Kesehatan Mental

4 Tips Sehat agar Bangun Pagi Lebih Menyenangkan

Bobby Agung Prasetyo, 29 Jan 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merasa kesal dan keki ketika bangun pagi? Anda mungkin perlu menerapkan tips ini supaya bangun pagi terasa menyenangkan!

4 Tips Sehat agar Bangun Pagi Lebih Menyenangkan

Tak sedikit orang yang merasa sebal saat bangun pagi. Sebagian di antaranya bahkan lebih memilih untuk tidur lagi dan terbangun di siang hari. Padahal bangun pagi sangat penting, karena udara dan sinar matahari pada rentang waktu tersebut mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Faktanya, bangun tidur di pagi hari bisa menjauhkan diri Anda dari berbagai macam penyakit mematikan, salah satunya kanker payudara. Menurut penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan bangun lebih pagi memiliki risiko kanker payudara lebih rendah dibandingkan yang tidak.

“Wanita yang memiliki gen yang membuat mereka cenderung bangun lebih pagi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 48 persen. Selain itu, wanita yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki penurunan risiko penyakit yang sama hingga 40 persen,” kata dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan manfaat tersebut? Jika ya, berarti sudah saatnya Anda berupaya untuk bangun pagi dengan lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk itu:

1. Jaga pikiran agar selalu bahagia

Penelitian membuktikan bahwa cara untuk menjadi lebih bahagia adalah dengan menjaga pikiran tetap positif. Saat seseorang bahagia, segala hal akan diwujudkan demi mencapai apa yang diinginkan; salah satunya bangun pagi. Namun sebaliknya, ketika stres dan depresi melanda, Anda hanya ingin melewati hari dengan tidur lebih lama sampai siang.

2. Atur strategi untuk menjaga kesehatan mental

Atur strategi yang tepat untuk menjaga kesehatan mental Anda. Hal ini penting, mengingat setiap orang perlu belajar sendiri untuk mencari tahu kapan mereka dalam kondisi terbaik. Salah satu cara jitu adalah dengan merencakan hal positif yang ingin dilakukan di pagi hari.

Begitu memutuskan aktivitas apa yang sesuai, sikap positif tersebut akan membantu Anda melewati saat-saat terburuk sekalipun. Jika tahap ini telah tercapai, maka tidak ada alasan lain bagi diri Anda untuk melewatkan indahnya dunia di pagi hari.

3. Carilah makna berharga untuk menjalani hari

Faktor penting lain yang mesti dilakukan agar bangun pagi lebih menyenangkan adalah mencari makna berharga untuk menjalani hari-hari. Setiap orang butuh alasan untuk menjalani sesuatu, begitupun dengan bangun pagi.

Penelitian menyebut, ketika Anda melakukan hal-hal yang menambah makna, tujuan, dan kesenangan dalam hidup, kebahagiaan bisa datang begitu saja tanpa perlu dicari. Nah, ketika Anda telah menemukan makna berharga di balik bangun pagi, maka semua hal akan terasa penuh arti.

4. Cari akar masalah

Terkadang seseorang sulit bangun pagi karena memiliki gangguan tidur, seperti sleep apnea, insomnia, atau depresi. Tak jarang, saat pagi tiba dan terbangun, Anda tidak mendapat kepuasan dalam beristirahat.

Mulai sekarang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan penanganan dengan tepat. Pihak medis akan mencari akar permasalahan dan menuntaskannya dengan sejumlah cara, seperti terapi atau konsumsi obat-obatan.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bangun pagi terasa menyenangkan. Tak lupa, terapkan gaya hidup sehat yang dapat menunjang upaya tersebut, seperti konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol, serta kurangi kebiasaan buruk seperti begadang.

(NB/ RVS)

tidurWanitabangun pagikesehatan mentalKanker PayudaraGangguan Tidur

Konsultasi Dokter Terkait