Kesehatan Umum

Tips agar Tak Pusing Setelah Kehujanan

dr. Dyah Novita Anggraini, 25 Nov 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Pusing dan sakit kepala sering menyerang setelah kehujanan. Bagaimana mengatasinya? Simak cara mengatasi pusing dan sakit kepala setelah kehujanan di sini.

Tips agar Tak Pusing Setelah Kehujanan

Di saat musim hujan melanda, terkadang Anda tak bisa menghindari guyuran hujan atau sekadar gerimis dalam perjalanan. Selain jadi basah kuyup, efek lanjutannya Anda bisa merasa pusing setelah kehujanan. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan?

Sebelum membahas lebih jauh, anda perlu tahu: sebenarnya tidak ada hubungan sebab akibat yang jelas antara sakit kepala dengan kehujanan. Itu sebabnya, Anda perlu lebih dulu mencari tahu penyebab sakit kepala sebenarnya. Apakah karena kelelahan, belum makan, dehidrasi, atau hipoglikemia?

Kehujanan dalam durasi yang cukup lama bisa membuat Anda kedinginan. Ketika suhu tubuh terlalu rendah, sistem imunitas tubuh bisa turun. Tubuh pun jadi lebih rentan terinfeksi kuman penyebab penyakit, salah satunya virus flu.

Flu memiliki sejumlah gejala, seperti demam, pilek, batuk, nyeri otot dan sendi, nyeri tenggorokan, termasuk sakit kepala. Virus flu juga dapat lebih lama bertahan di temperatur yang rendah. Itu artinya, penyebab pusing setelah kehujanan bukanlah air hujan, tapi virus flu yang menyerang kala daya tahan tubuh melemah akibat kedinginan.

Jadi, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut cara mengatasi pusing setelah kehujanan:

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengingat sakit dan pusing setelah kehujanan disebabkan oleh turunnya daya tahan tubuh, Anda selalu menjaga imunitas tubuh.

Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Jika diperlukan, Anda bisa makan suplemen tambahan vitamin C.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Suhu yang dingin terkadang memanipulasi tubuh untuk tidak haus. Padahal, sebenarnya tubuh Anda sangat membutuhkan cairan!

Itu sebabnya, perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas sehari, sekalipun cuaca sedang tidak terik.

3. Mandi Air Hangat

Cara menghindari pusing setelah kehujanan berikutnya adalah dengan mandi air hangat. Mandi dengan air hangat bermanfaat untuk menetralkan suhu tubuh. Seperti sudah disinggung, suhu tubuh yang rendah adalah pemicu munculnya sakit.

Mandi dengan air hangat juga dapat membuang segala bakteri dan senyawa berbahaya yang menempel selama di perjalanan.

Artikel lainnya: Sediakan 5 Obat-obatan Penting Ini di Musim Hujan

4. Konsumsi Makanan Hangat

Bila perlu, konsumsi makanan atau minuman hangat, seperti sup, teh hangat, dan juga wedang jahe.

Sama seperti mandi air hangat, hal ini dilakukan untuk menetralkan suhu dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Istirahat Cukup

Penuhi kebutuhan istirahat yang cukup, yakni selama 8 jam, di malam hari. ingatlah, virus flu akan lebih mudah menyerang Anda saat tubuh kelelahan.

6. Gunakan Baju Hangat

Jangan lupa untuk selalu mengenakan mantel bila udara sedang dingin, khususnya saat hujan turun. Suhu yang dingin lebih mudah menurunkan daya tahan tubuh.

Bila telanjur pusing setelah kehujanan, apalagi disertai dengan gejala flu, seperti demam, pilek, serta nyeri sendi dan otot, Anda dapat mengonsumsi parasetamol dan obat dekongestan. Misalnya, oxymetazoline, phenylephrine, atau pseudoephedrine.

Namun, jika demam sudah lebih dari 38 derajat Celsius hingga badan lemas dan kehilangan nafsu makan, segera periksakan diri  ke dokter.

Jika masih ada pertanyaaan seputar cara mengatasi pusing setelah kehujanan, konsultasikan langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

Musim HujanPusing

Konsultasi Dokter Terkait