HomeInfo SehatKulitCara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat
Kulit

Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

dr. Vika Damay, 21 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak tahu bagaimana cara merawat rambut supaya panjang, sehat, dan tidak rontok? Tenang saja, ada banyak langkah mudah yang bisa Anda lakukan!

Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

Cara merawat rambut panjang dan sehat merupakan salah satu informasi yang sering dicari kaum Hawa. Pasalnya, tak mudah untuk memiliki rambut panjang yang sehat. Kalaupun bisa tumbuh panjang, masalah seperti rambut rontok kerap mengintai. 

Karena tak mau repot mengurusnya, akhirnya banyak wanita yang memutuskan memotong pendek rambut mereka. Tapi tak jarang, masalah tersebut tidak benar-benar hilang.

Sebenarnya, tidak sedikit pula wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu berjam-jam di salon demi keindahan rambutnya.

Padahal, ada, lho, cara merawat rambut panjang agar tidak rontok tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi memainkan peranan terpenting bagi kesehatan rambut. Anda dianjurkan memperbanyak makanan yang mengandung asam amino, seperti kacang-kacangan, daging sapi, unggas, quinoa, dan brokoli.

Asam amino berkontribusi pada pertumbuhan rambut dengan mengoptimalkan produksi keratin dan kolagen. Hal tersebut juga memperkuat folikel dan menyediakan zat gizi penting untuk rambut.

Selain itu, Anda perlu menjaga asupan gizi, seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin B, omega-3, zink, selenium, magnesium, dan vitamin D.

Kombinasi nutrisi tersebut terbukti mampu menghentikan kerontokan dan membuat rambut Anda sehat. Bila perlu, Anda bisa konsumsi suplemen untuk rambut.

Artikel Lainnya: Tips Merawat Rambut untuk Lansia

2. Hindari Stres Berlebihan

Stres fisik maupun psikis dapat memicu segala macam perubahan dalam tubuh, termasuk kerontokan rambut. Tanpa gangguan seperti stres, sekitar 80 persen rambut akan tumbuh subur.

Ketika stres besar terjadi, ada perubahan dalam siklus pertumbuhan rambut yang membuat produksi folikel terbatas.

Oleh karena itu, hindari stres berlebihan. Anda bisa mengelola stres dengan meditasi, yoga, berolahraga, melakukan hobi, atau berkonsultasi dengan psikolog. 

3. Gunakan Topi Saat Keluar Rumah di Siang Hari

Rambut yang berada di bagian paling atas rentan terkena sinar ultraviolet. Hal ini menyebabkan kerusakan pada rambut secara perlahan.

Selain itu, paparan radikal bebas di lingkungan sekitar berdampak pada kesehatan rambut Anda, lho.

Jadi, salah satu tips merawat rambut panjang yang tak boleh Anda lupakan adalah kenakan topi saat keluar di siang hari. Ini penting untuk mengurangi jumlah kerusakan rambut yang ditimbulkan oleh ultraviolet dan kondisi lingkungan sekitar. 

4. Jauhkan Rambut dari Alat Pemanas

Cara selanjutnya untuk merawat rambut supaya panjang dan sehat adalah dengan menjauhkannya dari alat-alat pemanas. Contohnya catokan, hair dryer, pengeriting, dan sejenisnya.

Alat-alat tersebut bisa membuat rambut kering dan rontok. Banyak ahli menyebutkan, proses penataan atau pengeringan rambut seperti itu merupakan penyebab kerusakan rambut terbesar.

Artikel Lainnya: Jangan Bingung, Ini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Tipis

5. Hindari Produk Kimia yang Merusak Rambut

Melakukan pengeritingan rambut, mengecat, ataupun meluruskan rambut dengan menggunakan bahan-bahan kimia lebih baik dihindari.

Perlu Anda ketahui, bahan-bahan kimia ini dapat merusak tekstur rambut dan membuatnya kasar, lalu cepat patah.

Oleh karena itu, bila memerlukan penggunaan produk rambut, pilihlah yang sealami mungkin supaya terhindar dari bahan kimia berbahaya.

6. Manfaatkan Bahan-Bahan Alami

Anda dapat melakukan perawatan rambut panjang dengan bahan-bahan alami di rumah. Contohnya, dengan menggunakan gel lidah buaya, kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan alami tersebut sudah sejak dahulu digunakan untuk melebatkan, menghitamkan, serta menghaluskan rambut.

7. Memotong Ujung Rambut secara Rutin

Ujung rambut merupakan bagian yang mudah bercabang dan rusak. Bila ujung rambut yang rusak dibiarkan tetap tumbuh, kerusakan bisa meluas ke bagian rambut yang masih sehat.

Potonglah ujung rambut Anda tiap 10-12 minggu sekali. Bila Anda tipikal orang yang sering melakukan proses pemanasan rambut atau pewarnaan, potong ujung rambut tiap 6-8 minggu sekali.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

8. Jangan Terlalu Sering Keramas

Ada yang mengatakan bahwa cara merawat rambut panjang adalah dengan keramas setiap hari. Padahal, tidak demikian.

Keramas setiap hari hanya baik dilakukan jika Anda pemilik rambut berminyak. Untuk jenis rambut normal atau cenderung kering, disarankan untuk keramas dua kali seminggu.

Mengapa demikian? Sebab, bila terlalu sering dikeramas, kondisi rambut justru akan semakin kering.

9. Sisir Rambut dengan Hati-Hati

Menyisir masih menjadi salah satu cara paling mudah untuk menata rambut panjang. Ketika menyisir rambut, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut kusut. 

Kalau sudah tak kusut, Anda bisa menggunakan sisir yang lebih rapat. Selain itu, janganlah menyisir saat rambut masih basah. 

Keringkan dahulu dengan handuk, aplikasikan vitamin rambut, lalu tunggu sampai setengah kering. Saat rambut mulai kering, sisir rambut dari bagian akar sampai ujung.

Merasa gerah dengan rambut yang panjang? Ikat saja rambut Anda. Tapi, ingat! Hindari mengikatnya terlalu kencang karena bisa merusak folikel rambut.

10. Kunjungi Dokter

Sudah mencoba semua tips di atas, tetapi hasilnya belum maksimal? Kalau begitu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika masalah rambut rontok tak kunjung hilang.

Dokter akan membantu mencari penyebab masalah pada rambut Anda. Bisa saja Anda mengalami gangguan kesehatan pada kulit kepala atau akar rambut.

Itu dia tips merawat rambut panjang agar rambut tersebut sehat dan terhindar dari beragam masalah. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara konsisten.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan cara di atas dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, tidak minum alkohol berlebihan, serta cukup istirahat. Selamat mencoba!

Chat langsung dengan dokter seputar kesehatan rambut lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[WA]

Rambut

Konsultasi Dokter Terkait