Sukses

4 Cara Alami Atasi Payudara Kendur

Seiring berjalannya waktu, payudara kehilangan elastisitas. Payudara kendur pun menjadi salah satu sumber kecemasan bagi sebagian wanita.

Klikdokter.com, Jakarta Payudara antara satu orang dengan orang lain bisa sangat bervariasi. Itu karena ukuran, bentuk, dan warna payudara diwariskan melalui gen. Seiring berjalannya waktu, wajar jika bentuk asli payudara kehilangan elastisitas dan mulai kendur. Payudara kendur lantas menjadi salah satu sumber kecemasan bagi sebagian wanita. Tak heran kalau payudara "ptosis" – istilah medis untuk payudara kendur – adalah salah satu kondisi paling umum yang ditangani oleh ahli bedah plastik.

Jaringan payudara sebagian besar terdiri dari sel-sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen yang memanjang dari tulang selangka ke ketiak dan melintasi bagian tengah dada. Kelenjar yang disebut lobulus itu menghasilkan susu sebagai sumber gizi bayi.

Akan tetapi, operasi tidak selalu jadi jalan untuk memperbaiki payudara Anda yang kendur. Ada beberapa cara alami dan perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah atau meminimalkan payudara kendur.

Kenali penyebab payudara kendur

Seiring berlalunya waktu serta ditambah dengan kekuatan gravitasi, kulit biasanya akan melemah sekaligus menjadi semakin kurang elastis. Di samping itu, ada pula sejumlah alasan penyebab payudara kendur.

  • Kehamilan multipel, seperti hamil kembar, menyebabkan ligamen yang menopang payudara Anda meregang dan “terkulai” saat semakin berat untuk menopang bayi Anda.
  • Merokok menyebabkan kulit kehilangan kelenturan dan kekuatan.
  • Payudara yang lebih besar dan berat cenderung melorot seiring waktu.
  • Penurunan berat badan yang ekstrem dapat mengubah bentuk dan penampilan payudara secara drastis.
  • Kelebihan berat badan menyebabkan kulit dan jaringan payudara meregang dan kendur.
  • Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat memecah kolagen dan elastin.
  • Menopause menyebabkan perubahan hormon yang memengaruhi elastisitas kulit.
  • Olahraga berat dan intensitas tinggi dapat menyebabkan jaringan ikat rusak.
  • Penyakit tertentu, seperti kanker payudara dan TBC dapat melemahkan jaringan dan dukungan pada payudara.
1 dari 2 halaman

“Menolong” payudara kendur

Yang perlu diingat, Anda tidak dapat sepenuhnya mengembalikan ukuran dan bentuk asli payudara. Namun, Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan “daya angkat” dan kekuatan payudara.

Berikut beberapa cara alami alias non-operasi yang dapat Anda lakukan.

  1. Olahraga

Karena payudara tidak memiliki otot, Anda tidak dapat mengencangkan jaringan payudara dengan berolahraga. Namun, di bawah payudara terdapat jaringan ikat dan otot berserat yang dapat dikencangkan untuk meningkatkan penampilan dada Anda secara keseluruhan.

Berbagai latihan di bagian dada dianjurkan untuk meningkatkan kekuatan otot, sekaligus postur tubuh. Beberapa latihan yang umum untuk dicoba adalah push up, berenang, dan latihan otot lengan.

  1. Diet dan nutrisi

Konsumsi nutrisi yang seimbang dan sehat untuk memelihara kulit Anda agar tetap sehat dan kuat. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter payudara disokong oleh jaringan otot yang membutuhkan nutrisi protein untuk menjaga kekencangannya.

Dia menjelaskan, “Selain protein, Anda memerlukan nutrisi lainnya, seperti vitamin, kalsium dan mineral. Sejumlah nutrisi ini bisa didapat dari tomat, kubis, kembang kol, brokoli, wortel, daging merah, dan produk olahan susu.”

Penting juga untuk mempertahankan berat badan ideal tubuh Anda. Kelebihan berat badan akan memberi tekanan pada jaringan kulit Anda, serta dapat menambah berat tambahan pada payudara Anda. Hal ini  dapat menyebabkan kendur. Selain diet sehat, gaya hidup yang benar sangat penting.

Merokok buruk bagi kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat berkontribusi sebagai penyebab payudara kendur. Pastikan juga Anda minum cukup air dan tetap terhidrasi. Minum air cukup membuat kulit Anda kuat dan meningkatkan kekencangan dan kekuatan keseluruhan jaringan payudara.

  1. Postur tubuh yang tepat

Postur tubuh yang buruk, seperti membungkuk, dapat menyebabkan payudara menggantung dengan beratnya sendiri. Tubuh membungkuk juga memberikan lebih banyak tekanan pada jaringan payudara dan memperparah kendur. Jaga punggung Anda tetap tegak. Postur yang baik berfungsi untuk mendistribusikan berat badan secara merata dan membantu melindungi payudara Anda dari kekenduran.

  1. Bra yang tepat

Bra yang dipasang dengan ukuran yang tepat akan memberi dukungan tambahan yang dapat mengurangi ketegangan serta tekanan pada jaringan dan otot pendukung payudara Anda. Selain itu, dr. Nadia menambahkan, “Penggunaan bra yang tepat dapat menyokong payudara Anda dengan baik. Jadi, pastikan ukuran bra Anda tepat.”

Seiring berjalannya waktu, sangat normal jika payudara Anda mengalami kekenduran. Selain itu, beragam hal dapat menjadi penyebab payudara kendur, seperti genetika, pola makan, dan gaya hidup. Namun, dengan melakukan cara-cara di atas, Anda dapat meningkatkan elastisitas dan kekuatan kulit, serta dapat meminimalkan efek kendur pada payudara. Baca artikel sejenis di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar