Sehat dan Bugar

7 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Sehat

Firisa Ardianti, 18 Jan 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Ada beragam jenis buah khas Imlek yang selalu hadir memeriahkan momen. Manfaat sehatnya tentu tidak perlu kamu ragukan lagi!

7 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Sehat

Imlek atau Tahun Baru China merupakan salah satu momen terpenting bagi seluruh masyarakat Tionghoa. Momen ini biasanya dirayakan dengan pemberian angpau, tarian barongsai, dan penggunaan pakaian merah. 

Selain itu, buah Imlek adalah contoh sajian sehat yang kerap hadir kala perayaan. Buah khas Imlek biasanya beragam, mulai dari jeruk hingga plum. 

Berikut ini beberapa daftar buah khas Imlek yang dapat menyehatkan kamu dan keluarga tersayang.

1. Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin menjadi buah khas Imlek yang populer. Jeruk mandarin mengandung kalori rendah, yaitu 53 kalori per 100 gram. 

Jeruk berukuran mungil ini juga mengandung vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk membantu pembentukan kolagen, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan risiko kanker, melawan virus, dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

2. Buah Naga

Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Benarkah? (ORLIO/Shutterstock)

Buah naga menyimpan kadar vitamin C yang tinggi. Karenanya, buah ini dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Buah naga juga mengandung vitamin B1, B2, dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, serta menjaga kestabilan kadar kolesterol, tekanan darah, maupun fungsi tiroid. 

Buah ini juga kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus, dan kamu pun tak lagi mengalami susah buang air besar.

Artikel lainnya: Manfaat Merayakan Imlek untuk Kesehatan Mental

3. Anggur

Perayaan kurang lengkap rasanya bila belum ada anggur Imlek. Anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Zat tersebut dapat berperan sebagai anti-peradangan dan antikarsinogenik (penangkal kanker).

Tak hanya itu, kulit buah anggur merah juga mengandung resveratrol. Resveratrol adalah senyawa polifenol pada tumbuhan dan mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, jamur, dan paparan buruk sinar ultraviolet. 

Menurut studi yang dipublikasikan the American Society for Microbiology tahun 2016, resveratrol juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Plum

Plum, baik utuh maupun dikeringkan (prune), menjadi salah satu buah khas Imlek yang segar dan sehat. Layaknya anggur, buah plum juga mengandung antioksidan polifenol. 

Plum juga mengandung kadar antosianin yang tinggi. Antosianin di dalam buah plum dapat berperan menurunkan risiko kanker, peradangan, dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

Di samping itu, plum juga rendah kalori dan tinggi serat sehingga tepat untuk dikonsumsi saat menurunkan berat badan. 

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics menyebutkan, orang yang mengonsumsi 50 gram prune setiap hari selama 3 minggu mengalami perbaikan frekuensi buang air besar dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

5. Apel Merah

Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Kanker

Buah khas Imlek lainnya yang enak dan mudah didapatkan adalah apel merah. Apel merah mengandung banyak nutrisi penting, antara lain serat, vitamin C, kalium, dan vitamin K.

Manfaat apel merah untuk kesehatan antara lain mendukung kesehatan jantung dan otak, berpotensi menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan kanker, serta menyehatkan pencernaan.

Artikel lainnya: Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas? 

6. Nanas

Untuk menyegarkan hari di perayaan Imlek, yuk, konsumsi nanas. Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Manfaat nanas bisa meningkatkan imunitas karena ada kandungan vitamin C dan antioksidan. Selain itu, bisa mengurangi peradangan karena kandungan bromelain.”

Dokter Dyah Novita juga menambahkan, nanas bisa mengatasi gangguan pencernaan karena tinggi serat.

7. Delima

Delima atau pomegranate mengandung tinggi antioksidan yang mampu memproteksi sel tubuh dari zat beracun seperti polusi dan asap rokok.

Tak hanya itu, manfaat delima untuk tubuh dipercaya juga bantu menghambat pertumbuhan kanker prostat. Khasiat delima lainnya adalah menyehatkan jantung.

Itulah beberapa buah khas Imlek yang biasa dihidangkan. Buah mana yang menjadi favoritmu? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan, ya.

Dapatkan info kesehatan lengkap dan tepercaya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa konsultasi lebih cepat lewat Tanya Dokter, #JagaSehatmu! 

(FR/JKT)

Imlek

Konsultasi Dokter Terkait