Sukses

5 Alasan Tidak Boleh Konsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari

Ada beberapa alasan Anda dianjurkan tidak mengonsumsi menu makanan yang sama setiap hari. Salah satunya berkaitan dengan risiko kematian.

Klikdokter.com, Jakarta Anda termasuk orang yang selalu sarapan hanya dengan sepotong roti atau mencampur granola dengan susu saja? Jika ya, jangan biasakan mengonsumsi makanan tersebut terus-menerus tanpa menggantinya dengan variasi menu sarapan yang lain.

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang sama setiap hari. Sebab, kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda, antara lain menyebabkan:

1. Kekurangan gizi

Idealnya, tubuh membutuhkan beragam makanan, terutama buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, sumber makanan yang harus Anda konsumsi mesti memenuhi segala nutrisi dan gizi penting untuk tubuh.

2. Kerusakan tubuh

Jika Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan, usus akan bekerja untuk menumbuhkan bakteri baik yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan. Hati-hati, makanan yang sama dan berulang-ulang dikonsumsi justru dapat merusak fungsi usus Anda.

Konsumsilah berbagai macam asupan sehat, salah satunya makanan fermentasi seperti yoghurt dan kefir. Kendati demikian, buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat juga merupakan sumber prebiotik, sehingga mampu membuat usus jadi lebih sehat.

3. Memengaruhi berapa lama Anda hidup

Penelitian yang dirilis oleh International Journal of Epidemiology melacak kesehatan lebih dari 50.000 wanita. Mereka menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi berbagai jenis makanan dan cenderung memilih asupan sehat, mampu hidup lebih lama daripada yang mengonsumsi makanan sama setiap harinya.

4. Asupan gizi jadi terbatas

Banyak orang sengaja memilih makanan tertentu yang menarik perhatiannya. Sebagian fokus pada satu nutrisi tertentu, sementara sisanya memilih hanya karena enak atau praktis. Perlu diingat, yang terpenting adalah kesehatan Anda. Dengan mengonsumsi makanan yang sama, berarti Anda mengabaikan asupan gizi lain yang juga penting.

5. Kelebihan nutrisi

Jika Anda hanya mengonsumsi makanan jenis tertentu, dampaknya bisa kurang bagi kesehatan tubuh. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit dapat menimbulkan gangguan darah dan fungsi hati. Akibatnya, tubuh Anda akan menimbun terlalu banyak racun.Sama halnya dengan ikan. Jika Anda mengonsumsinya setiap hari, keracunan zat berbahaya seperti merkuri bisa terjadi. Langkah yang tepat adalah dengan mengombinasikan berbagai macam makanan yang mengandung nutrisi berbeda demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

1 dari 2 halaman

Yuk, mulai terapkan pola makan sehat!

Padatnya aktivitas terkadang dapat memengaruhi pola makan seseorang. Misalnya, Anda yang tidak cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan hanya bisa mengonsumsi sandwich yang dibeli di toko roti setiap pagi. Atau mungkin, Anda hanya makan sereal dengan susu untuk memulai hari.

Kebiasaan ini sebaiknya Anda ubah sedini mungkin. Cobalah untuk bangun lebih awal di pagi hari agar Anda dapat menyiapkan makanan sehat sebagai menu sarapan. Atau, Anda juga bisa menyiapkan malam sebelumnya, sehingga di pagi hari Anda tinggal mengolahnya.

Yang perlu ditekankan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai jenis makanan. Variasi makanan sehat dapat membantu Anda menunjang kondisi tubuh yang lebih baik. Mengenai hal ini, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter turut menjelaskan.

“Selain perihal menu makanan, saat memperbaiki dan mengatur pola makan, porsi serta waktu makan juga perlu diperhatikan. Dengan demikian, upaya Anda untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat menjadi lebih optimal,” jelasnya.

Seperti telah dipaparkan di atas, tubuh Anda membutuhkan berbagai nutrisi dari beragam jenis makanan. Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang sama setiap harinya sebaiknya Anda hindari. Penuhi kebutuhan gizi harian Anda dengan asupan sehat yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan asupan gizi yang tepat setiap hari.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar