Sukses

Cegah Kanker dengan Berbagai Tips Berikut Ini

Kanker merupakan momok yang bisa terjadi pada siapa pun. Mari cegah kanker dengan melakukan berbagai tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat mendengar kata “kanker”, mungkin banyak orang yang langsung mengetuk meja tiga kali sebagai ungkapan amit-amit. Tak berlebihan memang, karena kanker bisa begitu menakutkan, apalagi memang belum ada penyembuhan dari kanker tahap akhir. Meski demikian, Anda bisa melakukan berbagai langkah untuk mencegah kanker seperti dipaparkan di bawah ini.

Kanker merupakan penyakit yang tidak menular dan bukan penyakit keturunan. Pada dasarnya, setiap organisme hidup memiliki beberapa gen penyebab kanker yang tidak aktif, yang disebut proto-onkogen. Sejumlah agen fisik, kimia, atau biologis dapat menyebabkan aktivasi dari proto-onkogen, sehingga akhirnya gen ini aktif dan menjadi kanker. Mutasi ini akan menyebabkan mekanisme kontrol normal menghilang dan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal.

Kemunculan kanker dipengaruhi oleh banyak faktor. Karena itu, terdapat banyak hal bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terjadinya kanker. Pola hidup seperti apa yang sebaiknya Anda terapkan untuk mencegah kanker?

1. Tidak merokok

Merokok berhubungan dengan berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, dan ginjal. Mengunyah tembakau juga dikaitkan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. Bahkan, paparan asap rokoknya saja dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Jika Anda adalah seorang perokok, berhentilah. Jika terasa amat sulit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai produk pengganti atau strategi lain untuk bisa berhenti merokok.

2. Makan makanan yang sehat

Apa yang Anda makan memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Meski pola hidup sehat tak dapat menjamin 100 persen bahwa Anda akan terhindar dari kanker, tapi pola makan sehat dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker.

Makanlah banyak buah dan sayuran. Hindari berat badan berlebih. Cobalah mengurangi dan membatasi aneka makanan berkalori tinggi, termasuk gula dan lemak dari sumber hewani. Sebagai contoh, Anda dapat mengikuti pola diet Mediterania dengan pola makanan nabati, buah, sayur, dan penggunaan minyak zaitun.

3. Pertahankan berat badan yang sehat dan aktif secara fisik

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Aktivitas fisik juga penting untuk menjaga kesehatan. Selain dapat membantu mengendalikan berat badan, aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Anda dapat berolahraga sebanyak tiga kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap sesinya.

4. Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Untuk mencegahnya, hindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Gunakan tabir surya spectrum luas (broad spectrum) dengan SPF setidaknya 30. Tetap aplikasikan tabir surya meski hari berawan.

5. Jangan lupakan vaksinasi

Tahukah Anda bahwa beberapa virus dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker? Oleh karena itu, salah satu bentuk pencegahan kanker adalah dengan melindungi diri dari infeksi virus tertentu, yaitu dengan melakukan vaksinasi.

Vaksin yang direkomendasikan adalah hepatitis B untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, yang pada akhirnya menurunkan risiko terjadinya kanker hati. Selain itu, vaksin human papillomavirus (HPV) juga disarankan karena dapat menurunkan kejadian kanker serviks dan kanker penis.

Mudahnya, terapkanlah gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi lengkap serta jenis makanan yang mengandung antioksidan untuk memerangi radikal bebas, olahraga secara rutin, tidur cukup, serta kelola stres dengan baik. Tak hanya bisa mencegah kanker, tapi pola hidup sehat juga dapat menyehatkan badan secara keseluruhan sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar