Sukses

Konsumsi Vitamin C Tiap Hari, Apakah Berbahaya?

Vitamin C terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, amankah mengonsumsi vitamin C tiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin C atau sering disebut dengan asam askorbat adalah salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Nutrisi ini berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itulah sebagian orang memilih memenuhi kebutuhan vitamin C per hari supaya tidak mudah sakit.

Selain dari sumber alami, seperti jeruk, brokoli, dan kiwi; vitamin C juga bisa diperoleh dari suplemen di pasaran. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30 persen. Asupan ini dapat membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

Di sisi lain, penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C juga bermanfaat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

Meskipun demikian, bukan berarti penderita hipertensi hanya mengandalkan vitamin C untuk pengobatan. Dengan beberapa manfaat tersebut, apakah aman minum suplemen vitamin C tiap hari? Lalu adakah efek samping vitamin C? Berikut penjelasannya.

Artikel lainnya: Konsumsi Banyak Vitamin C, Benarkah Baik untuk Tubuh?

1 dari 3 halaman

Amankah Mengonsumsi Vitamin C Tiap Hari?

Suplemen vitamin C pada dasarnya aman dan baik dikonsumsi tiap hari, terutama bagi Anda yang sering terpapar polusi dan asap rokok.

Selain itu, Anda yang sedang terserang infeksi, seperti influenza dan radang tenggorokan, juga perlu mengonsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh meningkat dan terjaga. Dengan cara ini, Anda pun bisa segera sembuh.

Meskipun demikian, Anda tetap harus memperhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sangat mungkin muncul berbagai masalah pencernaan. Antara lain, diare, mual dan muntah, serta nyeri di bagian ulu hati.

Artikel lainnya: Suntik Vitamin C Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

 

2 dari 3 halaman

Apa Efek Samping Minum Vitamin C Tiap Hari?

Selain keluhan-keluhan di atas, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C rupanya dapat menimbulkan efek samping pada ginjal. Produk vitamin C yang tidak diserap tubuh akan dibuang melalui ginjal.

Konsumsi sebanyak lebih dari 1000-2000 mg per hari dapat menjadi faktor risiko terbentuknya batu oksalat pada ginjal. Oleh sebab itu, perlu perhatian khusus untuk dosis yang dikonsumsi tiap harinya.

Agar Anda bisa mendapatkan kebaikan vitamin C dan terhindar dari segala efek samping, konsultasikan dosisnya kepada dokter.

Berdasarkan pedoman dari  sumber National Institutes of Health, jumlah vitamin C yang direkomendasikan berdasarkan usia sebagai berikut:

  • usia 0-6 bulan adalah 40 miligram
  • usia 7-12 bulan adalah 50 miligram
  • usia 1-3 tahun adalah 15 miligram
  • usia 4–8 tahun adalah 25 miligram
  • usia 9–13 tahun adalah 45 miligram
  • Laki-laki usia 14–18 tahun adalah 75 miligram
  • Perempuan usia 14-18 tahun adalah 65 miligram
  • Pria dewasa 90 miligram
  • Wanita dewasa 75 miligram
  • Wanita hamil 80-85 miligram
  • Wanita menyusui 115-120 miligram

Konsumsi vitamin C tiap hari sebaiknya dilakukan karena fungsinya yang sangat baik untuk tubuh. Sebab, vitamin golongan antioksidan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai nutrisi untuk kulit, pembentukan kolagen, pembentukan zat besi, penyembuhan luka, serta untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan gigi.

Kini Anda sudah tahu kan bagaimana manfaat vitamin C bagi tubuh? Ingat, konsumsi vitamin C tiap hari sebetulnya aman selama Anda memperhatikan dosis hariannya.

Ingat, tubuh Anda hanya perlu dosis vitamin C yang rendah. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C itu dari buah dan sayur tiap hari. Masih ada pertanyaan seputar vitamin C? Tanyakan saja via Live Chat!

[HNS/RPA]

3 Komentar