Sukses

6 Manfaat Lotus untuk Kesehatan

Telah digunakan berabad-abad untuk pengobatan dan masakan tradisional Asia Timur, lotus menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Pengobatan tradisional Cina memang memanfaatkan segala sesuatu yang dihasilkan oleh bumi ini, tak terkecuali ragam jenis bunga. Nah, salah satu bunga yang paling populer dalam pengobatan dan kuliner tradisional Negeri Tirai Bambu tersebut adalah lotus. Lotus merupakan bunga cantik yang biasanya hidup dalam kolam berlumpur.

Bagi Anda yang belum terlalu akrab dengan lotus, yuk kenali beberapa manfaatnya di bawah ini.

1. Mengatasi diare

Dilansir Healthline, salah satu kegunaan lotus yang paling umum dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghentikan diare. Untuk mencoba obat alami ini, rendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, kemudian tambahkan gula batu, dan minumlah.

Tapi sebaiknya, jangan hanya menggantungkan diri terhadap pengobatan tradisional ini. Bagaimanapun, Anda mesti mengetahui dulu apa yang menyebabkan Anda diare, dan itu hanya bisa didapatkan jika Anda memeriksakan diri ke dokter.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, penyebab diare itu bisa bermacam-macam. Entah karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, efek samping obat-obatan, atau karena malnutrisi. Nah, bila Anda cuma bergantung dengan lotus, padahal diarenya disebabkan oleh infeksi bakteri yang membutuhkan antibiotik, maka diare akan tetap berulang karena bakteri jahatnya belum mati.

2. Menetralkan gula darah dan lemak darah

Begitu banyak makanan alami yang dapat menetralkan gula darah dan lemak darah. Tapi bila Anda ingin makanan alami yang lebih unik, apalagi hari ini adalah hari Imlek yang identik dengan chinese food, tak ada salahnya Anda mencoba konsumsi akar lotus.

Akar lotus mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengelola dua komponen yang memicu penyakit kardiovaskular. Selain itu, serat dan karbohidrat kompleks pada akar lotus juga membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

3. Membantu menangani peradangan

Peradangan biasanya disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, biji dari varietas lotus merah dan putih dapat membantu sensasi peradangan tersebut. Senyawa dalam lotus plumule memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

4. Menjaga daya tahan tubuh dan mengontrol tekanan darah

Batang tanaman lotus kaya akan vitamin C dan kalium. Jadi, siapa saja yang rutin mengonsumsi lotus akan tidak mudah sakit dan memiliki tekanan darah yang terkontrol. Untuk menyantap lotus, Anda bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit.

5. Meredakan gejala menstruasi

Daun teratai dan ekstrak akar lotus telah lama digunakan dalam pengobatan Cina untuk membantu melancarkan siklus menstruasi, menghentikan perdarahan berlebih, dan meredakan nyeri haid. Biasanya, akar, daun, dan batangnya dijadikan jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang menstruasi. Namun sayangnya, tidak banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

6. Membantu mengatasi jerawat

Menambahkan lotus ke dalam minuman teh hijau Anda dipercaya bisa membantu mengurangi sebum yang berlebih penyebab jerawat. Namun, ingat, imbangi juga dengan kebiasaan rajin mencuci muka, tidak sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, serta mengoleskan obat jerawat agar jerawat yang membandel bisa segera kempis dan hilang.

Bila Anda segan untuk mencari tanaman lotus untuk dikonsumsi bersama teh hijau, cari saja skin care yang mengandung ekstrak lotus. Tapi pastikan skin care tersebut memang sudah terbukti aman.

Cukup sulit memang mencari olahan lotus di kota-kota Indonesia. Tapi, bila Anda pergi ke restoran Cina untuk merasakan euforia Imlek bersama keluarga, Anda bisa memesan olahan nasi berisi daging (seperti bacang) yang dibungkus dengan daun lotus! Daun lotus akan memberikan sensasi aroma sedap yang berbeda dari daun pisang sehingga Anda punya pengalaman baru di libur Imlek tahun ini.

[RS/ RVS]

2 Komentar