Sehat dan Bugar

Nonton Debat Kedua Cawapres, Siapkan Diri Kamu dengan Olahraga Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 22 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menonton debat cawapres juga kadang dapat menguras emosi. Nah, lakukan olahraga ini saja agar Kamu lebih bisa mengatur emosi.

Nonton Debat Kedua Cawapres, Siapkan Diri Kamu dengan Olahraga Ini

Debat calon wakil presiden atau disingkat dengan cawapres yang dilakukan pada tanggal 22 Desember 2023. Ini adalah debat kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada 12 Desember 2023.

Bagi Kamu yang menantikan acara debat ini, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dengan olahraga agar bisa lebih tenang dalam menyaksikan tayangan debat cawapres tersebut. Tahu, kan, kalau olahraga dapat membantu mengatur emosi dan suasana hati?

Kamu tentunya sudah tak sabar untuk melihat debat capres kedua nanti. Debat kedua ini memiliki tema debat yaitu Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Jalannya debat diprediksi akan panas mengingat ini akan head-to-head antara calon wakil presidennya saja, tanpa calon presidennya di atas panggung.

Satu hal yang harus Kamu ingat adalah, Kamu harus menonton dengan pikiran jernih. Jangan sampai terpancing emosi dengan pernyataan ketiga calon wakil presiden, atau karena jagoan kamu diserang oleh pasangan lainnya.

Selain itu, debat ini akan berlangsung panjang sampai malam. Mungkin waktu tidur kamu akan sedikit terganggu akibat acara tersebut. Tidak ada salahnya kamu untuk mempersiapkan diri juga dengan baik.

Nah, salah satu persiapan yang bisa Kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, Kamu akan terhindar dari sikap mudah emosi. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, olahraga bisa meningkatkan suasana hati. “Saat olahraga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan euphoria,” katanya.

Jadi, jika Kamu ingin menonton debat dengan perasaan senang, cobalah untuk berolahraga sebelumnya. Berikut tiga jenis olahraga yang mungkin bisa Kamu lakukan:

1. Lari

Lari merupakan olahraga yang mudah, praktis, namun efektif dalam membakar kalori. Di sisi lain, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat memicu pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin. “Keduanya dapat membuat Kamu merasa nyaman dan senang sesudahnya,” kata dr. Nadia. Selain itu, dengan olahraga lari Kamu juga dapat tidur lebih nyenyak pada malam hari.

2. Yoga

“Gerakan-gerakan yoga tak hanya dapat membuat tubuh Kamu menjadi lebih lentur, namun pernapasan Kamu juga menjadi lebih terlatih sehingga dapat membuat Kamu menjadi lebih tenang,” ujar dr. Nadia.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa seluruh partisipan yang mengikuti kelas yoga berkurang gejala depresi, kecemasan, serta tingkat emosinya. Ketika emosi turun, Kamu jadi bisa lebih nyaman menyaksikan debat cawapres kedua.

Di samping olahraga, Kamu juga bisa memfokuskan diri pada meditasi. “Aktivitas meditasi dapat membantu mengurangi rasa stres, kelelahan, gangguan mood, hingga gangguan tidur,” kata dr. Nadia. Berdasarkan tinjauan yang dimuat oleh American Heart Association (AHA), meditasi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Berenang

Dengan berolahraga renang, Kamu akan memiliki dampak menenangkan pada tubuh dan pikiran. Sensasi menyegarkan air yang menyentuh kulit, gerakan tubuh yang teratur, dan perhatian pada teknik pernapasan dapat membantu mengurangi tingkat stres serta meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan.

Jika Kamu sudah siap menonton debat cawapres di putaran kedua, jangan lupa untuk berolahraga dulu, ya. Apalagi untuk kamu yang mudah emosian.

Selain itu manfaat dari, berolahraga dapat mencegah tubuh lelah setelah begadang nonton debat. Perhatikan juga camilan kamu saat nonton. Singkirkan keripik kentang atau hamburger, dan gantilah dengan kudapan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar.

Jika Kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter  dan Temu Dokter di KlikDokter. Kamu juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya dengan download aplikasi KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu selalu!

lariEmosiYogaPemiluOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait