Sukses

Kiat Jitu agar Tubuh Fit Saat Melakukan Parade Imlek

Jaga tubuh tetap fit dan bugar saat melakukan parade Imlek dengan melakukan kiat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tahun baru Imlek merupakan momen penting tahunan yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Momen ini juga menjadi ajang berkumpul bersama sanak saudara, kerabat, dan teman. Berkunjung ke rumah sanak saudara dan melakukan "parade” Imlek pun sayang jika dilewatkan. Perjalanan yang jauh, lama, serta menyita waktu seharian saat lakukan parade Imlek dapat membuat kondisi tubuh drop. Ini kiatnya agar tubuh Anda tetap fit saat melakukan parade Imlek.

  • Cukup minum air putih

Air putih merupakan minuman yang paling ideal dan sehat bagi tubuh. Air putih juga tidak mengandung kalori sehingga "aman" dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet.

Kurang minum air putih dapat membuat Anda rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, tubuh bisa menyalahartikan sinyal haus sebagai rasa lapar. Akibatnya, Anda akan mencari makanan atau camilan khas Imlek yang sering kali tinggi kalori. Jadi, sebelum atau saat lakukan parade Imlek, pastikan Anda cukup minum air putih.

  • Perhatikan porsi makan

Perayaan tahun baru Imlek memang hanya datang satu kali setiap tahun. Namun, jangan buat momen Imlek ini sebagai ajang "aji mumpung" Anda menyantap berbagai hidangan Imlek dengan kalap.

Perhatikan porsi makan Anda. Jika ingin mengemil, batasi hanya konsumsi 1 atau 2 buah camilan saja. Saat makan pun gunakan piring kecil dan kunyah makanan lebih lama sehingga porsi makan pun bisa dibatasi.

Makan berlebihan tak hanya dapat membuat berat badan meningkat, tetapi juga dapat menimbulkan rasa begah dan tidak nyaman di perut. Akibatnya, parade Imlek pun bisa menjadi terganggu.

  • Sarapan sebelum berkunjung ke rumah sanak saudara

Sebelum berparade Imlek, sebaiknya Anda sarapan terlebih dahulu di rumah dengan menu yang sehat. Anda dapat sarapan dengan nutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat, seperti roti gandum atau oatmeal.

Karbohidrat kompleks akan mengeluarkan gula di dalam darah lebih lambat dibandingkan dengan makanan yang manis. Selain itu, tambahan serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan akan membuat Anda terhindar dari makan berlebih.

  • Tetap aktif bergerak atau berolahraga

Meski sedang liburan dan merayakan Imlek, bukan berarti Anda juga absen berolahraga. Aktif secara fisik dan berolahraga teratur tak hanya dapat mencegah berat badan meningkat, tetapi juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Usahakan tetap berolahraga minimal 30 menit meski sedang rayakan Imlek. Selain itu, Anda juga bisa aktif bergerak dengan memarkirkan mobil agak jauh dari tempat tujuan (supaya Anda berjalan kaki), mengajak anak atau saudara berjalan-jalan di taman, atau membantu tuan rumah membersihkan sisa piring makan.

  • Tidur yang cukup

Bersenda gurau dengan keluarga atau bermain kartu saat rayakan Imlek tak jarang membuat waktu tidur Anda menjadi lebih larut dari biasanya. Jumlah waktu tidur yang optimal adalah 7-8 jam sehari. Kurang tidur tak hanya membuat tubuh Anda cepat tua, tetapi juga dapat membuat Anda kelelahan di siang hari dan sulit berkonsentrasi.

Selain itu, berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal PLoS Medicine, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap hari 30 persen berisiko mengalami obesitas jika dibandingkan dengan yang tidur 7-9 jam setiap hari. Peneliti menyebutkan orang yang kurang tidur mengalami gangguan hormonal dimana terdapat penurunan hormon leptin (yaitu hormon yang mengatur rasa kenyang dan menekan nafsu makan) dan meningkatkan ghrelin (hormon yang merangsang rasa lapar).

Kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit. Padatnya acara saat merayakan Imlek tentu menuntut kondisi fisik yang sehat. Untuk itu, jagalah tubuh Anda tetap fit saat melakukan parade Imlek dengan melakukan kiat-kiat di atas.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar