HomeIbu Dan anakKehamilanPendarahan Implantasi, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya?
Kehamilan

Pendarahan Implantasi, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

Siti Putri Nurmayani, 09 Sep 2023

Ditinjau Oleh dr. Alberta J.G.

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bercak darah, atau perdarahan implantasi, tidak selalu tanda haid. Bisa jadi itu adalah tanda kehamilan.

Pendarahan Implantasi, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

Selama ini, banyak yang mengira jika mual dan muntah merupakan gejala awal dari kehamilan. Meski benar, namun terdapat banyak tanda awal kehamilan, salah satunya adalah perdarahan implantasi

Bila kamu sedang menanti kehamilan dan menemukan bercak darah berwarna kecokelatan, ini bisa menjadi salah satu indikasi kehamilan. Lantas, berapa banyak darah implantasi? Yuk, cari tahu serba-serbi perdarahan implantasi lewat artikel di bawah ini. 

Apa Itu Perdarahan Implantasi?

Disampaikan dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons, perdarahan implantasi adalah jenis perdarahan yang terjadi di awal kehamilan dan tidak berbahaya. 

“Beberapa dokter percaya bahwa perdarahan implantasi disebabkan oleh embrio yang menempel ke dinding rahim. Kondisi ini sering disalahartikan sebagai menstruasi,” ujarnya.

Sayangnya, tidak semua orang mengalami perdarahan implantasi. Namun, implantasi adalah tanda normal dari kehamilan yang tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab Perdarahan Implantasi

Mungkin, banyak yang penasaran, kapan darah implantasi keluar? Menurut dr. Alberta, kondisi perdarahan ini umumnya terjadi pada 6-12 hari setelah pembuahan 

Dikutip dari Cleveland Clinic, proses perdarahan implantasi diawali dari sel sperma yang membuahi sel telur. 

Nantinya, sel telur yang telah dibuahi (embrio) akan menempel ke dalam lapisan rahim atau endometrium. Melekatnya embrio di dinding rahim dapat memicu terganggunya pembuluh darah, sehingga menyebabkan terjadinya perdarahan implantasi. 

Artikel Lainnya: Perbedaan Antara Perdarahan Normal dan Berbahaya Saat Hamil

Ciri-Ciri Perdarahan Implantasi

Karena sulit untuk membedakannya, terkadang perdarahan implantasi sering dianggap sebagai menstruasi. Berikut ciri perdarahan implantasi:

1. Perdarahan Sedikit

Beberapa orang mungkin penasaran, apakah darah implantasi bisa banyak dan apakah darah implantasi berlendir? Menurut The National Institute of Health, pendarahan implantasi umumnya sangat ringan atau hanya muncul bercak. 

Sedangkan pada menstruasi, biasanya semakin lama perdarahan yang keluar akan semakin deras dan bergumpal.

2. Warna Darah yang Terang

Perbedaan darah haid dan darah implantasi juga bisa dilihat dari warna darah. Umumnya, tanda implantasi biasanya dapat dilihat dari bercak darah yang keluar akan berwarna lebih terang dan cenderung memiliki semburat merah muda. Sementara warna darah menstruasi akan berwarna merah gelap.

3. Durasi Perdarahan Singkat

Ciri-ciri perdarahan hamil biasanya berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari. Meski lamanya waktu perdarahan implantasi bervariasi pada setiap orang, namun sangat jarang perdarahan ini akan bertahan lebih dari tiga hari.

4. Kram Ringan

Terkadang, perdarahan menstruasi juga disertai dengan gejala kram yang sangat ringan. Akan tetapi, kram ini biasanya tidak muncul secara intens daripada nyeri haid

Perdarahan implantasi biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika kamu merasa khawatir, jangan sungkan untuk menghubungi dokter sebagai langkah untuk #JagaSehatmu.

Supaya lebih praktis, gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi dengan dokter kandungan. Jangan lupa, unduh juga aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan yang lengkap. 

(NM)

Tanda Kehamilanhamil ektopik

Konsultasi Dokter Terkait