Sukses

4 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Sehat

Ada beragam jenis buah yang selalu hadir menghiasi Tahun Baru Imlek. Manfaat sehatnya tentu tidak perlu Anda ragukan lagi.

Klikdokter.com, Jakarta Imlek atau Tahun Baru Cina merupakan momen terpenting bagi seluruh masyarakat Tionghoa. Momen ini biasanya dirayakan dengan pemberian angpau, tarian barongsai, dan penggunaan pakaian berwarna merah. Tak cuma itu, beberapa buah juga kerap hadir kala perayaan Imlek dilakukan.

Berbicara tentang buah yang kerap hadir saat perayaan Imlek, manfaat sehat dari buah-buahan itu tidak boleh Anda anggap enteng, lo! Apa saja buah khas Imlek yang disebut sangat bermanfaat tersebut?

  1. Jeruk mandarin

Jeruk mandarin menjadi buah yang selalu hadir kala perayaan Imlek. Dengan ukurannya yang kecil, jeruk jenis ini kerap dijadikan sebagai pilihan utama untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Jeruk mandarin mengandung kalori yang rendah, yaitu 53 kalori per 100 gram. Jeruk berukuran mungil itu juga mengandung vitamin C, yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk membantu pembentukan kolagen, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan risiko kanker, melawan virus, dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

  1. Buah naga

Dengan bentuk yang sangat unik, buah naga menyimpan kadar vitamin C yang tinggi. Karenanya, buah yang menopang nama hewan legendaris ini dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung vitamin B1, B2 dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit serta menjaga kestabilan kadar kolesterol, tekanan darah, maupun fungsi tiroid.  Buah ini juga kaya akan serat, yang sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus, dan Anda pun tak lagi mengalami susah buang air besar.

  1. Anggur

Buah anggur juga menjadi salah satu buah yang sering terhidang saat Imlek tiba. Anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut dengan polifenol. Zat tersebut dapat berperan sebagai anti-peradangan dan anti-karsinogenik (penangkal kanker).

Tak hanya itu, kulit buah anggur merah juga mengandung resveratrol. Ini adalah suatu senyawa polifenol yang terdapat pada tumbuhan dan mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, jamur, dan paparan buruk sinar ultraviolet. Menurut studi yang dipublikasikan oleh the American Society for Microbiology tahun 2016, resveratrol juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Plum

Plum, baik utuh maupun dikeringkan (prune), menjadi salah satu buah khas yang identik dengan Imlek. Layaknya anggur, buah plum juga mengandung antioksidan polifenol. Lebih dari itu, buah plum juga mengandung kadar antosianin yang tinggi. Fakta menyebut, antosianin dalam buah plum dapat berperan menurunkan risiko kanker, peradangan, dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

Di samping itu, buah plum juga rendah kalori dan tinggi serat sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics tahun 2011 menyebut bahwa orang yang mengsumsi 50 gram prune setiap hari selama 3 minggu mengalami perbaikan frekuensi buang air besar dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Itulah beberapa buah yang biasa dihidangkan saat Tahun Baru Imlek. Sebenarnya manfaat sehat buah-buahan tersebut tidak hanya bisa Anda dapatkan saat Imlek. Buah mana yang menjadi favorit Anda? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar