Sukses

Anda Mengalami Pusing? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

Pusing dapat terjadi pada siapa saja. Ini fakta-fakta yang perlu diketahui mengenai penyebab pusing.

Klikdokter.com, Jakarta Pusing merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang. Meski sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya, Anda tetap harus mengetahui penyebab tersembunyi di balik kondisi tersebut. Dengan begitu, Anda jadi tahu bagaimana cara pencegahan dan penanganannya yang tepat.

Terdapat perbedaan antara pusing dan sakit kepala. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, pusing adalah sensasi seperti melayang, tidak seimbang, atau akan pingsan. “Pusing memengaruhi organ-organ sensorik, terutama mata dan telinga, jadi kadang bisa menyebabkan pingsan,” katanya.

Sementara itu, rasa nyeri akibat sakit kepala biasanya dapat dideskripsikan dengan jelas oleh penderitanya. “Misalnya, nyeri seperti ditusuk, ditindih benda berat, diikat, atau berdenyut.”

Banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mengalami pusing. Dilansir Healthline, berikut 5 hal yang bisa memicu pusing.

  1. Gula darah rendah

Tubuh membutuhkan gula (juga dikenal sebagai glukosa) untuk energi. Ketika kadar gula darah turun, Anda bisa menjadi pusing, gemetar, dan lelah.

Gula darah rendah sering kali merupakan efek samping dari insulin dan obat lain yang digunakan untuk mengobati diabetes. Obat-obatan ini menurunkan gula darah, tetapi jika dosisnya tidak tepat, gula darah bisa turun terlalu banyak.

Anda juga bisa mengalami gula darah rendah meskipun tidak memiliki diabetes. Hal ini dapat terjadi jika Anda belum makan atau minum alkohol tanpa makan. Selalu penuhi kebutuhan karbohidrat Anda demi mengatasi masalah ini.

Untuk menstabilkan gula darah rendah, konsumsilah sumber karbohidrat. Anda juga bisa minum segelas jus buah atau makan permen. Setelah itu, siapkanlah makanan sehat untuk meningkatkan kadar gula darah Anda.

  1. Tekanan darah rendah

Ketika tekanan darah menurun, Anda juga dapat mengalami pusing. Gejala lainnya meliputi mual, haus, penglihatan kabur, napas cepat atau pendek, kulit pucat, dan sulit berkonsentrasi.  Hal-hal yang dapat menyebabkan tekanan darah menurun, antara lain masalah jantung, obat-obatan, cedera serius, dehidrasi, dan kekurangan vitamin.

Cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tekanan darah Anda kembali normal adalah dengan memperbanyak asupan garam dan minum air yang banyak untuk meningkatkan volume darah.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Anemia

Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Ketika Anda mengalami anemia, tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah, atau sel-sel itu tidak dapat berfungsi dengan baik. Alhasil Anda akan merasa pusing.

Selain pusing, anemia juga dapat memicu napas pendek, lemah, detak jantung yang cepat, tangan atau kaki dingin, kulit pucat, dan nyeri dada.

Anemia dapat disebabkan oleh pendarahan, kekurangan nutrisi, dan kegagalan sumsum tulang. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter.

  1. Sakit kepala migrain

Sakit kepala migrain bisa berkaitan erat dengan kondisi pusing Anda. Migrain umumnya datang begitu intens dan berdenyut serta berlangsung selama beberapa jam, bahkan hitungan hari. Gejala lainnya meliputi mual, muntah, hingga badan lemas.

Menghindari pemicu migrain seperti alkohol, kafein, dan produk susu adalah salah satu cara untuk mencegah sakit kepala ini. Biasanya penderita migrain mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan nyeri. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

  1. Pengaruh obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan pusing dan kelelahan sebagai efek samping. Jenis obat tersebut, antara lain antidepresan, antikejang, penurun tekanan darah, relaksan otot, hingga obat tidur. Karena itu, penting untuk menanyakan mengenai efek samping obat yang dokter resepkan kepada Anda.

Jika Anda menggunakan salah satu dari obat-obatan yang sudah disebutkan dan mengalami pusing, tanyakan kepada dokter apakah harus menurunkan dosis atau beralih ke obat lain. Kondisi setiap orang berbeda-beda, sehingga cara penanganannya pun tidak sama.

Sudah menemukan penyebab pusing Anda? Jika iya, segera atasi dengan langkah yang tepat. Kalau belum, konsultasikan dengan dokter agar bisa didiagnosis., terutama bila Anda sering sekali mengalami pusing. Biasakan pula untuk menerapkan hidup sehat seperti olahraga, makan makanan bergizi, dan minum cukup air.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar