Sukses

Mikha Tambayong, Inspirasi Hidup Sehat bagi Generasi Milenial

Kesehatan tidak dibangun secara instan. Untuk itu, Mikha Tambayong mengajak generasi milenial untuk hidup sehat dari sekarang.

Klikdokter.com, Jakarta Cantik, muda dan berprestasi, rasanya tidak cukup untuk menggambarkan tentang sosok Mikha Tambayong. Selain itu, aktris, model sekaligus penyanyi ini juga inspiratif. Maka tidak salah jika Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menunjuknya sebagai Duta YJI yang baru. Lewat peran barunya itu, Mikha diharapkan bisa memberikan inspirasi tentang hidup sehat untuk generasi milenial saat ini.

Dalam sebuah acara yang digelar Yayasan Jantung Indonesia (YJI) beberapa waktu lalu KlikDokter sempat berbincang dengan artis serbabisa ini. Sebagai Duta YJI baru menggantikan Susan Bachtiar, wanita kelahiran 15 September 1994 ini dengan ramah membagikan pengalaman pribadi yang diharapkannya dapat menginspirasi banyak orang.

Mikha menginspirasi lewat media sosial

Di era sekarang, sebenarnya mudah sekali untuk menyebarkan sesuatu yang positif secara masif. Berkat kecanggihan internet, gawai, dan maraknya penggunaan media sosial, segala informasi bisa tersampaikan dengan mudah. Kondisi ini tentu mampu  mengubah pola pikir serta gaya hidup masyarakat. Sebagai pengguna media sosial yang sangat aktif, Mikha memahami betul hal itu.

Dan rupanya, aktivitas Mikha dalam memanfaatkan media sosial secara positif itulah yang menjadi salah satu alasan YJI mengangkatnya sebagai duta. Mikha tentu diharapkan bisa menginspirasi banyak orang, terutama generasi milenial yang menjadi follower-nya.

“Rutinitas pola hidup sehat yang aku jalani tinggal diunggah. Selanjutnya aku bisa berinteraksi langsung dengan para follower,” jelas wanita yang mengawali kariernya dari ajang pemilihan Gadis Sampul itu.

Selain menyebarkan informasi gaya hidup sehat, Mikha juga dituntut untuk melakukan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini. Beragam aktivitas kampanye jantung sehat ke banyak kota di Indonesia juga harus dilakukan Mikha bersama YJI.

Mikha mengakui lebih mudah memberikan inspirasi hidup sehat bagi orang lain – seperti para follower – daripada mengajak orang-orang di sekitarnya. Kendati demikian, kesulitan itu tak membuatnya menyerah.

“Yang terpenting, aku harus konsisten menerapkan pola hidup sehat. Tidak perlu banyak bicara karena toh nanti mereka yang akan lihat sendiri hasilnya. Dan lama-kelamaan mereka akan ikut juga,” kata Mikha.

1 dari 2 halaman

Pola hidup sehat jadi bagian diri Mikha sejak lama

Menerapkan pola hidup sehat terutama di kalangan pekerja seni muda seperti dirinya – diakui oleh Mikha – memang cukup sulit. Sebab, biasanya seniman memiliki jam tidur yang kurang dan pola makan yang berantakan.

Namun, jauh sebelum menjadi Duta YJI, Mikha sudah rutin menjalankan pola hidup sehat. Bagi Mikha, menjadikan olahraga sebagai aktivitas fisik rutin dan memperhatikan pola makan sudah menjadi gaya hidupnya sehari-hari. Ia melakukannya tidak untuk mengikuti tren demi menurunkan berat badan, seperti kebanyakan orang.

Menurutnya, jika dua kebiasaan itu sedari awal dijalankan dengan niat untuk sehat (tidak hanya untuk penampilan dan gaya), pasti akan menunjukkan hasil yang maksimal.

Mikha sendiri tergolong penggemar aktivitas olahraga. Sejak dulu, ia sudah terbiasa aktif bergerak hingga tubuhnya tidak mudah gemuk. Olahraga yang biasa dilakukannya adalah joging, berenang, boxing, zumba, hingga crossfit.

“Banyak sekali olahraga yang sudah saya coba. Pokoknya bergerak terus. Apa saja, pokoknya biar tidak bosan.” kata Mikha.

Namun terkadang karena kesibukannya, Mikha pun tidak sempat berolahraga. Untuk mengakalinya Mikha lalu memperbanyak asupan makanan bergizi. Termasuk, setiap pagi sebelum beraktivitas, Mikha rutin membuat jus buah ataupun jus sayur.

“Saya berusaha menyeimbangkan semuanya,” kata Mikha yang mengaku terkadang masih mau menikmati makanan pencuci mulut dan junkfood.

Meski demikian, Mikha yang semasa kecil kerap sakit-sakitan selalu berusaha  konsisten menjalankan gaya hidup sehatnya. Organ parunya yang sempat bermasalah pernah mengharuskannya bolak-balik berobat ke rumah sakit dalam waktu yang cukup lama.

“Jadi aku tahu kalau sakit itu tidak enak dan sangat merepotkan, makanya sekarang aku menerapkan pola hidup sehat. Dan puji syukur sekarang sehat-sehat saja,” kata Mikha.

Oleh karena itulah, Mikha Tambayong  sadar betul bahwa hidup sehat tidak bisa didapat secara instan. Butuh proses bertahun-tahun yang harus dijalankan secara konsisten. Baginya, menginspirasi generasi milenial untuk hidup sehat juga bukan hal yang mudah. Tapi ia berharap beragam aktivitas sehat dan positif yang dibagikannya lewat media sosial kepada khalayak – termasuk para follower-nya – bisa menjadi inspirasi hidup sehat bagi semuanya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar