Sukses

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa dikenali dari berbagai gejala. Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sejak dini? Simak di sini.

 

Kolesterol tinggi adalah kondisi kadar kolesterol darah yang melampaui kadar normal, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak dikontrol. 

Kadar kolesterol yang berlebihan, khususnya kolesterol jahat, dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, serangan jantung, dan stroke. 

Karena penyakit-penyakit tersebut bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa, ciri-ciri kolesterol tinggi perlu diketahui.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penderita kolesterol tinggi dilaporkan cukup besar. 

Setidaknya 7 dari 10 orang penduduk dewasa di Indonesia memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jumlah ini dapat meningkat karena pada umumnya kolesterol tinggi tidak disadari. 

Penderita biasanya baru mengetahui ketika kadar tersebut sudah menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa? 

Lantas, apa saja ciri-ciri atau gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai?

1 dari 3 halaman

1. Sakit Kepala

Pusing yang dialami penderita kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah adanya gangguan pada aliran darah ke kepala, akibat adanya penyumbatan pembuluh darah.

2. Rasa Tidak Nyaman di Tengkuk

Adanya keluhan di area tengkuk kerap terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini diduga akibat adanya gangguan aliran darah pada area otot leher.

3. Kesemutan

Tangan sering kebas atau kesemutan dapat mengindikasikan kondisi kolesterol tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian, kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

4. Xanthelasma

Xanthelasma adalah penampakan kolesterol yang menumpuk di bawah jaringan kulit. Gejalanya adalah timbulnya benjolan kecil berwarna kuning muda di ujung kelopak mata. 

Benjolan kecil juga bisa muncul di bagian lipatan tubuh, seperti siku, tumit, dan lutut.

Artikel Lainnya: Ini Penyebab Usia Muda Kena Kolesterol Tinggi

2 dari 3 halaman

5. Nyeri Dada

Nyeri dada dapat terjadi apabila peningkatan kolesterol telah menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. 

Akibatnya, terjadi gangguan aliran darah menuju jantung, sehingga menimbulkan keluhan nyeri dada.

6. Perlemakan Hati

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan perlemakan hati. Ini adalah suatu kondisi saat organ hati dipenuhi oleh lemak dengan keluhan rasa tidak nyaman di perut, kembung dan mual.

Kolesterol tinggi biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya gaya hidup. Contohnya: sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol seperti daging merah, makanan laut, produk susu, serta jarang berolahraga. 

Karenanya, untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas aman, perubahan pola hidup sehat diperlukan. Kurangi asupan makanan berlemak, olahraga rutin dan capai berat badan ideal.

Konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami kondisi seperti yang disebutkan di atas. 

(PUT/AYU)

Referensi: 

Mayo Clinic. Diakses 2021. High Cholesterol.

Healthline. Diakses 2021. Symptoms of High Cholesterol

0 Komentar

Belum ada komentar