Sukses

Gigi Sering Ngilu, Haruskah Pakai Pasta Gigi Khusus?

Gigi yang sering ngilu memang mengganggu. Apakah menggunakan pasta gigi khusus bisa jadi solusinya?

Klikdokter.com, Jakarta Gigi ngilu merupakan masalah gigi dan mulut yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Hal ini ditandai dengan munculnya rasa ngilu pada gigi ketika terpapar rangsangan panas, dingin, atau asam.

Ada yang mengatakan bahwa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dapat membantu mengelola ngilu tersebut. Apa benar demikian?

Penyebab gigi sering ngilu

Sebagian orang memang sudah dari sananya memiliki gigi yang lebih sensitif karena email mereka yang lebih tipis. Email adalah lapisan terluar gigi. Tapi dalam banyak kasus, email gigi dapat terkikis karena beberapa kebiasaan buruk. Misalnya kebiasaan sering menggemeretakkan gigi, terutama pada malam hari. Kondisi ini dikenal dengan bruxism.

Selain itu, menggosok gigi dengan teknik yang kurang tepat juga dapat memicu gigi sensitif karena mengakibatkan penurunan gusi (resesi gusi). Resesi gusi dapat membuat bagian-bagian gigi menjadi terbuka dan tidak terlindungi. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa ngilu pada gigi, terutama saat terkena rangsangan.

Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam juga dapat memicu gigi ngilu karena menyebabkan erosi pada email gigi. Contoh makanan atau minuman yang bersifat asam adalah minuman soda dan jus buah.

Kondisi lain yang menyebabkan gigi sensitif adalah gastroesophageal reflux (GERD) atau penyakit bulimia. Hal ini terjadi karena asam yang naik dari dalam lambung dan menuju kerongkongan dapat merusak gigi seiring berjalannya waktu. Asam inilah yang dapat mengikis lapisan email pada gigi.

Cara menangani gigi ngilu

Rasa ngilu pada gigi dapat menyerang siapa saja. Untuk mengatasinya, perawatan seperti penambalan atau pembedahan pada gusi dapat dilakukan tergantung dari penyebabnya. Selain itu, mengganti sikat gigi dengan bulu yang lembut serta menerapkan teknik yang tepat juga penting untuk dilakukan.

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, yang memang dirancang untuk membantu mengurangi sensitivitas pada gigi. Pilihlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung stronsium asetat. Zat ini berfungsi untuk menghalangi tubuli dentin yang terbuka. Dengan begitu, rangsangan yang dapat memicu rasa sensitif pada gigi tidak sampai memicu saraf.

Selain itu, pilihlah pasta gigi dengan formula novamin. Senyawa ini akan membentuk lapisan mineral gigi hingga lebih kuat dari lapisan alami dentin. Tentunya ini akan sangat membantu gigi ngilu Anda.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Dental Science, penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif dapat menjadi perawatan yang efektif. Anda bisa mengoleskan pasta gigi secara langsung ke area gigi yang sensitif untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Jangan lupa juga untuk menyikat gigi secara teratur. Lakukan dua kali sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, untuk membantu memberikan perlindungan yang lebih lama dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. 

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif memang dapat meredakan gigi ngilu. Namun, bila rasa ngilu ini masih berlanjut, sebaiknya periksakan gigi Anda kepada dokter gigi. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui penyebabnya dan masalah dapat segera teratasi.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar