Sukses

Meghan Markle Hamil Trimester Akhir, Akankah Pakai Jasa Doula?

Meghan Markle dikabarkan akan menggunakan jasa doula. Seandainya benar, apakah Anda tertarik untuk mengikuti jejaknya?

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa tinggal dua bulan lagi pasangan asal Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan dikaruniai seorang anak. Dilansir dari Express.co.uk, Meghan kini tengah mencicil persiapan bersalinnya. Simpang siur terdengar kabar bahwa salah satu yang akan disiapkannya adalah seorang doula.

Tidak dimungkiri, doula memang sedang menjadi tren di kalangan ibu hamil yang ada di luar negeri. Meski trennya baru berkembang sekarang-sekarang ini, doula ternyata sudah ada sejak zaman Yunani kuno, lo!

Apa itu doula?

Dilansir dari American Pregnancy, doula adalah seorang tenaga profesional yang memberikan dukungan emosional, fisik, dan pendidikan kepada ibu yang sebentar lagi akan melahirkan, sedang melahirkan, dan habis melahirkan. Tujuan doula sebenarnya membantu wanita mendapatkan pengalaman bersalin yang aman dan nyaman.

Hubungan doula dan kliennya biasanya dimulai beberapa bulan sebelum bayi lahir. Selama periode ini, seorang ibu hamil bebas mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan rasa khawatir, sementara doula membantu ibu membuat rencana kelahiran yang sesuai. Meski begitu, doula tidak menyediakan jenis perawatan medis dalam bentuk apapun.

Mengapa perlu doula?

Perlu diketahui bahwa tidak setiap wanita memiliki pasangan yang selalu siaga setiap saat berada di sampingnya, apalagi bila suaminya adalah pekerja yang sering ke luar kota atau luar negeri. Belum lagi, misalkan si ibu hamil tinggal jauh dari keluarga, tentu hal tersebut akan menyusahkannya, bukan? Nah, jasa doula cocok untuk ibu hamil yang memiliki kondisi demikian.

Andai kata keluarga tinggal dekat dengan si ibu hamil, pahamilah bahwa terkadang lebih mudah mengeluhkan sesuatu kepada orang lain ketimbang keluarga sendiri. Lagi pula, tak semua anggota keluarga memiliki keterampilan khusus untuk membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan sebelum dan sesudah persalinan.

Lebih dari itu, dikutip dari American Pregnancy, penggunaan jasa doula bisa menurunkan jumlah dan dosis pemberian obat penghilang rasa sakit pada ibu yang akan melahirkan. Ibu yang menggunakan jasa doula juga lebih kecil kemungkinannya untuk melahirkan secara caesar. Mereka pun memiliki pengalaman melahirkan yang lebih positif ketimbang “berjuang sendiri”. Itulah mengapa penggunaan jasa doula kini sedang digemari oleh para ibu muda.

Kenali jenis-jenis doula

Seperti yang sudah disinggung, doula dapat membantu ibu yang akan melahirkan dan telah melahirkan. Namun, fungsi tersebut tidak dilakukan oleh jenis doula yang sama. Karena pada dasarnya, doula terbagi menjadi dua jenis:

  • Antepartum doula

Doula jenis ini biasanya membantu ibu yang kondisi kehamilannya berisiko. Mereka memberikan dukungan informasi emosional, dan fisik. Antepartum doula akan menemani ibu yg hendak melahirkan agar dia tidak stres dan kebingungan.

  • Postpartum doula

Jenis doula yang satu ini bekerja untuk ibu yang telah melahirkan. Dia akan menemani si ibu di minggu-minggu pertama kelahiran dan memberikan pengetahuan tentang menyusui serta merawat bayi. Mereka juga memberikan dukungan fisik dengan membersihkan, memasak makanan, dan merawat si Kecil saat ibunya beristirahat.

Dengan banyaknya keuntungan menggunakan jasa doula, apakah Meghan Markle berencana menggunakannya juga? Dikutip dari Express.co.uk, hal itu belum dikonfirmasi oleh keluarga kerajaan.

Tapi, yang jelas, bila Meghan Markle ingin menggunakan jasa doula, pihak Doula UK sangat mengapresiasi hal tersebut. Pasalnya, menggunakan jasa doula dianggap bisa membantu Meghan untuk cepat pulih dari proses pasca kelahiran. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa doula? Tentu saja, pikirkan matang-matang dan diskusikan terlebih dahulu hal tersebut dengan pihak keluarga agar posisi mereka tidak seperti digantikan oleh orang lain.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar