Sukses

Telinga Gatal? Ini 5 Penyebabnya

Telinga gatal yang terus digaruk dapat mengalami iritasi. Cari tahu penyebab telinga gatal di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin sering mengalami telinga gatal. Dalam kondisi ini Anda pun akan tergoda untuk menggaruknya dengan kuku jari. Tak jarang, bagian telinga yang terus digaruk menjadi merah hingga teriritasi. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu tahu apa yang menyebabkan telinga gatal.

Dilansir dari WebMd, ada beberapa penyebab telinga gatal. Berikut adalah penyebab kondisi telinga gatal yang perlu Anda tahu:

  • Menumpuknya kotoran telinga 

Coba ingat lagi, kapan terakhir kali Anda membersihkan telinga? Bila hal itu dilakukan sudah lama, jangan heran bila telinga Anda gatal karena kotoran yang menumpuk. Munculnya earwax sebenarnya merupakan cara tubuh untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari telinga Anda. Namun, bila sudah terlalu menumpuk dan tidak segera dikeluarkan, rasa gatal akan menyerang.

Sementara itu, jangan bersihkan earwax dengan kapas karena kapas justru akan mendorong lilin kotoran itu semakin dalam. Bila Anda ingin membersihkan earwax dengan mandiri, sebenarnya Anda bisa menggunakan tetes telinga yang dijual di pasaran. Namun, bila Anda tidak berani, temuilah dokter karena mereka punya alat khusus untuk membersihkan earwax dengan lebih aman dan efektif.

  • Infeksi di dalam telinga 

Gatal terkadang menjadi tanda kalau ada infeksi di telinga Anda. Penyebabnya, bisa karena bakteri, virus, atau kemasukan air. Telinga yang terlalu sering kemasukan air akan memiliki tingkat kelembapan yang berlebih sehingga bisa rentan terkena infeksi bakteri. Untuk menghilangkan rasa gatal, berarti Anda harus mengobati dulu infeksinya dengan cara memeriksakan kondisi itu. Bukan tak mungkin infeksi telinga yang Anda alami membutuhkan antibiotik selama beberapa waktu.

  • Alergi kulit 

Salah satu gejala alergi yang paling terasa adalah gatal. Alergi pada telinga bisa saja disebabkan oleh penggunaan parfum di belakang telinga, dry shampoo, anting, hingga earphone yang tidak higienis. Saat gejala alergi ini datang, cobalah bersihkan telinga dan minumlah obat alergi. Bila tak kunjung sembuh, sebaiknya jangan segan untuk menemui dokter sebelum gejala alergi semakin parah.

  • Psoriasis 

Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang bersifat kronis dimana penderitanya akan mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Belum ada penyebab pasti dari peradangan kulit ini. Namun, psoriasis bisa diturunkan dari keluarga.

Selain gatal,ciri khas dari psoriasis adalah timbulnya bintik atau bercak merah bersisik. Bila disentuh, kulit akan terasa nyeri. Namun bila tidak ada tanda peradangan seperti sisik, berarti rasa gatal kemungkinan bukan disebabkan oleh psoriasis.

  • Kemasukan atau digigit serangga 

Apakah Anda semalam tidur di tempat yang kotor? Atau selama ini, Anda hobi makan di tempat tidur sehingga semut bisa saja naik ke tempat tidur? Bila iya, ada kemungkinan bahwa telinga Anda kemasukan serangga atau digigit serangga kecil.

Bila gatal juga disertai bengkak ataupun rasa tidak nyaman seperti ada yang masuk atau bergerak di dalam telinga, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Itulah lima hal yang bisa menyebabkan telinga gatal terus-menerus. Sebaiknya, saat gatal menyerang, jangan berlebihan dalam menggaruk karena bisa mengiritasi kulit telinga. Segeralah berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi telinga Anda. Selain itu, untuk sementara waktu, hentikan penggunaan earphone sepanjang waktu agar gejala gatal tidak semakin parah.  

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar