Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Sakit, tapi Susah Minum Obat? Ini Cara Mengatasinya!

Anak Sakit, tapi Susah Minum Obat? Ini Cara Mengatasinya!

Biasanya anak susah minum obat saat sakit. Padahal anak perlu mengonsumsi obat agar cepat sembuh. Namun tak perlu khawatir, lakukan beberapa cara ini!

Ketika anak sakit, sebagai orang tua pasti Anda merasa kasihan melihat kondisi si Kecil. Namun sayangnya, saat diberi obat si Kecil malah susah minum obat. Padahal, dokter sudah memberitahu bahwa obat-obatan yang diberikan wajib dihabiskan agar cepat sembuh.

Alhasil, pusing yang dirasakan anak akhirnya “berpindah” ke Anda karena kondisi ini. Lalu, bagaimana, ya, caranya agar anak Anda tak lagi susah minum obat?

 

1 dari 2 halaman

Tips Agar Anak Mau Minum Obat

Membujuk anak agar mau minum obat memang bukan perkara mudah. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips agar anak mau minum obat yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Jangan Memaksa Sambil Marah

Saat anak susah minum obat, sebaiknya simpan rasa kesal Anda karena anak-anak tidak suka dipaksa. Apalagi dipaksa untuk menelan benda yang tidak disukai ke dalam mulutnya.  Biarkan si Kecil tetap merasa memiliki kontrol saat minum obat.

Artikel Lainnya: Susah Minum Obat? Jangan Asal Menggerus Obat!

Saat ini Anda mungkin berhasil memaksa anak minum obat dengan marah-marah. Namun lain waktu, anak akan menganggap minum obat sebagai sesuatu yang sangat menakutkan. Cara ini bisa membuat anak semakin keras menolak makan obat.

Daripada memaksa, sebaiknya Anda menjelaskan mengapa ia harus meminum obat tersebut. Meski belum mengerti, si Kecil tetap perlu diberi penjelasan sehingga tidak merasa terabaikan.

2. Berikan Pujian Saat Anak Mau Minum Obat

Salah satu alasan terkuat mengapa anak-anak membenci obat adalah karena rasanya yang pahit. Untuk itu, jika anak Anda sudah mau menelan obatnya, jangan lupa sediakan minuman manis, seperti teh manis, atau air hangat campur madu untuk menetralkan rasa pahit di lidahnya.

Bila sudah berhasil menelan obat, berikan si Kecil pujian sambil mengusap kepalanya. Dengan begitu, ia akan merasa bahwa usaha minum obatnya dihargai oleh orang tuanya dan tidak akan mogok lagi bila memang ada obat yang harus diminum.

Artikel Lainnya: Kiat Jitu agar Bayi Tak Rewel Saat Minum Obat

3. Kulum Es Batu Sebelum Memberi Obat

Cara lainnya untuk mengatasi anak susah minum obat adalah dengan memberikan si Kecil es batu untuk dikulum sebelum minum obat. Cara ini akan membuat lidah mati rasa selama beberapa menit.

Jika si Kecil berusia di atas 2 tahun, Anda bisa memberikan es batu berukuran kecil seperti permen. Setelah mencair, lidah anak akan mati rasa sehingga tidak merasakan rasa pahit dari obat.

4. Berikan Obat dalam Suhu yang Dingin

Meski obat cair (sirup obat) biasanya memiliki rasa yang manis, tetap saja ada anak yang menolak untuk meminumnya. Untuk mengakali hal ini, Anda dapat memberikan obat dalam suhu yang dingin. Sebelum diminum, simpanlah obat tersebut selama 30 menit di dalam kulkas agar tercipta sensasi dingin.

Hal yang perlu diingat adalah jangan menyimpan obat di dalam freezer karena itu dapat merusak zat-zat yang terkandung.

Artikel Lainnya: Menggerus atau Membelah Obat, Mana yang Lebih Baik?

5. Meletakkan Obat Secara Tersembunyi di dalam Makanan atau Minuman

Biasanya obat dicampurkan di dalam bubur atau jus buah agar rasa obatnya tidak terlalu kentara. Cara ini adalah cara terakhir bila si Kecil masih susah minum obat.

Namun perhatikan, tidak semua obat boleh dicampur dengan makanan atau minuman karena bisa mengganggu keefektivitasannya. Jadi, sebelum menerapkan cara ini, Anda mesti berkonsultasi dulu dengan dokter dan apoteker demi mencegah reaksi yang tidak diinginkan.

Memberikan obat pada si Kecil memang gampang-gampang susah. Intinya, jangan mudah menyerah tapi juga jangan marah bila anak susah minum obat. Bagaimanapun, obat adalah hal yang asing bagi mereka.

Sebagai orang tua Anda harus bersabar menghadapi situasi tersebut. Bicarakan pula konsekuensi baik bila mereka minum obat. Katakan, “reward” terbaik jika mereka minum obat adalah bisa sembuh dan kembali aktif bermain. Bila tips yang telah dilakukan belum berhasil, bawalah anak ke rumah sakit agar dokter bisa memberikan obat dengan cara lain selain dengan cara oral.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar kesehatan anak atau masalah lainnya, dapat berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar