Sukses

6 Kebiasaan Orang Muda yang Picu Penyakit Jantung

Sakit yang Anda derita bisa jadi karena akumulasi kebiasaan Anda di masa muda. Beberapa kebiasaan orang muda ini bisa picu penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Masa muda identik dengan bersenang-senang dan menikmati hidup. Tak jarang, orang muda “kebablasan” hingga menerapkan pola hidup dan kebiasaan yang buruk. Pola hidup dan kebiasaan orang muda yang buruk ini lama-kelamaan bisa terakumulasi menjadi gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit jantung. Tak perlu menunggu tua, saat ini cukup banyak orang muda yang menderita sakit jantung.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, di Indonesia, lebih dari 20 persen penyakit jantung dialami oleh orang berusia di bawah 40 tahun, dan tak jarang menyebabkan kematian mendadak. Hal ini, tentu karena ada faktor-faktor pencetusnya, seperti berbagai kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Berikut kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit jantung.

1. Duduk terlalu lama

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Apalagi jika Anda pekerja kantoran yang harus duduk lama di depan komputer atau laptop. Menurut dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA dari KlikDokter, duduk lama identik dengan kurangnya gerakan dan aktivitas fisik.

Sementara itu, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkap, wanita usia pertengahan yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih besar terkena penyakit jantung.

2. Begadang

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, biasanya orang begadang cenderung suka mengonsumsi makanan  atau minuman yang manis. Kebiasaan itu, menurut dr. Sepri, bisa menimbulkan diabetes mellitus yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Jarang berolahraga

Ya, kurangnya aktivitas fisik memang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami sakit jantung. Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik selama 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Aktivitas aerobik yang dimaksud dan bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, joging, berenang, atau bersepeda.

4. Kebiasaan merokok

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, zat-zat yang terkandung di dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk yang ada di jantung, salah satunya nikotin. Nikotin berpotensi menyebabkan pengentalan darah yang berisiko tinggi menyebabkan pembekuan darah. Hal ini dapat memicu penggumpalan yang pada akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang menuju ke daerah jantung.

5. Minum alkohol

Alkohol tidak memiliki fungsi sama sekali bagi tubuh. Tapi, tetap saja banyak orang mengonsumsi minuman jenis ini. Padahal, alkohol sangat berperan dalam memicu penyakit jantung saat ini.

6. Makan berlebihan

Makan berlebihan sangat identik sebagai penyebab obesitas. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, obesitas dapat menimbulkan hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit dan serangan jantung, mulai dari penumpukan lemak di pembuluh darah koroner jantung, atau aterosklerosis. Dalam kondisi aterosklerosis ini lama-kelamaan penumpukan lemak akan bertambah banyak dan tebal. Proses penyumbatan pembuluh darah pun akan berjalan lebih cepat pada mereka yang obesitas.

Keenam aktivitas di atas adalah deretan kebiasaan orang muda yang bisa memicu penyakit jantung. Agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan yang satu ini, mulailah menerapkan pola hidup sehat, dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, rutin berolahraga, tidur cukup, dan tidak merokok. Selain itu penting juga untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

[HNS/ RVS]

1 Komentar