Sukses

Tetap Sehat dan Bugar Saat Merayakan Imlek

Saat merayakan Imlek menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh juga wajib Anda lakukan. Intip empat tipsnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Merayakan Imlek selalu menyenangkan jika Anda lalui dengan berkumpul bersama keluarga, teman, sekaligus menikmati beragam hidangan khas Imlek. Namun jangan sampai kebablasan dan berlebihan dalam menikmati bermacam hidangan lezat itu, ya. Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran. Dilansir dari Mountelizabeth.com.sg, lakukan tips berikut untuk menikmati perayaan Imlek, dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran Anda.

1. Rutin minum air putih

Air putih akan selalu menjadi teman terbaik di Tahun Baru Imlek ini. Ketika mengalami dehidrasi ringan, tubuh dapat mengira bahwa sedang merasa lapar sehingga Anda harus menjaga asupan cairan tubuh secara intens.

Beberapa hal menjadi alasan sangat baik untuk mengonsumsi air putih. dr. Andika Widyatama dari Klikdokter menjelaskan, “Yang pertama, sebagai upaya rehidrasi, membersihkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan kecepatan metabolisme. Selanjutnya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit kandungan kemih.”

Jadi, setelah makan banyak makanan khas Imlek, jangan lupa minum air putih ya!

2. Awasi porsi makanan

Mengawasi makanan apa saja yang dikonsumsi merupakan langkah awal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun bagaimana dengan praktiknya? Bukankah Anda kerap merasa kesulitan bahkan “kecolongan” untuk membatasi makanan apa saja yang harus dikonsumsi?

Mulailah dengan membatasi camilan menjadi 1 atau 2 potong. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan komunikasi antarkeluarga saat merayakan Imlek. Lewat cara tersebut, hasrat ngemil Anda akan terjaga.

Kemudian saat hendak makan berat, pilihlah piring yang lebih kecil untuk mengatur kecepatan diri dan membatasi porsi. Faktanya, piring besar cenderung mendorong jumlah makanan yang juga lebih besar. Pastikanlah Anda tidak ingin makan berlebihan, terutama jika makan malam.

3. Selalu aktif berolahraga

Aktif dalam berolahraga penting tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk kesehatan tubuh Anda. Setidaknya, usahakan untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya pada waktu senggang.

dr. Atika menjelaskan, “Aktif melakukan olahraga sudah terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronik di masa depan.”

Oleh karena itu, cobalah untuk memaksimalkan aktivitas fisik dan olahraga dalam rutinitas Tahun Baru Imlek Anda! Ambil setiap kesempatan untuk bergerak, misalnya bermain dengan anak-anak, berkebun atau berlatih senam pernapasan bersama komunitas Anda.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup dibutuhkan oleh semua orang. Kebiasaan orang dewasa saat Tahun Baru Imlek dengan bermain mahyong hingga dini hari, bisa berdampak buruk buat tubuh. Durasi tidur yang tak mencukupi kebutuhan harian dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Senada, dr. Atika mengatakan, “Tidur sangat berpengaruh pada kelangsungan tubuh. Oleh karena itu, tidur merupakan hal yang sangat penting. Beberapa hal yang dapat terjadi bila Anda kurang tidur adalah depresi, penambahan berat badan, dan berkurangnya imunitas tubuh.”

Merayakan Imlek dengan aneka makanan lezat dan perayaan besar boleh-boleh saja. Akan tetapi, tetap batasi dan kontrol diri Anda, jangan sampai makan terlampau banyak dan kurang tidur. Imbangi juga dengan olahraga, minum air putih, dan tidur yang cukup supaya Anda tetap sehat dan bugar memasuki tahun yang baru. Selamat merayakan Imlek.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar