Sukses

Baca Ini Sebelum Lakukan Prosedur Tarik Benang

Prosedur tarik benang semakin mudah ditemukan dan dipercaya bisa memberikan manfaat secara instan. Apa tindakan ini sepenuhnya aman?

Klikdokter.com, Jakarta Elastisitas kulit semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sebagai upaya mencegah terjadinya keadaan tersebut, tak sedikit orang yang enggan untuk menjalani prosedur tarik benang. Tindakan yang sedang booming beberapa waktu belakangan itu disinyalir mampu memberikan hasil yang instan dengan biaya yang relatif terjangkau.

Tarik benang merupakan suatu metode dalam dunia kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kulit kendur akibat menurunnya kadar kolagen. Metode tersebut menawarkan dua efek sekaligus, yaitu mengencangkan dan menstimulasi produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit Anda.

Pada prosedurnya, tarik benang diawali dengan proses pembersihan wajah, dioleskan krim anestesi dan didiamkan beberapa saat. Setelah krim tersebut bekerja dan membuat kulit terasa baal, wajah kembali dibersihkan untuk kemudian disterilkan menggunakan cairan antiseptik.

Pada daerah yang akan dikencangkan, pipi misalnya, dibuat sayatan kecil. Sebuah benang dalam jarum (cannula) panjang kemudian dimasukkan melalui sayatan kecil tersebut, menembus permukaan bawah kulit dan masuk sepanjang area yang menjadi target prosedur. Tidak hanya 1, melainkan beberapa benang bisa dimasukkan di sekitar area untuk meningkatkan efektivitasnya. Setelah itu, sisa benang yang ada di sayatan akan ditarik ke atas untuk memberikan efek kencang pada kulit, juga merangsang produksi kolagen sehingga efek kencang yang didapatkan bisa lebih optimal.

Apakah prosedur ini aman?

Setiap tindakan medis memiliki risikonya masing-masing. Begitu pula dengan prosedur tarik benang. Efek samping yang umum dirasakan setelah prosedur dilakukan adalah bengkak, nyeri, dan kebiruan pada area yang ditargetkan.

Efek lain yang mungkin juga terjadi, walau tidak selalu dialami, adalah timbulnya lesung pipit, scar atau parut pada kulit, infeksi, hingga bentuk wajah yang tidak simetris. Akibat berisiko menyebabkan efek samping tersebut, Food and Drugs Administration (FDA) menaruh perhatian serius pada metode tarik benang. Pasalnya, ragam efek samping yang mungkin terjadi akibat prosedur tarik benang dapat menetap alias tidak bisa dihilangkan selamanya..

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur tarik benang, Anda dianjurkan untk berpikir berulang-ulang. Jangan sampai hanya karena ingin tampilan kulit yang kencang dan menawan membuat wajah Anda malah mengalami kerusakan yang tak bisa dihilangkan.

Lagi pula, daripada mengandalkan metode tarik benang, akan lebih baik bila Anda melakukan cara yang alami dan aman. Faktanya, tampilan kulit wajah yang awet muda, kencang, dan menarik perhatian juga bisa Anda dapatkan dengan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang seperti ikan laut, sayur, maupun buah-buahan. Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol juga ampuh untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit wajah.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar