Sukses

6 Alasan Kenapa Anak Perlu Makan Bayam

Makanan berbahan dasar bayam merupakan salah satu menu makanan anak yang dianjurkan para ahli gizi. Lalu, kenapa anak perlu makan bayam?

Klikdokter.com, Jakarta Bayam adalah salah satu sayuran yang populer dijadikan menu MPASI untuk bayi, ataupun menu makanan anak yang sudah berusia di atas satu tahun. Selain nikmat, bayam juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan anak.

Tumbuhan pemilik nama Latin Spinacia oleracea ini berasal dari Persia dan populer di kawasan Mediterania, Timur Tengah, serta Asia Tenggara. Namun demikian, kini tanaman yang masih bersaudara dengan bit dan quinoa ini lebih banyak dibudidayakan di Amerika dan Cina.

Kaya akan nutrisi

Bayam adalah bahan makanan yang murah, mudah didapat, praktis diolah menjadi menu masakan, serta kaya akan nutrisi.Sebagian besar berat bayam terdiri dari air. Selain itu, bayam juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

Menariknya lagi, bayam hanya mengandung sedikit lemak, sehingga dapat diabaikan jumlahnya. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat dalam bayam sangat sedikit, yakni 23 kalori dalam 100 gram.

Meski demikian, bayam tetap kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, asam folat (vitamin B9) yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan jaringan.

Tak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta vitamin K yang membantu proses pembekuan darah.

Mineral yang terkandung dalam bayam antara lain adalah zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah untuk mengantarkan oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh, kalsium untuk pertumbuhan tulang serta gigi, dan magnesium yang menjaga kesehatan otot rangka, otot jantung, sistem saraf, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain vitamin dan mineral, dalam bayam juga terdapat quercetin, yakni antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan peradangan. Bayam merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan quercetin paling tinggi.

1 dari 2 halaman

Manfaat makan bayam bagi anak

Dengan berbagai kandungan di atas, maka sudah jelas bahwa konsumsi bayam amat baik bagi pertumbuhan si Kecil. Berikut ini adalah beragam manfaat konsumsi bayam bagi anak Anda:

1. Melancarkan pencernaan

Bayam mengandung serat tidak larut yang dapat menambah massa feses di dalam usus besar, sehingga lebih mudah untuk dibuang melalui anus. Apabila si Kecil sering mengalami kesulitan buang air besar atau konstipasi, konsumsi bayam dapat membantu melancarkannya.

2. Mencegah kerusakan jaringan tubuh

Bayam mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan jaringan tubuh. Radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, bayam juga kaya akan kandungan karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein.

Dua komponen tersebut diketahui dapat membantu mencegah kerusakan mata akibat pengaruh buruk sinar matahari, serta menurunkan risiko degenerasi makula (bintik kuning) di mata dan katarak.

4. Mencegah asma

Kandungan karotenoid dalam bayam ditemukan dapat menurunkan risiko muncul dan kambuhnya asma pada anak-anak usia 6-18 tahun. Bagi si Kecil yang memiliki penyakit asma, konsumsi bayam sangat baik untuk mengurangi tingkat kekambuhan.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan vitamin K di dalam bayam dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Sehingga, di masa aktifnya, anak bebas bereksplorasi.

6. Mendapatkan rambut dan kulit sehat

Vitamin A dan C yang terkandung di dalam bayam sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut si Kecil. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi yang dapat mencegah anak mengalami kerontokan rambut.

Nah, itu dia sederet kebaikan bayam bagi anak Anda yang menjadi jawaban mengapa di usia pertumbuhan anak perlu makan bayam. Tunggu apa lagi? Ayo mulai masukkan bayam ke dalam menu harian keluarga Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar