Sukses

Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

Tak tahu bagaimana cara merawat rambut supaya panjang, sehat, dan tidak rontok? Tenang saja, ada banyak langkah mudah yang bisa Anda lakukan!

Cara merawat rambut panjang dan sehat merupakan salah satu informasi yang sering dicari kaum hawa. Pasalnya, tak mudah untuk memiliki rambut panjang yang sehat. Kalaupun bisa tumbuh panjang, masalah seperti rambut rontok kerap mengintai.

Tak mau ribet mengurusnya, akhirnya banyak wanita yang memutuskan memotong pendek rambut mereka. Ya, saat rambut dipotong pendek, masalah seperti kerontokan biasanya akan berkurang. Tapi tak jarang, masalah tersebut tidak benar-benar hilang.

Sekalipun rambut pendek, masalah kerontokan tetap bisa muncul. Bila rambut yang rontok lebih dari 100 helai, maka kerontokan terbilang tak normal.

Lalu bagaimana bila Anda benar-benar mendambakan rambut panjang dan sehat? Ada trik khusus yang perlu dilakukan secara rutin agar rambut terpelihara dengan baik.

Artikel Lainnya: Rambut Panjang Bikin Rontok Makin Parah?

1 dari 2 halaman

Cara Memiliki Rambut Panjang dan Sehat

Sebenarnya tak sedikit pula wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu berjam-jam di salon demi keindahan rambutnya.  Jika memang punya anggaran untuk perawatan di salon, tentu sah-sah saja dilakukan.

Tapi, kalau Anda ingin cara yang lebih bersifat ‘rumahan’, murah, dan praktis, berikut ini ada cara merawat rambut panjang agar selalu sehat, berkilau, dan bebas masalah (rontok, kusam, dan berketombe).

  • Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi memainkan peranan terpenting bagi kesehatan rambut. Anda dianjurkan memperbanyak makanan yang mengandung asam amino, seperti kacang-kacangan, daging sapi, unggas, quinoa, dan brokoli.

Asam amino berkontribusi pada pertumbuhan rambut dengan mengoptimalkan produksi keratin dan kolagen. Hal tersebut juga memperkuat folikel dan menyediakan zat gizi penting untuk rambut.

Selain itu, Anda perlu menjaga asupan gizi, seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin B, omega-3, seng, selenium, magnesium, dan vitamin D.

Cara merawat rambut dengan mengombinasikan nutrisi tersebut terbukti mampu menghentikan kerontokan dan membuat rambut Anda sehat. Bila perlu, konsumsi suplemen untuk rambut.

Artikel Lainnya: Sebelum Transplantasi Rambut, Ketahui Ini Dulu

  • Hindari Stres Berlebihan

Stres fisik maupun psikis dapat memicu segala macam perubahan dalam tubuh, termasuk kerontokan rambut. Tanpa gangguan seperti stres, sekitar 80 persen rambut akan tumbuh subur.

Ketika stres besar terjadi, ada perubahan dalam siklus pertumbuhan rambut yang membuat produksi folikel terbatas. Anda bisa meredam stres dengan meditasi, yoga, berolahraga, serta melakukan hobi.

  • Gunakan Topi saat Keluar Rumah di Siang Hari

Rambut yang berada di bagian paling atas rentan terkena sinar ultraviolet. Paparan sinar tersebut terbukti menyebabkan kerusakan pada rambut secara perlahan.

Selain itu, paparan radikal bebas di lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan stres oksidatif juga berdampak pada kesehatan rambut Anda, lho.

Kenakan topi untuk mengurangi jumlah kerusakan rambut yang ditimbulkan oleh ultraviolet dan kondisi lingkungan sekitar. Apalagi saat pergi ke tempat terbuka dan panas, seperti pantai.

  • Jauhkan Rambut dari Alat Pemanas

Cara selanjutnya untuk merawat rambut supaya panjang dan sehat adalah dengan menjauhkannya dari alat-alat pemanas. Contohnya catokan, hair dryer, pengeriting, dan sejenisnya.

Alat-alat tersebut bisa membuat rambut kering dan rontok. Banyak ahli menyebutkan, proses penataan atau pengeringan rambut seperti itu merupakan penyebab kerusakan rambut terbesar.

Bila Anda ingin rambut tumbuh lebat dan sehat, mulailah untuk mengurangi kebiasaan menggunakan alat pemanas pada rambut.

Artikel Lainnya: Sering Cuci Rambut Picu Menopause Dini, Mitos atau Fakta?

  • Hindari Produk Kimia yang Merusak Rambut

Melakukan pengeritingan rambut, mengecat, ataupun meluruskan rambut dengan menggunakan bahan-bahan kimia lebih baik dihindari. Bahan-bahan kimia ini dapat merusak tekstur rambut dan membuatnya kasar, lalu cepat patah.

  • Merawat dengan Bahan Alami

Anda dapat melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami di rumah. Contohnya, dengan menggunakan gel lidah buaya, kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan alami ini sejak dahulu telah digunakan nenek moyang kita untuk melebatkan, menghitamkan, serta menghaluskan rambut.

  • Memotong Ujung Rambut secara Rutin

Ujung rambut merupakan bagian yang mudah bercabang dan rusak. Bila Anda membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan dapat merambat ke bagian rambut yang masih sehat.

Jadi, potonglah ujung rambut setiap 10-12 minggu sekali. Bila Anda tipikal orang yang sering melakukan proses pemanasan rambut atau pewarnaan, potonglah ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.

  • Jangan Terlalu Sering Keramas

Ada yang mengatakan bahwa cara merawat rambut panjang adalah dengan keramas setiap hari. Padahal, bukan begitu.

Keramas setiap hari hanya baik dilakukan jika Anda pemilik rambut berminyak. Untuk jenis rambut normal atau cenderung kering, disarankan untuk keramas dua kali seminggu.

Mengapa demikian? Sebab, bila terlalu sering dikeramas, kondisi rambut justru akan semakin kering.

Artikel Lainnya: Rambut Menipis, Atasi dengan Cara Ini

  • Sisir Rambut dengan Hati-hati

Menyisir masih menjadi salah satu cara paling mudah untuk merawat rambut panjang.

Ketika menyisir rambut, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut kusut. Kalau sudah tak kusut, Anda bisa menggunakan sisir yang lebih rapat.

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan dahulu dengan handuk, aplikasikan vitamin rambut, lalu tunggu sampai setengah kering. Saat rambut mulai mengering, sisir rambut dari bagian akar hingga ke ujung.

Merasa gerah dengan rambut yang panjang? Ikat saja rambut Anda. Tapi, ingat! Hindari mengikatnya terlalu kencang karena bisa merusak folikel rambut.

  • Kunjungi Dokter

Sudah mencoba semua tips di atas, tetapi hasilnya belum maksimal? Kalau begitu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Terutama jika masalah rambut rontok tak kunjung hilang.

Dokter akan membantu mencari penyebab masalah pada rambut Anda. Bisa saja Anda mengalami gangguan kesehatan pada kulit kepala atau akar rambut.

Itu dia cara merawat rambut panjang agar rambut tersebut sehat dan terhindar dari beragam masalah. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara konsisten.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan cara di atas dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, tidak minum alkohol berlebihan, serta cukup istirahat.

Masih ada pertanyaan seputar cara memanjangkan rambut dengan sehat atau kondisi medis lainnya? Langsung saja konsultasikan hal tersebut pada kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(AM/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar