Sukses

Ini Dia Manfaat Yoga untuk Anak

Si Kecil ingin ikut Anda berlatih yoga? Perbolehkan saja! Sebab, ada sejumlah manfaat di balik latihan yoga untuk anak.

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini, yoga kerap dianggap hanya cocok dilakukan orang dewasa karena melingkupi meditasi, teknik pernapasan, hingga fleksibilitas tubuh. Padahal, yoga bisa diterapkan untuk semua usia, termasuk anak-anak. Jika suatu hari anak ingin mencoba yoga, jangan dilarang. Pasalnya, latihan yoga untuk anak bisa membawa manfaat untuk si Kecil.

“Memperkenalkan yoga kepada anak sejak usia dini dapat membantu mereka mempelajari kebiasaan pola hidup yang sehat, serta membangun fondasi yang baik agar mereka bisa terus hidup sehat hingga ia dewasa kelak,” kata dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, membenarkan.

Berbagai manfaat anak berlatih yoga

Dilansir dari Very Well Fit, karena masih dalam masa pertumbuhan, kemampuan motorik anak perlu dilatih. Nah, dengan ikut berlatih yoga, anak akan dilatih untuk lebih sadar dalam mengoordinasikan gerak tubuh mereka. Instruksi pada latihan yoga tidak terlalu cepat, sehingga memudahkan anak untuk memahami dan mengikuti instruksi dengan baik.

Tak cuma itu, anak-anak yang kerap disibukkan oleh tugas sekolah juga bisa melepas stres dengan berlatih yoga. Ketimbang mereka melampiaskan kelelahan hanya dengan internetan di tempat tidur atau bermalas-malasan, lebih baik berlatih yoga agar mereka bisa melepaskan ketegangan otot sekaligus mengatur napas dalam.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Nitish. Menurutnya, yoga dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dan meningkatkan keseimbangannya.

Yoga pun dinilai dapat membantu anak berkonsentrasi dengan baik. “Salah satu penelitian juga menunjukkan, anak yang melakukan yoga cenderung lebih bisa berkonsentrasi di sekolah, sehingga bisa mendapatkan nilai pelajaran yang lebih baik,” jelas dr. Nitish.

Untuk anak yang kurang memiliki rasa percaya diri dan memiliki masalah kecemasan, yoga dapat membantu mereka untuk lebih relaks. Ketika mereka relaks, otomatis, mereka akan lebih berani dalam bertindak ataupun memutuskan sesuatu.

Biasanya, anak-anak yang kurang cocok dengan olahraga permainan akan menggemari yoga setelah mencobanya. Ini karena yoga merupakan aktivitas fisik yang menenangkan dan tidak bersifat kompetitif.

Pada sebagian anak, olahraga permainan bisa dirasakan sangat melelahkan. Bukan hanya melelahkan secara fisik, tapi juga mental. Tak jarang mereka pulang ke rumah dengan perasaan tak nyaman.

Berbeda halnya bila si Kecil berlatih yoga. Yoga akan memberikan sensasi berbeda karena di dalam yoga, mereka diajarkan untuk mencintai tubuh mereka sendiri serta peka terhadap lingkungan sekitar. Ketika mereka mencapai usia remaja, yoga dapat membantu mereka menghadapi segala perubahan tubuh. Tak hanya itu, mereka juga diharapkan bisa lebih tenang dalam menghadapi tekanan baik di lingkungan akademik maupun sosial.

1 dari 2 halaman

Daftarkan si Kecil ke kelas yoga khusus anak

Anak sudah diperbolehkan mengikuti latihan yoga saat usianya menginjak 3 tahun. Di beberapa kota besar pun sekarang cukup banyak studio yoga yang membuka kelas untuk usia balita dan sekolah dasar.

Yoga untuk anak tentu berbeda dengan yoga untuk dewasa. Pada yoga anak, gerakan akan dipadukan dengan menari dan menyanyi. Anak-anak lebih memiliki energi yang “informal” ketimbang orang dewasa. Bila yoga dilakukan terlalu serius, pasti anak-anak tak tertarik dan merasa bosan. Karenanya, pastikan instruktur kelas yoga anak berpengalaman dan tersertifikat.

Anak-anak memang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Namun, bila usianya belum di atas 8 tahun, biasanya mereka tidak akan melakukan pose yoga dengan benar. Untuk itu, sebaiknya dampingi anak saat ia berlatih yoga demi mencegah terjadinya cedera.

Tak perlu memaksa mereka untuk berhasil melakukan pose yang sulit. Yang terpenting, mereka bisa melatih napas dalam dan melakukan beberapa gerakan sederhana. Ingat, tujuan utama yoga untuk anak adalah kesehatan psikis dan perkembangan motorik kasar mereka. Ketika usianya menginjak 9 atau 10 tahun, barulah mereka mulai memahami instruksi pose yoga yang lebih kompleks.

Jika si Kecil mulai tertarik berlatih yoga untuk anak, sambutlah dengan baik. Daftarkan ia ke kelas yoga anak terdekat. Jika memungkinkan dampingi ia. Dengan antusiasme anak dalam berlatih yoga, diharapkan berbagai manfaat yang dipaparkan di atas bisa ia peroleh sehingga turut mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Anda sebagai orang tua pun jangan kalah semangat, ya, agar anak juga akan tetap termotivasi!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar