Sukses

4 Bahan Tak Terduga yang Bisa Ditambahkan untuk Kopi

Bosan dengan variasi kopi yang itu-itu saja? Coba gunakan bahan ini sebagai campurannya supaya kopi Anda lebih “berwarna”.

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia termasuk salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Tak heran, sebagian besar masyarakat yang tinggal di Tanah Air tercinta ini memilih kopi sebagai konsumsi sehari-hari.

Kopi, selain memiliki rasa yang unik, si hitam ini juga menyimpan beragam manfaat sehat berkat kandungan kafein di dalamnya. Fakta menyebut, kafein pada kopi dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik, terutama pada kemampuan aerobik serta daya tahan. Bahkan, kopi juga dapat membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh dan proses pembakaran lemak.

“Kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat meningkatkan proses metabolisme sebanyak 3–11 persen. Dalam penelitian lain, kafein pada kopi juga terbukti mampu membantu pembakaran lemak,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Namun, jika Anda merasa bosan dengan sajian kopi yang itu-itu saja, si hitam ini juga bisa disajikan dengan berbagai cara yang berbeda.

Melansir Reader’s Digest, berikut adalah beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai campuran kopi supaya rasa minuman favorit Anda menjadi lebih nikmat dan “berwarna”:

1. Madu

Tak hanya dapat dipadukan dengan teh, madu ternyata juga sangat sesuai untuk dikombinasikan dengan kopi. Ada yang menyebut bahwa kopi yang ditambahkan sedikit madu mampu memberikan beragam manfaat sehat. Hal ini karena madu dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Di sisi lain, Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kandungan antioksidan pada madu pada dasarnya memang mampu menurunkan risiko beragam penyakit infeksi.

2. Lemon

Perpaduan antara lemon dan kopi mampu menghasilkan cita rasa yang unik. Hal ini patut dicoba, khususnya jika Anda ingin merasakan sensasi menikmati secangkir kopi dengan rasa yang lebih kuat.

Tak cuma soal rasa, lemon alias jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang penting untuk tubuh. Perasaan air lemon dapat membantu menjaga kadar gula tetap stabil, mengingat kandungan asamnya mampu memperlambat pencernaan.

3. Air kelapa

Air kelapa memiliki rasa yang manis, sehingga sangat sesuai untuk menjadi campuran segelas kopi di pagi hari. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori, tinggi serat, kaya akan elektrolit, mengandung vitamin C serta zat besi yang mumpuni untuk membantu kinerja tubuh.

4. Pala

Pala bisa menjadi pilihan tepat untuk para pecinta kopi dengan rasa yang sedikit pahit dan menyegarkan khas rempah yang satu ini. Masukkan bubuk pala sekitar seujung satu sendok teh ke dalam minuman kopi Anda, kemudian aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, rasakan efek pala dalam meningkatkan suasana hati.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pala memiliki efek yang menenangkan, sehingga ampuh mengatasi sejumlah gangguan kesehatan seperti insomnia.

Itu dia beberapa bahan yang bisa dijadikan campuran kopi, supaya rasa dari minuman favorit Anda tersebut bisa jadi lebih nikmat lagi sekaligus lebih variatif. Tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam menambahkan campuran tersebut, karena berpotensi merusak manfaat kopi yang Anda konsumsi. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar