Sukses

4 Tips Sehat untuk Para Pekerja Lepas

Dengan waktu kerja yang tak menentu, para pekerja lepas wajib menjaga kesehatan agar tak mudah sakit. Simak beberapa tips sehat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Para pekerja lepas alias freelancer biasanya tidak terikat dengan jam kantor yang kaku, misalnya dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Dengan jangka waktu tersebut, tentu sebagai pekerja lepas, Anda lebih bebas dalam mengerjakan segala tugas yang diberikan. Jika Anda saat ini berprofesi sebagai pekerja lepas, maka ketahui tips sehat yang sebaiknya dilakukan, agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Fleksibilitas waktu adalah salah satau hal yang menjadi pertimbangan seseorang memilih menjadi pekerja lepas. Anggapan bahwa bekerja 8 jam sehari di kantor bisa berpengaruh buruk pada kesehatan, juga menjadi pertimbangan.

Sebuah studi di Australian National University menemukan bahwa bekerja lebih dari 39 jam per minggu ternyata buruk bagi kesehatan Anda. Melihat kondisi ini dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter memberi pemaparan.

“Menghabiskan banyak waktu untuk bekerja mungkin dapat mengurangi waktu Anda untuk melakukan hal lain yang baik bagi kesehatan, seperti olahraga atau konsumsi makanan bergizi. Selain itu, sering kali Anda mengorbankan waktu istirahat demi lembur di kantor. Hal ini dapat membahayakan tubuh,” ujarnya.

Meski bekerja sebagai freelancer membuat Anda bisa mengatur waktu Anda sendiri, namun sering kali, fleksibilitas waktu justru cenderung mengarah pada pemanfaatan waktu secara tidak teratur. Nah, bagi para pekerja lepas, lakukan sederet tips sehat berikut ini agar tubuh Anda tak lantas tumbang akibat waktu kerja yang tidak teratur:

  1. Atur jam kerja secara reguler

Meskipun menjadi pekerja lepas, sebaiknya aturlah jam kerja secara reguler agar Anda masih bisa membagi waktu untuk melakukan kegiatan lain seperti menjalankan hobi serta beristirahat. Tak lupa, Anda juga butuh olahraga di waktu senggang.

Perlu disadari bahwa menetapkan batas bekerja sangatlah penting. Tanpa penataan jadwal secara rapi, pekerjaan akan memengaruhi kualitas hidup Anda. Alhasil, produktivitas sehari-hari juga akan menurun.

  1. Menyusun skala prioritas

Ketika memiliki banyak hal yang harus dikerjakan, Anda pasti sering bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Terkadang, bila tidak terorganisir dengan baik, bisa saja ada pekerjaan yang terlupakan. Untuk memudahkan, susun skala prioritas pada secarik kertas atau buat catatan di gadget Anda.

Identifikasi satu per satu tugas mana yang harus lebih dulu diselesaikan, dimulai dari yang paling mendesak. Cara ini akan membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Bila ada sisa waktu, gunakan untuk hal lain seperti beristirahat atau melakukan hobi Anda.

  1. Jangan sepelekan waktu istirahat

Istirahat sama pentingnya dengan produktivitas dalam bekerja. Meluangkan waktu untuk istirahat sebentar saja bisa bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh Anda.

Biasanya, pekerja lepas sering menyelesaikan tugas mendekati tenggat waktu, karena tidak memiliki waktu yang teratur untuk bekerja. Akibatnya, pekerja lepas kerap lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya sehingga waktu untuk beristirahat pun terganggu.

Bila Anda mengalami kondisi tersebut, ada beragam cara untuk istirahat selain tidur. Berjalan-jalan atau sekadar duduk di taman, atau bermeditasi sangat efektif untuk mengistirahatkan diri usai mengerjakan tugas-tugas yang ada. Melakukan hal-hal yang Anda sukai juga cukup ampuh memperbaiki suasana hati yang kusut akibat pekerjaan.

  1. Hentikan kebiasaan multitasking

Kebiasaan multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam satu waktu tampaknya akan mengoptimalkan penyelesaian tugas. Namun faktanya, hal tersebut justru bisa membuat Anda kehilangan fokus. Akibatnya, pekerjaan pun tidak diselesaikan dengan maksimal.

Faktanya, otak lebih efisien dan produktif ketika Anda fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Monotasking adalah metode yang paling baik untuk bekerja agar bisa lebih fokus, termasuk dalam memanfaatkan energi Anda. Tak jarang, mereka yang memaksakan diri untuk multitasking malah keteteran dalam semua hal.

Bagi Anda para pekerja lepas, meski jam kerja yang dimiliki cukup fleksibel, bukan berarti Anda bebas untuk lembur hingga pagi. Ikuti berbagai tips sehat di atas agar kesehatan tetap terjaga sekaligus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar