Sukses

5 Cara agar Anak Merasa Tidak Sakit Saat Disuntik

Anak Anda takut disuntik karena mengira bahwa itu menimbulkan rasa sakit? Coba praktikkan trik ini!

Klikdokter.com, Jakarta Ketakutan terhadap jarum suntik sering terjadi pada anak-anak. Sebagian dari mereka tidak ingin disuntik, karena merasa kesakitan.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, menyuntik anak usia sekolah lebih sulit dari pada mengimunisasi bayi. Berbeda dengan bayi yang masih belum mengerti tentang imunisasi, anak usia sekolah sudah paham bahwa saat disuntik akan terasa sedikit sakit. Akibatnya banyak anak yang ketakutan dan tidak mau disuntik. Berbagai cara dilakukan seperti bersembunyi, menangis, melarikan diri atau cara lainnya.

Lantas, bagaimana caranya agar anak Anda terhindar dari rasa sakit ketika disuntik?

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan krim lidokain

Ini adalah tindakan dengan menggunakan anestesi topikal, yang berfungsi “mematikan” rasa di daerah yang terkena jarum. Cara penggunaanya adalah dengan mengoles krim tersebut 30 menit sebelum atau saat disuntik. Hal ini membutuhkan kerjasama antara Anda dan dokter. agar proses penyutikan berjalan dengan baik.

2. Sambil menyusui

Menyusui buah hati Anda saat dirinya akan disuntik merupakan cara lain yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa sakit. Perilaku ini dapat Anda terapkan, khususnya jika si Kecil masih berada di rentang usia 0–2 tahun. Bila lebih dari itu, Anda bisa menggunakan dot yang telah diolesi sedikit gula.

3. Alihkan perhatian

Mengalihkan perhatian anak bisa dengan membiarkannya bermain game, menyanyikan lagu, membacakan dongeng, atau membiarkan dia bicara. Ketika perhatiannya teralihkan dengan hal lain, si Kecil tidak akan menyadari rasa sakit yang dialaminya ketika disuntik.

4. Perhatikan apa yang Anda katakan

Orang tua adalah cerminan untuk anak. Biasanya, kecemasan orang tua dapat memperburuk respons yang dilontarkan oleh anak. Hal serupa bisa terjadi pada orang tua yang mengantarkan anaknya untuk disuntik.

Saat menunggu, orang tua harus mampu menjelaskan segala prosedur penyuntikan dengan baik. Disarankan agar Anda tetap tenang, mengikuti instruksi dokter, dan sabar menunggu buah hati ketika disuntik.

5. Aktif bertanya pada dokter

Aktiflah bertanya pada dokter mengenai apa yang bisa dilakukan untuk menangani rasa sakit akibat disuntik. Sering kali, perbincangan seperti ini memunculkan ide baru untuk Anda tentang bagiamana cara agar si Kecil tidak merasa kesakitan ketika disuntik.

Selain yang telah disebutkan, dr. Reza Fahlevi juga menambahkan bahwa anak bisa merasa lebih aman jika orang tua benar-benar mendampinginya saat ia disuntik oleh petugas atau dokter.

“Berikan pelukan hangat untuk menenangkan anak Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan bimbingan pada si Kecil untuk membaca doa sebelum, saat, dan setelah proses penyuntikan,” tutur dr. Reza.

Ketakutan anak terhadap sensasi sakit yang timbul setelah disuntik adalah hal yang wajar terjadi. Namun, sebagai orang tua, Anda wajib mencarikan siasat bijak untuk hal tersebut agar nantinya si Kecil tidak fobia dengan jarum suntik. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar