Sukses

Manfaat Sehat Melajang di Hari Valentine

Tak usah sedih dan berkecil hati tak punya pasangan untuk merayakan Hari Kasih Sayang. Ini dia manfaat sehat melajang di Hari Valentine.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk mereka yang masih melajang, Hari Valentine sering kali dianggap sebagai mimpi buruk, tambah buruk lagi jika melihat laman media sosial dipenuhi konten foto dan video teman-teman yang sudah berpasangan. Ujung-ujungnya, Anda hanya bisa meratapi nasib. Percaya, deh, rasa sedih seperti itu cuma buang-buang waktu. Lihatlah dengan lebih positif. Sebagai contoh, melajang di Hari Kasih Sayang ternyata memiliki manfaat kesehatan, lho!

  • Berat badan lebih stabil 

Seperti dilansir dari laman Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat (NIH), pria dan wanita yang baru saja melepas status lajang atau baru punya pasangan cenderung berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang masih lajang. Risikonya hingga dua kali lebih tinggi!

Pada suatu penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Health Psychology” pada tahun 2013, ditemukan bahwa mereka yang sudah punya pasangan cenderung tak lagi menggebu dalam menjaga berat badan ideal. Ini karena mereka sudah tak lagi mempunyai motivasi untuk menarik perhatian lawan jenis.

Terlebih lagi, saat Hari Valentine, banyak pasangan memilih untuk merayakannya dengan makan malam romantis (hidangan lengkap mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup), belum lagi menikmati aneka cokelat yang identik dengan perayaan Hari Kasih Sayang. Jadi, untuk Anda yang melajang tanggal 14 Februari, tak perlu takut berat badan meningkat!

  • Bisa meluangkan waktu untuk berolahraga 

Hari Valentine tetap ingin ke mal tapi malas melihat pasangan-pasangan kekasih bergandengan sambil bermesraan, langkahkan kaki ke gym saja. Menurut hasil survei yang dilakukan NIH tahun 2011, mereka yang memiliki pasangan cenderung tidak dapat memenuhi target aktivitas fisik yang dianjurkan, yaitu 150 menit setiap minggu, dibandingkan mereka yang melajang. Para responden yang “gagal” tersebut adalah 75 persen pria dan 63 persen wanita yang sudah menikah.

Nah, kalau momen Hari Valentine Anda alokasikan untuk menambah rasa kasih sayang terhadap diri sendiri, dengan berolahraga, tentu bisa membantu kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika dilakukan secara rutin, Anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, hingga kolesterol tinggi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Tidur lebih nyenyak

Jangan sedih jika hingga saat ini Anda belum menikah dan masih tidur sendirian. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh The Better Sleep Council di Amerika Serikat melaporkan bahwa 61 persen responden yang sudah menikah merindukan tidur yang nyenyak, seperti saat mereka melajang. Bahkan, 26 persen responden menyebut, mereka lebih memilih tidur sendiri dibandingkan bersama pasangan.

Kualitas tidur yang menurun ini di antaranya disebabkan oleh kebiasaan tidur pasangan yang mengganggu atau pasangan yang tidur mendengkur. Perlu diingat, waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas dapat meningkatkan risiko depresi, penuaan dini pada kulit, obesitas dan stres.

  • Lebih bahagia

Meski para lajang kerap dianggap tak laku – padahal tidak juga – tapi menurut sebuah studi metaanalisis yang dilakukan tahun 2016 menyebutkan, mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih baik dengan keluarga, saudara, atau teman ketimbang mereka yang sudah berpasangan. Dampaknya, para lajang ini lebih bahagia. Ini karena orang-orang yang memiliki pasangan cenderung akan lebih memilih menghabiskan sebagian besar waktunya dengan pasangan dibandingkan dengan teman atau keluarga.

  • Anda bisa membuat jadwal sendiri

Ketika Anda berkomitmen dalam hubungan percintaan, otomatis Anda akan sering menghabiskan waktu bersama pasangan. Akibatnya, jadwal yang sebelumnya Anda telah susun bisa jadi berantakan karena terkadang harus menyesuaikan dengan jadwal pasangan. Namun bagi para lajang, ini tak perlu dikhawatirkan. Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas McGill, Kanada, orang-orang yang memiliki jadwal terstruktur akan meningkatkan produktivitas dan kebahagiaannya.

Esensinya, manfaatkan momen Hari Valentine untuk menyebarkan rasa kasih sayang. Jika Anda sudah berpasangan dan sudah menyiapkan rencanakan malam romantis, semoga lancar! Jika Anda masih melajang, tak perlu berkecil hati karena faktanya, Anda dapat merasakan manfaat-manfaat yang dijabarkan di atas, dan Anda masih bisa melakukan banyak hal lainnya yang tak kalah menyenangkan!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar