Sukses

Turunkan Risiko Kanker dengan 5 Cara Ini

Risiko Anda terkena kanker bisa diminimalkan dengan menjalani pola hidup sehat. Apa saja yang dapat dilakukan?

Klikdokter.com, Jakarta Faktor genetik atau keturunan berperan penting dalam terjadinya kanker, sehingga hidup sehat tidak menjamin Anda sepenuhnya terhindar dari penyakit ini. Namun, perlu diketahui bahwa 1/3 dari keseluruhan kasus kanker pada orang dewasa di dunia berkaitan dengan gaya hidup.

Maka dari itu, penting untuk melakukan sejumlah cara demi menurunkan risiko kanker akibat gaya hidup. Dilansir WebMD dan berbagai sumber, berikut lima kebiasaan sehat yang dapat membantu mencegah kanker.

  1. Menurunkan berat badan

Banyak orang tidak tahu bahwa berat badan berlebihan tidak baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, obesitas juga merupakan penyebab di balik sekitar 14 persen kematian akibat kanker. Melihat data tersebut, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak segera menurunkan berat badan.

“Untuk menurunkan berat badan secara optimal, sebenarnya paling baik adalah kombinasi dari pengaturan komposisi dan porsi makanan serta berolahraga. Jika berolahraga tidak memungkinkan, pengaturan komposisi dan porsi makanan harus benar-benar diperhatikan,” kata dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Ia menyarankan Anda untuk mengurangi makanan yang mengandung gula sederhana jika ingin menurunkan berat badan. Pilih juga karbohidrat yang sehat seperti oatmeal, nasi merah, dan roti gandum. Sementara itu, lemak yang sehat bisa didapat dari minyak zaitun dan minyak kelapa.

  1. Berhenti merokok

Merokok menyumbang setidaknya 30 persen dari semua kematian akibat kanker. Diketahui juga bahwa kanker paru-paru membunuh lebih banyak wanita dan pria di Amerika Serikat daripada kanker lain, yakni 28 persen atau sekitar 160 ribu jiwa setiap tahun. Ya, sebagian besar kematian tersebut disebabkan oleh merokok.

Berhenti merokok atau tidak pernah memulainya sama sekali merupakan langkah yang sangat baik untuk mencegah kanker. Jika Anda mengalami kesulitan untuk berhenti sama sekali, sebaiknya kurangi secara bertahap, atau bisa berkonsultasi dengan dokter untuk terapi.

Sekalipun bukan perokok, jangan biarkan paparan asapnya terhirup oleh Anda. Pasalnya, seekitar 3.000 kasus kanker paru-paru dialami oleh perokok pasif, dan ada indikator kuat bahwa ia dapat menyebabkan jenis kanker lain.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Perbaiki pola makan

Pola makan juga sangat penting untuk membantu mencegah kanker. Terdapat makanan yang menurut para ahli kesehatan dapat membantu mencegah penyakit kanker, seperti tomat, semangka, dan makanan lain yang mengandung likopen.

Selain itu, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan gandum utuh. “Mayoritas buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker saluran pencernaan,” kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

dr. Reza juga menyarankan Anda untuk memilih daging tanpa lemak, susu yang rendah lemak, susu kedelai, yoghurt, putih telur, serta ikan sebagai sumber protein terbaik.

  1. Hindari minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko kanker. Semakin banyak Anda minum alkohol, maka semakin besar risikonya. Menurut studi yang dimuat di The Lancet, pada tahun 2016, alkohol menjadi faktor risiko utama kematian dini pada pria dan wanita usia 15-49 tahun di seluruh dunia. Kematian tersebut salah satunya berkaitan dengan kanker.

Jenis-jenis kanker yang bisa muncul akibat kebiasaan minum alkohol adalah kanker mulut, tenggorokan, dan kerongkongan. Apabila ditambah dengan merokok, maka risiko terkena kanker akan lebih tinggi lagi.

  1. Mengelola stres

Belum ada bukti yang dapat menunjukkan bahwa stres menyebabkan kanker. Namun sebenarnya, saat pikiran Anda dilanda stres, bukan tak mungkin tendensi melakukan kebiasaan buruk akan muncul. Jika Anda makan berlebihan, minum, atau merokok untuk menghilangkan stres, ketahuilah bahwa semua perilaku tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Sebagai gantinya, terapkan cara-cara sehat untuk mengatasi stres seperti meditasi, olahraga, atau menulis catatan harian. Anda juga dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan bantuan.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, pencegahan kanker yang terbaik adalah dengan deteksi dini. “Semakin dini kanker itu terdeteksi, maka semakin besar pula kemungkinan keberhasilan untuk penanganannya,” katanya. Jadi, jika Anda sudah melakukan pola hidup sehat seperti di atas, tetap penting untuk memeriksakan kesehatan secara berkala, termasuk pemeriksaan kanker. Selamat Hari Kanker Sedunia!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar