Sukses

Jadi Ayah Baru, Ini 9 Tips untuk Hamish Daud

Sukacita dirasakan pasangan Raisa dan Hamish Daud usai kelahiran buah hati. Menjadi ayah baru, ini hal-hal yang harus diperhatikan Hamish.

Klikdokter.com, Jakarta Pasangan Raisa dan Hamish Daud sedang berbahagia setelah kelahiran buah hati mereka pada Selasa (12/2). Ini berarti untuk Hamish, dia punya status baru sebagai ayah. Menjadi ayah baru diperlukan penyesuaian diri agar dapat menjalin ikatan dengan baik bersama bayi baru lahir. Hal ini juga penting agar suami bisa membantu istri dalam mengurus si Kecil.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, memiliki keterlibatan sejak awal adalah hal yang harus dilakukan oleh para ayah baru agar memiliki hubungan emosional yang baik dengan anak.

“Banyak pria memilih untuk menyerahkan seluruh tanggung jawab mengurus anak pada istri. Namun jika Anda ingin memiliki hubungan yang positif dan memiliki hubungan emosional dengan anak, sebaiknya ikutlah terlibat dalam proses merawat anak sedari dini,” ujar dr. Nadia.

Namun, semua itu memang butuh proses. Dalam praktiknya, ayah baru mungkin akan merasa bingung, kelelahan, dan merasa sulit dalam mengurus anak. Tapi itu adalah hal yang wajar dan biasa terjadi.

Bagi para ayah baru seperti Hamish Daud tidak perlu khawatir, Anda dapat mengikuti beberapa tips dari WebMD dan sumber lainnya berikut ini:

  1. Cobalah untuk tenang

Menjadi ayah baru dapat membuat Anda sedikit kewalahan dengan perubahan yang terjadi. Misalnya, karena harus bangun tengah malam terus-menerus untuk menenangkan bayi yang menangis. Akibatnya, suasana hati Anda jadi buruk dan tubuh mudah lelah. Jika mengalami itu semua, cobalah ambil napas dalam sebanyak yang Anda butuhkan dan tenangkan pikiran.

  1. Jadikan waktu bersama keluarga Anda sebagai prioritas

Mungkin suatu saat nanti, ketika anak sudah besar, Anda akan menyesali minimnya waktu yang Anda habiskan dengan keluarga. Tidak ada yang bisa menggantikan kebahagiaan berkumpul bersama orang-orang tercinta. Karena itu, sesibuk apa pun Anda, luangkanlah waktu untuk bermain dan bercengkerama dengan bayi dan istri Anda.

  1. Bermain dan berkomunikasi dengan bayi sesering mungkin

Menurut dokter spesialis anak dr. Caessar Pronocitro, M.Sc Sp.A, dari KlikDokter bermain dan berkomunikasi sesering mungkin dengan anak sangatlah penting. “Semakin sering anak mendengar suara ayah, maka ia akan merasa semakin dekat. Seiring anak bertumbuh besar, komunikasi dengan ayah harus tetap terjalin. Rasa aman dan percaya yang dibentuk melalui komunikasi adalah dasar dari kuatnya hubungan ayah dan anak.”

  1. Ajak bayi Anda keluar

Jangan takut untuk membawa bayi Anda keluar. Anda bisa berjalan-jalan ke taman bersama si Kecil, atau membawanya bermain dengan bayi-bayi lain. Stimulasi baik untuk anak-anak, dan bayi dapat menjadi teman bertualang yang hebat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Bersikap ekstra sabar, suportif, dan komunikatif dengan pasangan Anda

Melahirkan bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan trauma bagi para ibu. Untuk hal ini, para ayah baru harus terus memberikan semangat dan ekstra sabar. Sediakan waktu untuk memberikan perhatian kepada istri Anda juga. Menawarkan memijat atau membuat susu hangat tanpa harus diminta tentu akan sangat membuat pasangan Anda senang.

  1. Katakan tidak untuk jadwal padat

Cobalah untuk tidak menjadwalkan terlalu banyak hal dalam satu hari. Ingatlah bahwa bayi Anda butuh waktu banyak untuk bisa bersama Anda.

  1. Berbagi dengan ayah lainnya

Bicaralah dengan ayah baru lainnya tentang pengalaman Anda maupun mereka. Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tentunya akan memudahkan “pekerjaan” baru Anda sebagai seorang ayah.

  1. Jaga diri baik-baik

Hati-hati dalam mengemudi, perhatikan pola makan, dan rutinlah olahraga. Bayi Anda membutuhkan Anda untuk waktu yang lama. Jika Anda sehat, Anda memiliki waktu dengan anak Anda sampai dewasa, menyaksikan mereka bertumbuh. Menjadi ayah yang sehat dan bahagia adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada anak-anak Anda.

  1. Ikuti intuisi Anda

Dengarkan saran orang lain, baca artikel atau buku-buku tentang panduan mengasuh, dan konsultasikan dengan para ahli. Meski begitu, Anda juga harus melatih intuisi Anda sebagai orang tua. Bagaimanapun, yang mengenal bayi Anda adalah Anda sendiri dibanding orang lain.

Itu adalah tips yang bisa Anda lakukan ketika menjadi ayah baru seperti Hamish Daud. Jangan ragu untuk membawa bayi Anda ke dokter jika memiliki pertanyaan medis atau keraguan soal kondisi kesehatannya. Selamat menjadi ayah!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar