Sukses

Sakit Kepala Saat Olahraga? Redakan dengan Cara Ini

Apakah Anda kerap mengalami sakit kepala saat sedang olahraga atau setelahnya? Redakan dengan cara ini!

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala bisa datang kapan saja, tak kenal waktu dan tempat. Bahkan, tak sedikit orang yang merasakan keluhan tersebut di tengah olahraga yang sedang mereka lakukan. Apakah Anda salah satu yang juga sering mengalami kondisi tersebut?

Sakit kepala saat olahraga dikenal dengan sebutan exertion headache. Meski tidak terlalu dikenal seperti migrain, exertion headache bisa sangat mengganggu, dapat berlangsung 5 hingga 40 menit, dan membuat penderita merasa tidak berdaya.

Secara sederhana, exertion headache terjadi akibat peningkatan tekanan darah di otak karena aktivitas yang tinggi. Sakit kepala jenis ini biasanya muncul saat Anda melakukan olahraga, seperti bersepeda, berlari, atau angkat beban.

Tak melulu akibat exertion headache, sakit kepala saat atau sesudah berolahraga juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Banyaknya cairan yang hilang saat olahraga dapat menyebabkan dehidrasi, yang salah satu tanda awalnya adalah sakit kepala.

Hal lain yang dapat memicu sakit kepala saat olahraga adalah rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia. Keadaan ini disebabkan oleh kurangnya pasokan gula sebelum berolahraga dan terkurasnya glukosa saat berolahraga, yang salah satu gejala awalnya adalah sakit kepala.

Solusi sakit kepala saat olahraga

Karena sangat mengganggu, sakit kepala saat atau sesudah olahraga harus segera diatasi. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk itu, di antaranya:

  • Berhenti dan istirahat sejenak

Meski sangat tergoda untuk tetap melanjutkan gerakan olahraga favorit dengan melawan rasa sakit kepala, namun sebaiknya berhentilah sejenak dan beristirahat jika keluhan tersebut sudah melanda. Jika sakit kepala mereda hingga hilang sama sekali dengan beristirahat, Anda dapat coba kembali melanjutkan gerakan yang tadinya terhalang oleh rasa sakit kepala. Jangan lupa untuk selalu memulai olahraga dengan pemanasan terlebih dahulu, ya!

  • Cari tahu pemicu

Baik itu dehidrasi atau kurang gula, pelajari apa yang memicu sakit kepala yang Anda alami saat atau setelah olahraga. Setelah tahu, atasi mulai dari penyebabnya tersebut.

Minumlah cukup air untuk memasok kebutuhan cairan sebelum, saat, dan sesudah olahraga. Jangan lupa juga untuk makan yang cukup, namun beri jarak dengan saat Anda memulai olahraga supaya gangguan otot dan saluran pencernaan tidak terjadi kemudian.

  • Periksa kembali gerakan olahraga Anda

Bisa jadi sakit kepala dipicu oleh adanya kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga. Oleh karena itu, periksa kembali apakah gerakan yang Anda lakukan sudah tepat. Jika belum dan Anda benar-benar tidak mengetahui gerakan yang tepat, sebaiknya hentikan karena hal itu justru bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan selain sakit kepala.

  • Minum obat pereda sakit kepala

Jika sakit kepala tak kunjung reda, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum obat sakit kepala yang dijual bebas di pasaran. Sebelum mengonsumsinya, perhatikan dosis dan indikasi dari obat tersebut. Hindari mengonsumsinya di luar dosis yang dianjurkan, karena berpotensi menyebabkan efek samping merugikan.

Jika dengan cara-cara di atas sakit kepala saat olahraga tak kunjung reda, sebaiknya segera berobat ke dokter. Dengan demikian, Anda akan segera mendapatkan penanganan yang tepat sehingga keluhan bisa hilang sepenuhnya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar