HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi15 Manfaat Rebung untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 19 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain rasanya renyah, ternyata rebung juga bermanfaat untuk kesehatan. Ini berbagai manfaat rebung yang perlu kamu ketahui.

15 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Bagi penggemar lumpia atau sayur lodeh, mungkin tidak asing lagi dengan salah satu bahan makanan khas Asia, yakni rebung. Pada dasarnya, rebung merupakan bambu muda atau tunas bambu yang bisa dikonsumsi.

Meski tidak memiliki nutrisi yang berlimpah, namun rebung terasa renyah untuk dimakan. Bahan makanan ini juga tidak mengandung lemak jahat dan hanya memiliki sedikit kalori, sangat cocok untuk dikonsumsi saat mengontrol berat badan.

Tak berhenti sampai di situ, masih ada sejumlah manfaat rebung untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram rebung mengandung serat yang tinggi, yakni sebanyak 9,7 gram.

Tingginya kandungan rebung yang satu ini dapat menambah massa tinja, sekaligus melembutkannya.

Bila kamu sedang mengalami konstipasi atau susah buang air besar, mengonsumsi rebung bisa membantu tinja melewati usus besar dengan lebih mudah. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengejan berlebihan atau menunggu lama ketika ingin buang air besar.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tak hanya baik untuk pencernaan, manfaat rebung bambu yang mengandung serat juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

“Kolesterol jahat (LDL) bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah,” tutur dr. Andika Widyatama.

Dilanjutkan oleh Dokter Andika, salah satu faktor yang memengaruhi kadar kolesterol tubuh adalah kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Untungnya, rebung tidak mengandung lemak jenuh, sehingga aman untuk dikonsumsi.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Senyawa asam fenolik dalam rebung dapat memberikan perlindungan antioksidan yang baik untuk penyakit jantung dan kanker.

Rebung juga mengandung fitosterol dan fitonutrien yang dapat menjaga fungsi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahkan, fitokimia dalam rebung, yakni lignan, juga memiliki sifat antijamur dan antivirus. Untuk itu, khasiat rebung bisa mencegah tubuh terserang penyakit.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika kamu mengonsumsi 3,5 ons atau setara dengan 3/4 cangkir rebung yang sudah dimasak, maka akan mendapatkan sekitar 12-19 kalori. Selain itu, rebung juga tidak mengandung lemak jahat dan natrium. Untuk itu, kamu tidak perlu takut lagi dengan penumpukan lemak di tubuh.

Dalam rebung kalengan, produk ini mengandung 3 gram karbohidrat. Sedangkan rebung segar mengandung 2 gram karbohidrat. Kendati demikian, kedua produk ini menawarkan protein sebesar 1,6 gram.

Akan tetapi, manfaat ini tidak bisa dirasakan sepenuhnya apabila kamu mengolah rebung dengan santan, minyak, atau campuran lain yang berpotensi merusak khasiat dari rebung.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Rebung dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan silika. Pada dasarnya, silika adalah zat yang terdapat di dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan kadar hidroksiprolin, asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen dan elastin.

Karena dapat mendukung produksi kolagen, manfaat makan rebung bisa membantu kulit terhidrasi dengan baik, memiliki tekstur yang halus, dan bercahaya.

6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

rebung

Makanan yang tinggi serat, khususnya serat larut umumnya memiliki indeks glikemik yang rendah. Begitu juga dengan rebung.

Serat larut akan memperlambat penyerapan glukosa, sehingga tidak menimbulkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba setelah makan.

Untuk itu, makan rebung menjadi pilihan terbaik ketika seseorang ingin mengendalikan gula darahnya.

7. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Risiko kanker usus besar ternyata bisa diturunkan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya adalah rebung.

Ini semua berkat kandungan serat di dalam rebung yang bisa melindungi usus besar. Bahkan, rebung juga bersifat prebiotik atau memberikan asupan makanan untuk bakteri baik di dalam usus.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata, manfaat sayur rebung juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho. Khasiat rebung bambu dapat memaksimalkan produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh dalam melawan infeksi.

Bahkan, manfaat ini juga bisa didapatkan oleh ibu hamil. Mungkin banyak yang penasaran, bolehkah ibu hamil makan rebung?

Nyatanya, rebung boleh dikonsumsi selama kehamilan. Namun, dianjurkan untuk hanya memakannya sekitar 1-2 hari dalam sebulan. Rebung untuk ibu hamil dapat memperkuat imunitas tubuh dan mencegah penyakit flu.

9. Melawan Peradangan

Rebung menjadi sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Pasalnya, peradangan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, jika tidak segera diatasi.

Untuk mendapatkan fungsi rebung yang satu ini, coba tambahkan rebung ke dalam salad sayuran yang kamu buat.

Artikel Lainnya: Manfaat Ekstrak Bambu untuk Kecantikan Wajah

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam rebung bisa membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Hal ini tentunya bisa mencegah gangguan osteoporosis.

Selain itu, antioksidan yang tinggi di dalam rebung juga dapat melawan radikal bebas, sehingga bisa meningkatkan fungsi sendi.

11. Bersifat Antimikroba dan Anti-Inflamasi

Rebung memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa membantu peremajaan dan pertumbuhan sel. Selain itu, senyawa bioaktif seperti fitosterol yang ada di dalam rebung bersifat antibakteri, antioksidan, anti alergi, dan anti penuaan.

Manfaat rebung untuk pria dan wanita ini bisa membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda.

12. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Berbagai macam vitamin dan senyawa yang terkandung di dalam rebung bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Bagi kamu yang mengalami gangguan pernapasan, tentunya mengonsumsi rebung merupakan pilihan yang patut dicoba.

Rebusan rebung yang ditambahkan dengan sedikit madu bisa membantu mengatasi gangguan pernapasan, seperti mengeluarkan dahak, alergi, atau asma.

13. Mengobati Gangguan Lambung

Manfaat rebung untuk asam lambung ternyata sudah menjadi rahasia umum di berbagai negara Asia. Tunas bambu yang satu ini sering kali dijadikan sebagai suplemen untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Tak hanya itu, rebung juga digunakan sebagai pengobatan efektif untuk penyakit maag.

14. Merangsang Nafsu Makan

Selain teksturnya yang renyah, makan rebung juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Soalnya, konsentrasi selulosa yang tinggi di dalam bambu dapat merangsang nafsu makan.

Ini cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami gangguan pencernaan dan mual.

15. Membuat Rambut Lebih Tebal

Silika yang terkandung di dalam rebung ternyata juga bisa mendukung pertumbuhan rambut agar lebih tebal. Zat yang satu ini dapat memperkuat rambut, sehingga menurunkan risiko kerontokan rambut.

Semakin sedikit rambut rontok, maka rambut akan tampak semakin tebal dan penuh. 

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi rebung. Namun, pastikan untuk makan rebung dengan cara direbus atau ditumis sederhana. Soalnya, jika diolah dengan bumbu lain, ini bisa menurunkan khasiat dari rebung untuk kesehatan.

Bila punya pertanyaan lain seputar rebung untuk kesehatan, jangan sungkan untuk menggunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Pastikan #JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan bergizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

(NM)

buang air besarkesehatan kulitBerat BadanJantungKolesterolrebungHari Kanker SeduniaImlekSeratManfaat RebungKankerStroke

Konsultasi Dokter Terkait