Sukses

Amankah Konsumsi Vitamin C Setiap Hari?

Vitamin C terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, amankah mengonsumsi vitamin C setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Kuman penyebab penyakit ada di mana-mana. Sebagian orang mengantisipasi keberadaan mikroorganisme tersebut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C atau sering disebut dengan asam askorbat merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C banyak ditemukan pada sayuran seperti brokoli; kubis merah; paprika; dan kentang, juga pada buah-buahan seperti tomat; jeruk; kiwi; dan anggur. Selain dari sumber alami, vitamin C juga dapat ditemukan dari suplemen yang dijual bebas di pasaran.

Vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, terutama bagi Anda yang sering terpapar polusi maupun asap rokok. Selain itu, orang-orang yang sedang terserang penyakit infeksi seperti flu juga perlu mengonsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh bisa meningkat sehingga penyakit bisa segera sembuh.

Tetap harus dibatasi

Vitamin C memang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, Anda tetap harus memerhatikan porsinya agar tidak berebihan. Jika dikonsumsi sembarangan alias berlebihan, masalah pencernaan seperti diare, mual dan muntah, serta nyeri di bagian ulu hati sangat mungkin terjadi. Tak cuma itu, dosis vitamin C yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan penumpukan asam askorbat pada ginjal, yang nantinya bakal menjadi batu ginjal.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan kebaikan vitamin C dan terhindar dari segala efek samping akibat mengonsumsinya berlebihan, konsultasikan dosisnya kepada dokter. Berdasarkan pedoman dari  sumber National Institutes of Health untuk usia 0-6 bulan jumlah yang direkomendasikan adalah 40 miligram, untuk 7-12 bulan adalah 50 miligram, usia 1-3 tahun konsumsi yang direkomendasikan 15 miligram, dan 4–8 tahun 25 miligram, serta  untuk usia 9–13 tahun konsumsi 45 miligram.

Untuk laki-laki 14–18 tahun (laki-laki) dosis yang direkomendasikan 75 miligram, sedangkan perempuan dalam kelompok usia tersebut, 65 miligram. Bagi pria dewasa dianjurkan 90 miligram dan wanita dewasa 75 miligram. Selain itu untuk wanita hamil dosis yang direkomendasikan adalah 80-85 miligram, dan untuk wanita menyusui 115–120 miligram.

Konsumsi vitamin C setiap hari tidaklah dilarang sama sekali. Asalkan, Anda tetap memperhatikan porsinya agar tidak melebihi batas yang telah ditetapkan. Faktanya, tubuh manusia hanya perlu dosis rendah vitamin C. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Namun, jika Anda bersikeras ingin mendapatkan pasokan vitamin C dari suplemen, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Dengan demikian, Anda hanya akan mendapatkan kebaikan vitamin C tanpa dibayangi efek samping pada ginjal atau organ tubuh lainnya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar