Sukses

5 Hal yang Terjadi Saat Anda Berhenti Minum Alkohol

Berhenti minum alkohol membawa dampak positif bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum bahkan hingga sudah pada tahap kecanduan, terkadang memang sulit untuk mulai berhenti minum alkohol. Padahal, Anda tahu konsumsi minuman yang dapat memicu sensasi memabukkan itu bisa memicu efek buruk pada tubuh.

Dalam sebuah studi, alkohol menjadi faktor risiko utama berbagai penyakit dan kematian dini pada pria serta wanita usia 15-49 tahun di seluruh dunia pada tahun 2016. Menurut penelitian tersebut, hampir 1 dari 10 kematian disebabkan oleh alkohol. Pada tahun tersebut, kematian yang disebabkan oleh alkohol tercatat ada 2,8 juta kasus.

“Kematian akibat alkohol itu berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, infeksi (seperti TBC), kecenderungan menyakiti diri sendiri, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan yang tidak disadari, seperti tenggelam atau kebakaran,” ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Efek positif berhenti minum alkohol

Berhenti minum alkohol ternyata punya beberapa manfaat baik pada tubuh Anda. Dilansir dari Prevention, simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Bikin tidur lebih nyenyak

Sebuah studi yang tercantum dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menemukan bahwa minum alkohol sebelum tidur meningkatkan pola gelombang alfa di otak. Ini semacam aktivitas otak yang biasanya terjadi ketika Anda tidak sepenuhnya tidur.

Ulasan lainnya dari 27 studi pun menuliskan, meskipun dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan dalam, alkohol dapat mengacaukan kualitas tidur setelah periode tenang awal terlelap. Tentu saja, ini bukanlah hal yang baik.

Dijelaskan pula bahwa berhenti minum alkohol akan membuat Anda lebih segar dengan pikiran yang tajam pada hari berikutnya. Selain itu, efek positif lainnya adalah peningkatan suasana hati, konsentrasi, serta kinerja mental.

  1. Makan malam lebih sedikit

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, alkohol adalah salah satu pendorong terbesar makan berlebihan. Para peneliti menemukan bahwa ketika orang menerima "infus" alkohol, nafsu makan bakal meningkat 30 persen.

Hal tersebut berbeda dengan mereka yang tidak minum alkohol, dimana nafsu makannya lebih stabil. Tak hanya itu, konsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan aktivitas otak di hipotalamus.

Apa yang terjadi setelah itu? Anda lebih sensitif terhadap aroma makanan dan mendorong Anda untuk makan lebih banyak. Orang-orang yang berhenti minum alkohol akan memiliki dorongan nafsu makan yang lebih stabil dan tidak menggebu-gebu.

  1. Mengatasi kecanduan gula

Gula meningkatkan kadar dopamin yang memicu perasaan senang. Alkohol melakukan hal yang sama sehingga ketika Anda berhenti minum alkohol, bukan tak mungkin jika kecanduan hal lain seperti gula juga dapat diatasi secara bersamaan.

Sangat mungkin bahwa ketika Anda menghentikan asupan alkohol yang memicu produksi kadar dopamin, candu akan gula pun turut berkurang. Perlu diketahui bahwa konsumsi gula berlebihan juga tidak baik dan dapat mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti diabetes.

  1. Berat badan jadi stabil

Alkohol diam-diam mampu meningkatkan kalori dalam tubuh Anda. Satu gelas alkohol jenis margarita misalnya, mengandung 300 kalori bahkan lebih yang kebanyakan berasal dari gula. Peminum alkohol diketahui mendapatkan kadar kalori tambahan sebanyak 400 lebih.

Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa konsumsi alkohol secara intens dan banyak tidaklah baik untuk tubuh Anda. Kurangi secara perlahan, lalu hentikan jika kesempatan itu datang. Timbang berat bedan Anda, lalu lihat penurunan yang terjadi secara signifikan.

  1. Kulit lebih cerah

Beberapa hari setelah berhenti minum minuman keras, Anda akan melihat kulit yang lebih cerah dan tampak terhidrasi. Faktanya, konsumsi alkohol secara aktif dapat mengurangi produksi hormon antidiuretik dalam tububh yang membantu menyerap air.

Ambil kaca, lalu lihatlah wajah Anda. Biasanya, mereka yang berhenti minum alkohol bakal melihat perbedaan secara jelas dengan pudarnya keriput di pipi serta sekitar hidung. Kondisi gangguan kulit lainnya, seperti ketombe, eksim, dan rosacea pun dapat menghilang.

Nah, sekarang Anda pasti lebih percaya, bahwa berhenti minum alkohol ternyata memang memiliki banyak dampak positif bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol mulai sekarang. Dengan meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, tubuh Anda akan lebih bugar, berat badan terkontrol, plus kulit terlihat lebih cerah.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar