Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan PriaBolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Wajah Wanita?
Perawatan Pria

Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Wajah Wanita?

dr. Theresia Yunita, 02 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa pria memilih pakai produk perawatan wajah wanita. Apakah skincare wanita bisa untuk pria? Ini kata dokter.

Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Wajah Wanita?

Pria memang cenderung lebih simpel ketimbang wanita soal perawatan wajah. Hal ini turut memengaruhi cara pria merawat dirinya. 

Karena enggak mau ribet, tidak sedikit pria memilih pakai skincare wanita. Pertanyaannya, apakah skincare wanita bisa untuk pria?

Ketahui Dulu Perbedaan Kulit Wajah Pria dan Wanita

Perlu kamu ketahui, kulit pria dan wanita berbeda dalam beberapa aspek. Perbedaan hormon menyebabkan pria dan wanita memiliki perbedaan dalam pertumbuhan rambut, banyaknya keringat, produksi minyak, tingkat keasaman (pH), dan faktor lainnya.

Umumnya, kulit pria 10-20 persen lebih tebal dengan kolagen yang lebih banyak ketimbang wanita. Folikel rambut pria juga lebih banyak dan lebih besar. 

Sederet perbedaan tersebut disebabkan oleh besarnya kadar testosteron pada pria. Perbedaan struktural ini membuat kulit pria kurang sensitif sehingga mampu menerima bahan yang lebih kuat atau bersifat iritatif dibandingkan wanita.

Karena itu, wanita tidak disarankan pakai produk perawatan kulit pria dalam jangka panjang.

Tingginya kadar testosteron juga bikin produksi sebum (minyak) pria lebih banyak dan stabil daripada wanita. Hal ini menyebabkan pria memiliki kecenderungan lebih besar untuk berjerawat. Kulit pria juga bisa jadi kering akibat sering bercukur dan mengalami iritasi terus-menerus.

Selain itu, pria lebih berisiko terkena kanker kulit karena kecenderungan lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Karena itu, skincare untuk memperbaiki kulit dan mengandung SPF lebih penting untuk pria. 

Hingga usia 50 tahun, pria juga memiliki transepidermal water loss alias penguapan air tak terlihat yang jauh lebih rendah. Hal ini jika dibandingkan dengan wanita pada usia yang sama. Artinya, pria berisiko lebih rendah mengalami kulit kering.

Selain itu, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa pH kulit wajah pria lebih asam daripada wanita. Tingkat keasaman atau pH kulit berfungsi untuk menjaga keseimbangan kulit agar terhindar dari kuman berbahaya. 

Jadi, Apakah Pria Boleh Memakai Produk Perawatan Wanita?

Lalu, apakah skincare wanita bisa digunakan untuk pria? Pria pakai skincare wanita boleh-boleh saja, tetapi penggunaannya bisa jadi kurang tepat sehingga hasil yang diharapkan kurang maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya tetap gunakan produk sesuai jenis kelamin, ya. Selain itu, gunakan skincare sesuai dengan tipe kulitmu.

Seperti halnya wanita, tipe jenis kulit pria, di antaranya:

  • Sensitif: Tipe kulit ini menimbulkan sensasi menyengat atau terbakar setelah penggunaan produk tertentu
  • Normal: Tidak sensitif terhadap produk apa pun
  • Kering: Jenis kulit kering tampak bersisik, gatal, atau kasar ketika disentuh
  • Berminyak: Ini adalah tipe kulit yang terlihat mengkilap dan berminyak
  • Kombinasi: Jenis kulit yang kering di beberapa area dan berminyak di area lain

Artikel lainnya: Jangan Salah, Ini Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

Jadi, sudah terjawab, ya, apakah pria boleh memakai skincare wanita? Jawabannya boleh-boleh saja. Meski begitu, manfaat yang ingin dicapai mungkin tidak maksimal ketika kamu menggunakan skincare wanita. Sekali lagi, perbedaan kulit pria dengan wanita jadi penyebabnya.  

Sebaiknya pakai skincare yang bersifat multifungsi sehingga dapat meminimalkan proses pemakaian. Kabar baiknya, produk perawatan wajah pria kini makin banyak, kok. Jika kamu bingung pilih yang mana, #JagaSehatmu dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit.

Lebih mudah dan cepat, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter aja!

(JKT)

kulitKanker Kulit

Konsultasi Dokter Terkait