Sukses

Jangan Malas Minum Air Putih, Ini Manfaatnya

Lebih suka minum minuman manis ketimbang air putih? Yuk, ubah kebiasaan tersebut. Ini beberapa manfaat air putih bagi kesehatan Anda.

Sebagian besar orang lebih memilih minuman berperasa ketimbang air putih yang rasanya tawar. Padahal, Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya atau setara dengan dua liter.

Dengan tercukupinya air putih, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Selain membantu fungsi tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh:

1 dari 6 halaman

1. Memaksimalkan Performa Fisik

Performa fisik akan terdampak jika hidrasi tubuh tak terjaga. Ini penting, apalagi jika Anda berolahraga intens.

Atlet dapat kehilangan 6-10 persen cairan tubuhnya lewat keringat. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan suhu tubuh, menurunnya motivasi, peningkatan rasa lelah, serta olahraga makin terasa berat, baik secara fisik maupun mental.

Dehidrasi bisa menjadi efek nyata meski Anda hanya kehilangan 2 persen cairan tubuh. Nah, di sinilah manfaat air putih berperan, yakni untuk memaksimalkan performa fisik.

Artikel Lainnya: Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Berikut adalah panduan untuk mempersiapkan kehilangan cairan tubuh saat berolahraga.

  • Minumlah sebanyak 400-600 ml air 1-2 jam sebelum mulai berolahraga untuk mempersiapkan hilangnya cairan.
  • Minum lagi 200-300 ml air 15 menit sebelum memulai olahraga.
  • Selama berolahraga, minum 200 ml air setiap 15 menit untuk mengganti cairan yang hilang selama berolahraga.
  • Jika setelah berolahraga berat badan Anda turun, ganti setiap 0,5 kg yang hilang dengan 500-600 ml air.

2. Berdampak Besar pada Tingkat Energi dan Fungsi Otak

Jika hidrasi menurun, otak bisa merasakan efeknya karena otak sebagian besar terdiri dari air. Karena itulah, manfaat minum air putih juga berhubungan dengan fungsi otak.  

Sebuah studi yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa 1,59 persen hilangnya cairan tubuh pada pria muda dapat memengaruhi kerja memori dan meningkatnya rasa cemas dan kelelahan.

2 dari 6 halaman

3. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Ketika tubuh kekurangan cairan, keluhan sakit kepala bisa timbul sebagai efeknya. Studi yang dipublikasikan di jurnal Headache tahun 2004 mengungkapkan, manfaat air putih bisa mengurangi sakit kepala (tipe tegang) pada orang-orang yang dehidrasi.

Ada pula studi lainnya pada tahun 2005 di European Journal of Neurology menyebutkan, air putih tak punya efek apa pun terhadap frekuensi sakit kepala, tapi tetap bisa mengurangi intensitas dan durasinya.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu yang Tepat Memberi Air Putih pada Bayi?

4. Meringankan Konstipasi

Salah satu manfaat air putih adalah dapat membantu meringankan susah BAB. Jika tinja yang terbentuk memiliki sedikit air, teksturnya akan cenderung keras.  

Tinja yang keras dapat menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Bila konstipasi tak ditangani dengan baik, akan timbul gangguan kesehatan lainnya seperti ambeien.

3 dari 6 halaman

5. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat-zat yang kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat. Keduanya merupakan bahan tersering yang membentuk batu ginjal di dalam urine.

Namun, tak perlu risau sebab manfaat air putih dapat mencegah hal ini. Oleh karena itu, minumlah air dengan cukup agar konsentrasi bahan-bahan di atas tidak tinggi di urine sehingga batu ginjal tidak terbentuk.

Artikel Lainnya: Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Cukup Minum Air

6. Mencegah Hangover

Salah satu manfaat air putih adalah mencegah hangover. Peminum alkohol tentunya tahu ketidaknyamanan yang timbul kala bangun keesokan hari akibat minum minuman beralkohol di malam sebelumnya, alias hangover.

Alkohol bersifat diuretik sehingga membuat Anda kehilangan cairan lebih banyak. Ini bisa berujung pada dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama hangover, kondisi ini memunculkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

4 dari 6 halaman

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Air putih membantu sistem pencernaan untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Karenanya, manfaat air putih dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih pun membantu perut terasa kenyang sehingga seseorang akan makan lebih sedikit.

Menurut studi di Journal of Clinical and Endocrinology and Metabolism tahun 2008, minum setengah liter (17 ons) air putih bisa meningkatkan metabolisme sebesar 24-30 persen selama 1,5 jam.

Hal tersebut menunjukkan bahwa minum air putih dua liter per hari bisa tingkatkan pengeluaran energi total hingga 96 kalori per hari.

Artikel Lainnya: Turunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih, Efektifkah?

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebanyak 60 persen jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk sel-sel kulit. Oleh karena itu, jika Anda kurang minum air putih, proses fisiologis tubuh akan terganggu, termasuk sel-sel kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kering dan kusam.

5 dari 6 halaman

9. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat minum air putih yang tak kalah penting lainnya adalah untuk menjaga suhu tubuh. Tubuh kehilangan cairan melalui keringat saat menjalani aktivitas fisik dan berada di lingkungan yang panas.

Nah, keringat membantu menjaga tubuh tetap ‘dingin’. Namun, suhu tubuh dapat meningkat jika Anda tidak mengganti kehilangan cairan.

Oleh karena itu, jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan Anda minum air putih lebih banyak lagi untuk terhindar dari dehidrasi.

10. Membantu Penyerapan Nutrisi

Tak hanya untuk menjaga kesehatan saluran cerna saja, manfaat air putih juga bisa untuk membantu penyerapan nutrisi. Dalam proses pemecahan makanan, air dapat membantu pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makan untuk kemudian dikirimkan ke seluruh tubuh.

Meski terkesan sepele, manfaat minum air putih tentunya tak bisa begitu saja Anda abaikan. Oleh karenanya, pastikan Anda minum air putih yang cukup paling tidak dua liter setiap harinya. Semoga bermanfaat!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar