kamu bisa rehat sejenak dari media sosial termasuk membaca pemberitaan mengenai debat capres dan cawapres.

3. Buat Rencana yang Menyenangkan

Ingatkan diri Kamu bahwa di luar debat capres dan cawapres kehidupan "nyata" Kamu masih menunggu. Dibandingkan menyibukkan diri dengan bertengkar dengan kubu lawan di media sosial, lebih baik Kamu membuat rencana yang menyenangkan dan bebas stres.

Buatlah jadwal temu dengan sahabat atau hadiahi diri Kamu dessert favorit di kafe kesukaan. Hindari pertengkaran yang tidak perlu terlebih dengan keluarga atau teman. Jangan sampai hubungan harmonis yang sudah Kamu jalin lama dengan keluarga atau teman menjadi rusak hanya karena berbeda pilihan capres dan cawapres.

4. Hindari Berbicara Tentang Politik

Meski Kamu dibuat stres dan marah karena capres pilihan tidak sesuai ekspektasi atau disudutkan kubu lawan, usai debat capres sebaiknya hindari sementara berbicara tentang politik.

Jika di kantor hampir semua rekan kerja kamu membicarakan tentang debat capres dan cawapres semalam, sebaiknya hindari ikut menimpali atau berkomentar. Kecuali jika Kamu merasa sudah mulai tenang dan tak lagi marah atau stres, ikut berbicara tentang politik sah-sah saja. Kuncinya jangan terpancing emosi.

5. Bersyukur

Siapapun yang kelak akan menjadi presiden Indonesia tentu patut disyukuri. Usai debat capres dan cawapres, kehidupan harus terus berlanjut. Syukuri hal-hal yang selama ini Kamu peroleh, mulai dari pekerjaan, teman-teman, keluarga, pasangan kamu, tubuh yang sehat, dsb.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School di Amerika Serikat, orang yang sering bersyukur cenderung lebih bahagia, menghasilkan emosi positif, membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain bahkan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Jadi siapapun pilihan capres dan cawapresmu, baik nomor urut 1, nomor urut 2, atau nomor urut 3, sebaiknya jangan ikut terlarut dalam emosi, stres dan marah. Kiat-kiat di atas bisa Kamu terapkan jika Kamu alami stres usai lihat debat capres dan cawapres.

6. Catat Seluruh Pendapatmu

Setelah menyimak debat capres dan cawapres, salah satu strategi yang bisa membantu meredakan stres dan kemarahan kamu adalah dengan mengekspresikan pandangan atau pendapatmu melalui tulisan atau perbincangan.

Menulis dapat menjadi metode yang efektif untuk menyalurkan perasaan serta pemikiran kamu setelah menyaksikan diskusi politik yang mungkin memunculkan reaksi emosional.

7. Menjaga Keseimbangan Aktivitas

Setelah menyimak debat capres dan cawapres, penting untuk mempertahankan kestabilan dalam kegiatan kamu guna mengurangi stres dan potensi kemarahan yang bisa timbul.

Setelah menonton debat, berikan waktu bagi diri sendiri untuk melakukan kegiatan yang menenangkan seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan musik. Ini dapat membantu mengurangi rasa tegang serta memulihkan ketenangan batin.

Jika kamu telah bisa mengatasi stress saat menonton debat pertama capres, kamu bisa siapkan lagi diri kamu untuk menyaksikan pada debat keduanya bahkan hingga akhir. Yuk catat tanggalnya!

Berikut Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024:

  • Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
  • Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
  • Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024
  • Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024


Jika Kamu memiliki pertanyaan lebih seputar cara mengatasi stres dan marah, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter atau Temu Dokter di aplikasi KlikDokter, Kamu juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya dengan download aplikasi KlikDokter.

MarahEmosiStresDebat Capres

Konsultasi Dokter Terkait