Sukses

Waspadai 8 Gejala Kanker pada Pria Berikut Ini

Beberapa penyakit kanker secara khusus menyerang pria. Ketahui berbagai gejala kanker tersebut agar Anda dapat lebih waspada.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara agar kanker bisa sembuh adalah dengan melakukan deteksi dini. Hal ini bisa dilakukan bila mengetahui berbagai gejala kanker. Beberapa jenis kanker secara spesifik menyerang kaum pria, dengan tanda yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi para pria untuk mengenalinya.

Meski demikian, terkadang gejala kanker bisa tidak terdeteksi karena mirip dengan gejala penyakit lainnya.Terlebih lagi, para pria cenderung abai dengan beberapa gejala penyakit kanker hingga menganggap kondisi yang dialaminya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Padahal, gejala kanker yang diketahui sejak dini bisa dapat meningkatkan kemungkinan untuk sembuh. Melansir dari WebMD, berikut ini adalah gejala kanker pada pria yang kerap muncul namun diabaikan:

  1. Masalah saat berkemih

Banyak pria mengalami masalah ketika berkemih. Gejala yang perlu diwaspadai adalah terlalu sering pergi ke kamar mandi, aliran kencing yang lemah, atau terasa sensasi terbakar saat kencing. Kondisi tersebut menandakan gejala kanker prostat, yang juga mirip dengan gangguan kelenjar prostat.

Hal ini diamini oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter bahwa masalah berkemih merupakan gejala awal dari kanker prostat. Pada tahap selanjutnya akan terjadi keluarnya cairan semen yang disertai darah ketika berkemih dan berlanjut pada gangguan ejakulasi.   

  1. Perubahan testis

"Jika Anda melihat adanya benjolan, berat, atau perubahan lain pada testis, jangan pernah menunda untuk memeriksakannya," kata Herbert Lepor, MD, ketua urologi di New York University Langone Medical Center.

Tidak seperti kanker prostat yang tumbuh lambat, kanker testis dapat terjadi dalam semalam. Dokter biasanya akan mencari tahu dengan pemeriksaan fisik, tes darah, dan USG pada skrotum.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Terdapat darah pada urine dan tinja

Kondisi ini bisa menjadi gejala awal kanker kandung kemih, ginjal, atau usus besar. Menurut Lepor, cara terbaik untuk menghadapinya adalah segera menemui dokter, terlebih bila terjadi pendarahan yang tidak normal, meski tidak terdapat gejala lain yang menyertainya. Meskipun gejala yang ada mirip wasir atau infeksi saluran kemih, sangat penting untuk mengetahui diagnosis yang tepat dan mengobati penyebabnya.

  1. Perubahan kulit

Ketika melihat perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat atau bintik lain pada kulit, temui dokter Anda sesegera mungkin. Menurut Marleen Meyers, MD, seorang ahli onkologi di NYU Perlmutter Cancer Center, bintik-bintik yang baru atau terlihat berbeda adalah tanda-tanda utama kanker kulit.

Anda memang memerlukan pemeriksaan biopsi untuk memastikannya. Pada prosedur ini dokter akan mengeluarkan sedikit jaringan untuk dilakukan pengujian.

  1. Kesulitan menelan

Beberapa orang mengalami kesulitan menelan dari waktu ke waktu. Tetapi jika kondisi Anda tak kunjung membaik dan justru kehilangan berat badan atau muntah, bisa jadi Anda mengalami gejala kanker tenggorokan atau perut.

Segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan tenggorokan dan barium X-ray. Selama tes barium, Anda akan diminta meminum cairan khusus agar gangguan pada tenggorokan dapat terdeteksi saat dilakukan penyinaran menggunakan X-ray.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya (2)

  1. Penurunan berat badan tanpa olahraga

Berat badan Anda turun padahal tidak berolahraga? Jangan senang dulu. Hal ini bisa menandakan adanya gangguan pada tiroid yang semakin parah. Kehilangan 4,5 kilogram atau lebih tanpa olahraga bukanlah hal yang normal. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda kanker pankreas, lambung, atau paru-paru.

  1. Batuk yang tak kunjung sembuh

Jika Anda perokok dan mengalami batuk terus-menerus, merasa kehabisan napas saat batuk atau batuk darah, jangan menunda-nunda ke dokter. Batuk adalah tanda paling umum kanker paru-paru. Dokter akan menguji lendir dari paru-paru Anda untuk mengetahui kemungkinan infeksi yang terjadi.

  1. Kelelahan

Banyak jenis kanker menyebabkan "keletihan tulang" dan kondisinya tidak pernah membaik. Kondisi ini berbeda dari kelelahan yang Anda rasakan setelah seminggu sibuk dengan pekerjaan atau mungkin aktif di berbagai kegiatan. Jika Anda terus merasa kelelahan, segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Setelah menyimak penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui berbagai gejala kanker yang mungkin muncul pada pria. Pahami gejalanya sebagai upaya penanganan dini. Agar terhindar dari risiko penyakit kanker, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar