Sukses

Rutin Minum Air Jeruk Lemon Bisa Atasi Mag?

Rutin minum air jeruk lemon digadang-gadang sebagai cara ampuh untuk mengatasi mag. Mitos atau fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki mag, mungkin sudah mencoba bermacam-macam obat untuk mengatasinya. Sebagian kasus bisa hilang sempurna, sebagian kasus tidak. Salah satu cara yang sering digadang-gadang dapat mengatasi mag adalah dengan rutin minum air jeruk lemon. Dari sudut pandang dunia medis, apakah itu memang ampuh?

Mag merupakan gangguan kesehatan yang sangat sering terjadi. Diperkirakan sebanyak 25%-40% orang dewasa bisa mengalami gejala mag dalam 1 tahun. Mag bisa muncul sekalipun tidak ada kelainan organik (misalnya perlukaan) di dinding lambung. Penanganannya lebih terfokus pada perubahan gaya hidup dan pemberian obat-obatan.

Gaya hidup memang berkaitan dengan mag. Beberapa bentuk makanan, minuman, atau obat-obatan bisa mencetuskan mag. Beberapa penyebab mag yang sering dijumpai, antara lain:

  • Makan berlebihan atau makan terlalu cepat
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, atau pedas
  • Terlalu banyak minum kafein, alkohol, atau minuman berkarbonasi
  • Merokok
  • Kecemasan
  • Beberapa jenis antibiotik, pereda nyeri, dan suplemen besi

Mag juga bisa terjadi akibat adanya penyakit. Misalnya peradangan dinding lambung, luka di lambung atau usus 12 jari, penyakit Celiac, kanker lambung, hingga kekurangan aliran darah di usus.

Air jeruk lemon dan mag

Lalu, apakah air jeruk lemon benar-benar ampuh menjadi cara mengatasi mag? Sayangnya, kabar yang selama ini beredar tersebut tidak benar alias mitos. Air jeruk lemon yang bersifat asam justru dapat menambah iritasi dinding lambung yang terjadi pada mag. Begitu pula ketika terjadi perlukaan di dinding lambung, tentunya keasaman air jeruk lemon akan memperberat kondisi tersebut.

Sama halnya seperti luka di jari tangan yang terkena air asam dari jeruk lemon. Kira-kira, rasanya akan tidak nyaman, bukan? Prinsip yang sama berlaku untuk konsumsi air jeruk lemon bagi penderita mag, terutama mag yang dilandasi kelainan berupa iritasi dan perlukaan dinding lambung.

Maka, untuk mengatasi mag, dunia medis tetap berpegang pada perbaikan gaya hidup dan penggunaan obat-obatan. Hindarilah berbagai kebiasaan yang dapat mencetuskan gejala mag, dengan cara:

  • Makan secukupnya dan jangan berlebihan. Bila muncul rasa tidak nyaman, pola makan bisa diganti menjadi small frequent feeding (makan porsi kecil namun lebih sering).
  • Batasi jenis makanan dan minuman yang tidak mengandung gas (misalnya beberapa jenis sayuran seperti kol dan sawi, kopi, teh, alkohol, dan minuman berkarbonasi).
  • Batasi konsumsi makanan tinggi lemak.
  • Sebaiknya menghindari makanan yang terlalu pedas.
  • Hindari alkohol.
  • Konsultasi mengenai penggantian jenis obat, jika Anda merasa penggunaan obat tersebut mencetuskan mag Anda.
  • Manajemen stres yang baik, karena stres psikologis dapat menimbulkan gejala mag.

Selain perbaikan gaya hidup, pada gejala mag yang mendadak dan tidak tertahankan, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang bisa dibeli bebas di apotek. Jenis obat mag tersedia dalam bentuk tablet maupun sirup; keduanya sama baiknya untuk Anda gunakan. Bila gejala mag sudah cukup berat, Anda mungkin membutuhkan obat-obatan untuk diminum rutin setiap harinya. Pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan secara jangka panjang.

Demikian pembahasan seputar air jeruk lemon dan cara mengatasi mag. Ternyata, air jeruk lemon untuk pengobatan mag hanyalah mitos belaka. Sampai terdapat penelitian yang benar-benar membuktikan manfaatnya, sebaiknya air jeruk lemon tidak digunakan rutin untuk mengatasi mag. Perbaikan gaya hidup dan obat-obatan menjadi dua pilar utama dalam pengobatan mag.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar