Sukses

Rajin Jalan Kaki Bikin Anda Tambah Kreatif

Manfaat jalan kaki tak berhenti untuk kesehatan saja. Studi menemukan, aktivitas ini dapat membuat Anda lebih kreatif.

Klikdokter.com, Jakarta Seberapa sering Anda berjalan kaki setiap hari? Anda tentu sudah tahu bahwa berjalan kaki bisa menyehatkan tubuh. Namun sayang, banyak orang merasa malas untuk jalan kaki dan lebih memilih untuk naik kendaraan, bahkan untuk bepergian ke supermarket terdekat. Padahal selain sehat, jalan kaki bisa bikin Anda jadi lebih kreatif, lho.

Mungkin Anda protes ketika dibilang malas jalan kaki. Tapi apa mau dikata, sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Stanford di AS menempatkan Indonesia sebagai negara yang penduduknya malas jalan kaki. Mereka menyebut Indonesia berada di peringkat 31 dari 46 negara yang penduduknya sering berjalan kaki.

Walau terlihat sederhana, faktanya jalan kaki menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk memperpanjang usia hidup. “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap kali kita berjalan kaki selama 1 jam, usia harapan hidup kita bertambah 2 jam,” kata dr. Sophia Hage kepada KlikDokter.

“Selain itu, karena jalan kaki termasuk olahraga aerobik maka juga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan paru,” tambahnya.

Tak hanya itu, rajin jalan kaki juga dapat memantik ide-ide brilian dari otak Anda. Dilansir Psychology Today, studi yang juga dilakukan Universitas Stanford pada tahun 2014 mengungkapkan sejumlah fakta mengapa jalan kaki ampuh meningkatkan kreativitas:

1. Jalan kaki ampuh munculkan ide kreatif ketimbang duduk

Para partisipan dihadapkan pada beberapa aktivitas seperti duduk diam menghadap dinding kosong, berjalan di atas treadmill, hingga pergi ke luar. Hasilnya, kreativitas partisipan meningkat rata-rata 60 persen ketika berjalan dibandingkan duduk. Menurut para peneliti, berjalan membantu mengeluarkan ide-ide, dan merupakan solusi sederhana namun kuat untuk meningkatkan kreativitas.

2. Cukup jalan dalam jarak dekat

Anda tidak perlu bersusah payah untuk jalan kaki dalam jarak jauh demi meningkatkan kreativitas. Studi ini menemukan bahwa dampak tersebut dapat muncul bahkan setelah Anda berjalan kaki selama 5 sampai 16 menit.

3. Berjalan dalam ruangan sama baiknya dengan di luar ruangan

Baik berjalan kaki di luar maupun dalam ruangan, manfaat kreativitas tersebut tetap bisa didapat. Jika Anda tidak dapat keluar saat bekerja namun ingin menghasilkan beberapa ide kreatif, Anda bisa mencoba mengitari ruangan-ruangan sekitar untuk mencerahkan pikiran.

Salah satu penulis studi tersebut, Daniel L. Schwartz, Ph.D., mengatakan kepada Healthline, “Banyak orang percaya bahwa kreativitas adalah sifat yang tetap, bahwa ada orang yang dari sananya sudah kreatif dan ada yang tidak. Penelitian kami menunjukkan bahwa ada cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas yang tampaknya cocok untuk hampir semua partisipan.”

Ia melanjutkan bahwa duduk dalam waktu yang lama bukan hanya persoalan kurang aktif. “Duduk dalam waktu yang lama memicu serangkaian proses dalam tubuh, yang tidak optimal untuk kesehatan.”

Daripada merokok dan melakukan kebiasaan buruk sejenis demi mendapatkan ide-ide brilian, lebih baik lakukan cara sehat seperti jalan kaki untuk meningkatkan kreativitas. Selain itu, risiko Anda untuk terkena penyakit metabolik juga dapat menurun. Mulailah untuk lebih rajin jalan kaki, dan tidak perlu lama-lama, 5-16 menit juga sudah cukup untuk memantik kreativitas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar