Sukses

Cara Meredakan Gigi Ngilu dengan Cepat

Gigi Anda sering terasa ngilu? Atasi hal tersebut dengan cara cepat ini!

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering merasa ngilu pada gigi? Misalnya setelah makan es krim atau minum teh manis hangat. Jika jawabannya ya, bisa jadi Anda memiliki gigi sensitif.

Rasa ngilu pada gigi akan membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Umumnya rasa ngilu ini muncul setelah mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu dingin, panas, asam, atau manis.

Munculnya rasa ngilu pada gigi dikarenakan terbukanya tubuli dentin akibat lapisan pelindung gigi yang terkikis. Tubuli dentin memiliki rongga-rongga, dan jika terkena suatu rangsangan, orang yang memiliki gigi sensitif akan merasa ngilu.

Penyebab gigi ngilu

Data dari Ipsos Indonesia melaporkan bahwa gigi ngilu masih menjadi masalah utama yang diderita oleh 45% orang di Indonesia. Bahkan 2 dari 5 orang berusia 18-35 memiliki gigi ngilu. Kondisi ini dapat berhubungan dengan gaya hidup yang serba cepat.

Ya, kesibukan membuat orang tak lagi sempat menyiapkan makanan atau camilan sehat sendiri, sehingga lebih memilih untuk jajan. Padahal nutrisi dari makanan yang dibeli di luar kadang tidak terjaga baik.

Lihat saja, kini banyak bermunculan kuliner baru yang serba menarik, seperti martabak manis dengan berbagai rasa atau kopi yang diberikan bermacam-macam topping. Jika Anda tidak membatasi konsumsi tersebut, rasa manis dari makanan yang Anda konsumsi tersebut dapat memicu ngilu.

Saat sedang sibuk, Anda juga jadi tidak memperhatikan sudah berapa kali Anda mengonsumsi makanan dingin, panas, asam, atau manis. Padahal, kebiasaan mengonsumsi teh panas, misalnya, dapat membuat gigi rentan ngilu.

Selain itu, gaya hidup yang serba cepat membuat orang selalu terburu-buru. Anda pernah tidak sempat sikat gigi setelah sarapan karena harus berangkat kuliah dan kerja? Hal ini juga dapat membuat gigi Anda rentan ngilu jika dilakukan berulang-ulang. Apalagi jika Anda jarang pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut.

Satu lagi, Anda mungkin pernah bangun telat dan akhirnya menggosok gigi secara terburu-buru dengan teknik yang kurang tepat. Hal ini sangat buruk untuk gusi karena bisa memicu resesi gusi (penurunan gusi). Resesi gusi dapat membuat bagian-bagian gigi menjadi terbuka dan tidak terlindungi. Alhasil, timbullah rasa ngilu pada gigi, terutama saat terkena rangsangan.

Cara cepat atasi gigi ngilu

Penanganan gigi sensitif tergantung dari penyebabnya. Beberapa cara berikut ini dapat membantu Anda:

  1. Gunakan pasta gigi khusus

Bagi Anda yang mempunyai gigi sensitif, cara cepat yang dapat dilakukan untuk menanganinya adalah dengan memilih pasta gigi khusus gigi sensitif. Anda dapat melakukan penyikatan gigi menggunakan Sensodyne Rapid Relief, sebagai solusi redakan ngilu cepat sejak pemakaian pertama.

Sensodyne Rapid Relief memiliki kandungan yang terbukti secara klinis dapat menangani gigi ngilu dengan cepat, yaitu strontium acetate. Zat ini berfungsi untuk menghalangi tubuli dentin yang terbuka, sehingga rangsangan yang dapat memicu rasa sensitif pada gigi tidak sampai ke saraf.

Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Clinical Periodontology tahun 2004 dan Journal of Clinical Dentistry tahun 2010, mengaplikasikan langsung formula strontium acetate pada gigi akan membentuk oklusi yang cepat dan dalam, sehingga mengurangi sensasi ngilu akibat gigi sensitif. Maksud dari aplikasi langsung adalah mengoleskan pasta gigi menggunakan jari ke area gigi sensitif.

  1. Pemberian fluoride

Gigi ngilu bisa juga diatasi dengan pemberian fluoride. Dokter gigi akan mengaplikasikan fluoride pada daerah gigi yang sensitif untuk memperkuat lapisan email gigi dan mengurangi timbulnya rasa ngilu.

  1. Perawatan saluran akar

Jika gigi Anda yang sensitif disebabkan karena gigi berlubang dan sudah menembus ruang pulpa, perawatan saluran akar dapat menjadi solusinya. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter gigi terlebih dahulu.

  1. Bedah gusi

Teknik menyikat gigi yang kurang tepat dapat menyebabkan resesi gusi sehingga harus dilakukan perawatan bedah gusi. Dokter gigi akan mengambil jaringan gusi yang sehat pada daerah lain dan menempelkan pada daerah yang terbuka. Cara ini dapat melindungi akar yang terbuka sehingga rasa ngilu pada gigi dapat teratasi.

Bagi Anda yang sering merasakan gigi ngilu, sebaiknya beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Untuk mencegah ngilu, mulailah rajin merawat gigi. Sikatlah gigi dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jika rasa ngilu tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter gigi.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar